Senin, 01 Desember 2014

tugas ke_8_Noni wildasari_KPI5D

Nama : Noni wildasari

KPI 5D (1112051000110)

FENOMENA MEDIA KOMUNIKASI TERKINI DAN ETIKA KOMUNIKASI; BLOG, SMS, BBM DLL.

Seiring arus globalisasi dengan tuntutan kebutuhan pertukaran informasi yang cepat membuat peran teknologi komunikasi menjadi sangat penting. Teknologi komunikasi dalam wujud smartphone merupakan fenomena yang paling unik dan menarik dalam penggunaannya. Dalam hal tersebut perkembangan teknologi bisa mempengaruhi cara berinteraksi social daripada individu yang menggunakannya.


Sebuah teknologi pada hakikatnya diciptakan untuk membuat hidup manusi menjadi semakin mudah dan nyaman. Teknologi yang semakin pesat membuat hampir tidak ada bidang kehidupan manusia yang bebas dari penggunaannya, baik secara langsung maupun tidak langsung. Seiring globalisasi dengan tuntutan kebutuhan pertukaran informasi peranan teknologi menjadi sangat penting.


Hassan Fuad (1999) mengemukakan teknologi komunikasi cenderung memungkinkan terjadinya transformasi berskala luas dalam kehidupan manusia. Transformasi tersebut telah memunculkan perbahan dalam berbagai pola hubungan antar manusia, yang pada hakikatnya adalah interaksi antar pribadi.

Pertemuan tatap muka secara berhadapan dapat dilaksanakan dalam jarak jauh yang sangat jauh melalui tatap citra. Teknologi komunikasi sekarang ini semakin banyak yang dikembangkan, seperti contohnya telpon selular. Penggunaan telepon selular menjadi kebutuhan yang sangat penting agi kehidupan saat ini yang memerlukan mobilitas tinggi.


Fasilitas-fasilitas yang terdapat didalamnya pun tidak hanya terbatas pada fungsi telepon dan sms saja. Telepon selular pada saat ini dapat digunakan sebagai sarana bisnis, penyimpanan berbagai macam data, sarana music bahkan sebagai sarana dkumentasi. Hal ini menjadikan telepon selular sebagai alah satu bentuk perkembangan komnikasi yang paling actual khusunya di Indonesia selama lebih dari lima tahun terakhir (Nurdin, 2005).

Perkembangan pada media teknologi komunikasi seperti ponsel ini berkembang sesuai zaman dan kebutuhan para penggunanya. Sehingga dalam hal ini berpengaruh besar terhadap kegiatan interaksi social dari pengguna telepon selular itu sendiri. Simanjuntak (2004) dalam tulisannya mengenai aspek social telepon selular menyatakan paling tidak ada lima implikasi dari penggunaan telepon selular. Pertama, terhadap setiap individu yang menggunakan telepon selular tersebut. Kedua, terhadap interaksi antar individu. Ketiga,  terhadap pertemuan tatap muka. Keempat,  terhadap suatu kelompok-kelompok atau organisasi. Kelima, terhadap system hubungan organisasi dan kelembagaan-kelembagaan masyarakat.

Dengan adanya perembangan media komunikasi, tdak jarang individu lebih memilih memainkan atau menggunakan ponselnya atau smartphone nya meskipun ia berada ditengah-tengah suatu kegiatan atau sosialisasi dengan orang-orang disekitarnya. Fenomena media komunikasi yang berkembang seperti pada saat sekarag ini juga menyebabkan pola komunikasi yang terjadi setelah tumbuhnya social media cukup besar.

Dalam kehidupan bermasyarakat atau berkomunikasi terdapat suatu system yan mengatur tentang cara manusia bergaul. Tata cara dalam bergaul untuk saling menghormati bisa dikenal dengan sebutan sopan santun, tata krama dll. Tata krama bergaul bertujuan untuk menjaga kepentingan komunikator dengan komunikan agar merasa senang, tentram dan terlindungi tanpa ada pihak yang dirugikan.

Tata cara pergaulan, aturan perilaku, adat kebiasaan manusia dalam bermasyarakat menentukan nilai baik dan tidak baik dinamakan etika. Istilah etika berasal berasal dari ethikus (latin) dalam bahasa Yunani disebut ethicos yang berarti kebiasaan norma-norma, nilai-nilai, kaidah-kaidah dan ukuran-ukuran baik dab buruk tingkah laku manusia. Jadi etika komunikasi adalah norma, nilai atau ukuran tingkah laku baik dalam kegiatan komunikasi disuatu masyarakat.


Seperti yang kita ketahui bahwa dalam etika berkomunikasi merupakan ajaran kesusilaan yang melekat pada diri seseorang untuk berbuat, berucap dan berkelakuan.

Dalam menggunakan media komunikasi ada baiknya mengenal bagaimana etika dan hal-hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan social media seperti blog, bbm, sms dan lain sebagainya. Berikut beberapa etika dalam bersosial media yang saya kuti dar bebmen.com

-          Jangan mengumbar informasi pribadi anda

Mengumbar informasi pribadi dalam social media adalah sebuah pintu masuk bagi seseorang untuk memberikan informasi bagi mereka yang ingin berbuat jahat.

-          Menggunakan perkataan atau tulisan yang sopan dalam berkmunikasi di social media

-          Menghargai hasil karya orang lain

Saat menyebarkan informasi, baik berupa tulisan atau foto atau video ada baiknya mencantumkan sumber agar tidak disebut plagiat.

-          Hindarai penyebaran SARA dan pornografi

-          Kroscek kebenaran berita

-          Jangan menilai berita dari judulnya saja

-          Opini berdasarkan fakta dan berita

-          Hindari social media jika sedang emosi.

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini