Senin, 01 Desember 2014

tugas 9_ zakiyatun nufus_ 1112051000083_kpi 5c_ etika dan filsafat komunikasi

Nama  : Zakiyatun Nufus/ 1112051000083
Kelas   : KPI 5C/ tugas 9/ Etika Dan Filsafat Komunikasi
 
Etika Dan Komunikasi Dalam Perspektif Islam
Islam adalah agama yang mengatur manusia berdasar iman dan amal, yang keduanya tidak bisa dipisahkan satu dengan lainnya.  Sehingga iman tanpa disertai amal adalah bukti ketidaksempurnaan iman seseorang, sementara amal yang tidak didasari dengan iman juga tidak akan diterima amalnya. Islam telah mengatur etika dalam pergaulan sehari hari. Agama Islam telah mengatur etika dalam pergaulan sehari-hari dengan tuntunan dalil-dalil dan keterangan yang lengkap.
Seperti etika pergaulan dengan sesama muslim yang telah tercantum dalam QS. Al-Hujurat ayat 6: "Dan Umat Islam Hai orang-orang beriman jika datang kepadamu orang fasik membawa satu berita, maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpa suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kami menyesal atas perbuatanmu" . Etika berbicara kepada masyarakat yang ada pada QS. Al-asr ayat 3 : "Dan nasehat-menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat- menasehati supaya menepati kesabaran".
Dalam Islam tidak ada istilah "pergaulan bebas", sebab secara fitrah manusia memiliki keharusan untuk bergaul dalam interaksi sosial yang merupakan sunah sosial dan kehidupan itu sendiri. Namun setelah masuknya budaya asing kedalam pergaulan masyarakat muslim yang dibentuk oleh kecenderungan material semata-mata dan falsafah hidup yang lahir dari bumi dan hawa nafsu, maka Islam menamakannya sebagai pergaulan bebas, bebas dari tuntunan wahyu, moral dan fitrah.
Dalam Islam juga terdapat etika komunikasi, dimana kita ketahui komunikasi merupakan bagian dari kehidupan manusia. Manusia sejak dilahirkan sudah berkomunikasi dengan lingkungannya. Untuk menjalin rasa kemanusiaan yang akrab dan harmonis, kama itu  diperlukan adanya komunikasi yang efektif, sehingga komunikasi tersebut dapat berdayaguna dan berhasilguna dalam kehidupan manusia sepanjang masa.
Dalam Al-Quran dan Al-Hadits ditemukan berbagai panduan agar komunikasi berjalan dengan baik dan efektif. Kita dapat mengistilahkannya sebagai kaidah, prinsip, atau etika berkomunikasi dalam perspektif Islam. Komunikasi Islam dapat didefenisikan sebagai proses penyampaian nilai-nilai Islam dari komunikator kepada komunikan dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi yang sesuai dengan Alquran dan Hadis.
Kaidah, prinsip, atau etika komunikasi Islam ini merupakan panduan bagi kaum Muslim dalam melakukan komunikasi, salah satunya yaitu dakwah baik secara lisan dan perbuatan. Terdapat enam jenis gaya bicara atau pembicaraan (qaulan) yang dikategorikan sebagai kaidah, prinsip, atau etika komunikasi Islam, yakni qaulan sadida, qaulan baligha, qaulan ma'rufa, qaulan karima,  qaulan layinan, dan qaulan maysura.  
            Dakwah merupakan satu bagian yang pasti ada dalam kehidupan umat beragama. Dalam ajaran agama Islam, dakwah merupakan suatu kewajiban yang dibebankan oleh agama kepada pemeluknya, yang berisi seruan kepada keinsyafan, atau mengubah situasi kepada situasi yang lebih baik dan sempurna, baik terhadap pribadi maupun masyarakat. Perwujudan dakwah bukan sekadar usaha peningkatan pemahaman keagamaan dalam tingkah laku dan pandangan hidup saja, tetapi juga menuju sasaran yang lebih luas.
            Etika komunikasi dalam berdakwah tidak hanya dalam lisan saja namun juga harus di aplikasikan dalam bentuk perbuatan seorang da'i (orang yang berdakwah). Begitulah Islam menganjurkan, agar tidak termasuk dalam golongan orang-orang munafik. Seorang muslim seharusnya menerapkan etika komunikasi Islam ini dalam kehidupan sehari harinya. Karena Islam telah mengaturnya di dalam al-Quran dan as-Sunnah.
           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini