Senin, 01 Desember 2014

tugas 8 fenomena komunikasi

NATASHA  ANISSA
1112051000114
KPI 5D
tugas 8 fenomena komunikasi terkini : handphone

Media komunikasi adalah semua sarana yang dipergunakan untuk memproduksi, mereproduksi, mendistribusikan atau menyebarkan dan menyampaikan informasi.

Teknologi informasi telah membuka mata dunia akan sebuah dunia yang baru, interaksi baru, market place baru, dan sebuah jaringan bisnis  dunia tanpa batas. Beberapa formula dalam pemberitaan media online yang berbeda dengan media konvensional antara lain: pertama, berita cepat tayang dan bahkan real time karena internet mampu memperpendek jarak antara peristiwa dan berita. Kedua, berita ditayangkan kapan saja, dari mana saja, tanpa memperhitungkan luas halaman dan durasi, karena inernet memang tidak memiliki problem ruang dan waktu dalam mempublikasikan informasi. Ketiga, berita diformat dalam bentuk singkat dan padat karena informasi terus mengalir dan berubah sewaktu-waktu. Namun kelengkapan informasi tetap terjaga karena antara berita yang satu dengan berita yang lain bisa dikaitkan hanya dengan satu klik. Keempat, untuk menjaga kepercayaan pembaca, ralat, update, dan koreksi dilakukan secara periodik dan konsisten.

Sejak tahun 2006, masyarakat Indonesia sudah bisa menikmati layanan audi visual yang lebih canggih dengan teknologi generasi ketiga (3G). 

Handphone merupakan salah satu alat komunikasi audio visual yang sangat canggih, tidak hanya computer, handphone juga menyediakan aplikasi – aplikasi audio visual yang lengkap. Karena membawa Handphone tidak seribet membawa computer atau laptop. Di dalam handphone sudah ada aplikasi internet seperti google, safari atau opera mini yang memudahkan penggunanya mejelajah dunia internet, adapula aplikasi jejaring social yang sedang marak di perbincangkan seperti facebook, twitter, instagram, path dll. Dengan aplikasi itu kita tidak perlu lagi membuka situs web. Setelah kita mempunya aplikasi itu kita tinggal membukanya dan keluarlah semua informasi – informasi terbaru.

Etika media masa adalah kesadaran moral mengenai kewajiban-kewajiban media massa dan mengenai penilaian media masa yang baik dan yang buruk. Etika adalah sebuah formasi nilai nilai moral atau prinsip prinsip benar dan salah. Dalam kaitannya dengan jurnalistik, etika merupakan perspektif moral yang diacu dalam mengambil kep6tusan meliput dan pemuatan fakta menjadi berita. 

 Internet mampu mengatasi hambatan jarak dan waktu yang dahulu dirasakan untuk berkomunikasi. Sama seperti komunikasi secara langsung, diasumsikan bahwa komunikasi melalui internet juga dipengaruhi oleh faktor-faktor, seperti faktor-faktor individu.

Adapun fenomena handphone dari waktu ke waktu adalah, jaman dahulu handphone belum bisa dibawa kemana – mana dan bentuknya pun sangat besar dan berat. Semakin majunya handphone kini sudah bisa dibawa kemana – mana namun belum bisa bebas menjelajah apapun yang penggunanya mau, semakin majunya handphone kini seolah – olah pengetahuan dunia ada di genggaman tangan kita. Handphone kini ada berbagai macamnya sehingga memudahkan penggunanya juga untuk memilih yang bagus dan yang kurang bagus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini