Senin, 01 Desember 2014

Tugas ke-9_Umu Kulsum_KPI 5D_1112051000108

Nama               : Umu Kulsum
NIM                : 1112051000108
Jurusan                        : KPI 5D
Etika dan Komunikasi Dalam Perspektif Islam
Komunikasi Islam adalah proses penyampaian pesan-pesan  keislaman dengan menggunakan prinsip-prinsip komunikasi dalam islam. Dengan pengertian demikian, maka komunikasi islam menekankan pada unsure pesan (message), yakni risalah atau nilai-nilai Islam, dan cara, dalam hal ini gaya bicara dan penggunaan bahasa. Pesan-pesan keislaman yang disampaikan dalam komunikasi Islam meliputi seluruh ajaran islam, meliputi akidah, syariah, dan akhlak. Mengenai cara dalam Al-Qur'an dan Al-hadits ditemukan berbagai panduan agar komunikasi tetap berjalan dengan baik dan efektif.
Dalam berbagai literature tentang komunikasi Islam kita dapat menemukan setidaknya enam jenis bicara atau pembicaraan yang sebagai kaidah, prinsip, atau etika komunikasi islam, yaitu :1. Qaula sadidah, 2. Qaula Baligha 3. Qaula Ma'rufah 4. Qaula Karimah 5. Qaula Layinah 6. Qaula masyurah.
1.      Qaula Sadidah adalah pembicaraan, ucapan, atau perkataan yang benar baik dari segi substansi maupun redaksi. Dalam bahasa Indonesia, mengikuti kaidah tata bahasa dan menggunakan kata-kata yang bakuyang sesuai dengan kajian EYD. " Dan hendaklah takut keada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan dibelakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatirkan (kesejahteraan mereka), oleh sebab itu hendaklah bertaqwa kepada Allah dan hendak mereka mengucapkan Qaula Sadidah (QS. 4:9)
2.      Qaula baligha artinya tepat, lugas, pasih, dan jelas maknanya. Qaula baligha artinya menggunakan kata-kata yang efektif, tepat sasaran, komunikatif, mudah di mengerti, dan tida berbelit-belit. " Tidak kami utus seorang rasull kecuali ia harus menjelaskan dengan bahasa kaumnya" (QS. Ibrahim:4).
3.      Qaula Ma'rufa disebutkan Allah dalam QS. An-nissa :5 dan 8, Al-Baqarah;235 dan 263, serta Al-Azhab:32. Qaula artinya perkataan yang baik, ungkapan yang pantas, santun, menggunakan sindiran (tidak kasar), dan tidak menyakiti atau menyinggung perasaan. " Dan apabila sewaktu pembagian itu hadir kerabat, anak yatim dan orang miskin maka berilah mereka dari harta itu sekedarnya dan ucapkanlah kepada mereka perkataan baik " (QS. An-nissa:8)
4.      Qaula Karimah adalah perkataan yang mulia,di barengi dengan rasa hormat, dan mengagungkan, enak di dengar, lemah lembut dan bertatak rama. "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Diadan hendalklah kamu berbuat baik pada kedua orang tuamu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang diantara kedua duanya atau kepada kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dengan ucapkanlah kepada mereka ucapan yang mulia" (QS. Al-Isra:23).
5.      Qaula Layina adalah pembicaraan lemah lembut, dengan suara yang didengar dan penuh keramahan sehingga menyentuh hati. " Maka berbicaralah  kamu berdua kepadanya dengan kata-kata yang lemah lembut" (QS. Thaha:44).
 
6.      Qaula masyura adalah ucapan yang mudah, yakni mudah dicerna, mudah di mengerti, dan dipahami maknanya." Dan jika kamu berpaling dari mereka untuk memperoleh rahmat dari Tuhannya yang kamu harapakan, maka katakanlah kepada mereka dengan ucapan yang mudah .(QS. Al-Isra:28)
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini