Senin, 14 September 2015

Anzen Bhilla Setya_Komunitas, Organisasi, dan Kelompok Sosial_KPI 1/B

DEFINIS KOMUNITAS, ORGANISASI, DAN KELOMPOK SOSIAL

 

DEFINISI KOMUNITAS

           

Istilah Community atau Komunitas dapat di terjemahkan sebagai "masyarakat setempat", yang mana menunjuk pada warga sebuah desa, kota, suku atau bangsa. Apabila anggota dari kelompok tersebut baik yang besar maupun yang kecil hidup bersama maka akan timbul rasa bahwa kelompok tersebut dapat memenuhi kepentingan-kepetingan hidup yang utama, maka kelompok tadi disebut masyarakat setempat. Sekarang ini, pengertian populernya tidak hanya menunjukkan pemikiran tradisional mengenai lokalitas dan lingkungan bersama, tetapi juga ide-ide solidaritas dan hubungan antara orang-orang yang memiliki karakteristik sosial dan identitas yang sama.

 

DEFINISI ORGANISASI

           

Istilah organisasi, secara harfiah dapat diartikan sebagai Suatu kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu. Dengan kata lain, organisasi adalah kumpulan dua orang atau lebih yang saling bekerja sama, dan memiliki tujuan bersama, serta memiliki sistem koordinasi kegiatan yang pembagian tugas dan tanggung jawabnya secara personil. Terbentuknya suatu organisasi sosial, pada mulanya karena adanya desakan minat dan kepentingan individu-individu dalam masyarakat

 

DEFINISI KELOMPOK SOSIAL

 

            Secara Sosiologis istilah kelompok mempunyai pengertian sebagai kumpulan dari orang orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi di mana dapat mengakibatkan tumbuhnya perasaan bersama. Melalui kelompok manusia dapat bersama-sama dalam usaha memenuhi berbagai kepentingannya. Di dalam suatu kelompok masyarakat seorang pribadi harus dapat membedakan dua kepentingan, yaitu sebagai makhluk individu dan sekaligus ia sebagai makhluk sosial.

 

PERSAMAAN DAN PERBEDAAN ANTARA KOMUNITAS, ORGANISASI DAN KELOMPOK SOSIAL.

 

PERSAMAAN

 

·      Terbentuk karena ada kesepakatan antara individu satu dengan individu lainnya

·      Melibatkan banyak individu

·      Saling bekerja sama untuk mewujudkan tujuan bersama

·      Mempunyai hubungan antara satu dan yang lainnya

 

PERBEDAAN

 

Perbedaan antara Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial hanya terdapat pada dasar dan tujuan masing-masing. Komunitas terbentuk karena minat, kesukaan berarti tujuan dari komunitas itu sendiri hanya untuk mengapresiasikan rasa kebanggaan terhadap minat atau kesukaan tertentu, Organisasi bertujuan yang sama dalam satu wadah terrtentu dan masing-masing bagian dari organisasi mempunyai tugas tertentu, dan Kelompok sosial mempunyai tujuan untuk menggabungkan suatu manusia ke dalam wadah tertentu.

 

 

CONTOH KOMUNITAS, ORGANISASI DAN KELOMPOK SOSIAL

 

KOMUNITAS

 

·      Komunitas pecinta alam

·      Komunitas penulis

·      Komunitas sepak bola

·      Komunitas basket

·      Suporter klub bola

 

ORGANISASI

 

·      OSIS

·      PBB

·      PSSI

·      DEMA

·      HMJ

·      HMI

 

KELOMPOK SOSIAL

 

·      Kerumunan

·      Paguyuban

·      Kelompok bermain

·      Kelompok belajar

 

 

 

Sumber : Abdulsyani, SOSIOLOGI SKEMATIKA, TEORI, DAN TERAPAN

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini