Senin, 14 September 2015

Ryan Andrian - pengantar sosiologi - tugas 2

Nama               : Ryan Andrian

NIM                  : 11150510000032

Jurusan            : Komunikasi Penyiaran Islam

 



Definisi organisasi

Istilah organisasi secara harfiah dapat diartikan sebagai suatu kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu.

 

Kelompok formal adalah kelompok-kelompok yang mempunyai peraturan yang tegas dan dengan sengaja diciptakan oleh anggota-anggotanya. Contoh kelompok formal adalah organisasi. Menurut Max Weber, salah satu bentuk organisasi formal itu adalah birokrasi. Ciri-ciri birokrasi adalah:

 

A.   Tugas-tugas organisasi didistribusikan dalam beberapa tugas jabatan. Atau, dapat dikatakan adanya pembagian kerja berdasarkan spesialisasi;

B.   Posisi-posisi dalam organisasi terdiri hierarki struktur wewenang. Hierarki berwujud piramida, yaitu setiap jabatan bertanggung jawab terhadap bawahan mengenai keputusan dan pelaksanaan;

C.   Suatu sistem peraturan menguasai keputusan-keputusan dan pelaksanaan;

D.   Unsur staf yang merupakan pejabat bertugas memelihara organisasi dan khususnya keteraturan komunikasi;

E.    Para pejabat berharap bahwa hubungan dengan bawahan dan pihak lain bersifat orientasi impersonal; dan

F.    Penyelenggaraan kepegawaian didasarkan pada karier.

 

 

Definisi komunitas

Komunitas adalah ikatan yang berlandaskan kedekatan letak tempat tinggal serta tempat bekerja yang mendorong orang untuk berhubunhgan secara intim satu dengan yang lain, dan mengacu pada kehidupan bersama.

 



Definisi kelompok sosial

Kelompok sosial pada umumnya didefinisikan sebagai dua atau lebih orang yang memiliki suatu identitas bersama dan yang berinteraksi secara reguler. Apapun bentuknya, kelompok sosial terdiri dari orang-orang yang memiliki kesadaran keanggotaan yang sama yang didasarkan pada pengalaman,  loyalitas, dan kepentingan yang sama. Singkatnya, mereka sadar tentang individualis mereka, sebagai anggota dari kelompok sosial yang secara spesifik disadari sebagai "kita".

 

Beberapa definisi kelompok sosial yang dibuat oleh para sosiolog,antara lain:

· Joseph S. Roucek: suatu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat dipahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhan.

· Mayor Polak: kelompok sosial adalah satu grup, yaitu sejumlah orang yang ada antara hubungan satu sama lain dan hubungan itu bersifat sebagai sebuah struktur.

· Wila Huky: kelompok merupakan suatu unit yang terdiri dari dua orang atau lebih yang saling berinteraksi atau saling berkomunikasi.

 

Perbedaan

Kelompok sosial, komunitas, dan organisasi memiliki perbedaan. Pada organisasi dan kelompok sosial keduanya memiliki struktur yang jelas untuk anggotanya, sedangkan didalam komunitas hanya mengacu pada perkumpulan yang memiliki satu rasa dan perasaan. Lalu didalam komunitas biasanya mereka berkumpul karena berada di daerah yang sama, sedangkan organisasi keanggotaannya tidak harus satu daerah melainkan bebas dari mana saja.

 

Persamaan

Kelompok sosial, komunitas, dan organisasi banyak memiliki kesamaan. Sebagai contohnya, didalam keanggotaan dari ketiganya sama-sama memiliki tujuan yang sama. Selain itu ketiganya adalah perkumpulan orang-orang yang sadar akan perlunya berkelompok. Dan sebenarnya organisasi dan komunitas adalah bagian dari kelompok sosial.

 

Contoh dalam kehidupan sehari-hari

Contoh komunitas:

· Warga negara indonesia yang berada di amerika membuat perkumpulan untuk saling silaturahmi.

· Warga kampung Bojong membuat perkumpulan pengajian mingguan.

 

Contoh organisasi:

· Organisasi HMJ yang berada di UIN tepatnya di fakultas dakwah dan komunikasi

· Organisasi kepecinta alaman yang dibentuk karena memiliki hobi dan tujuan yang sama yaitu, melestarikan alam.

 

 

Contoh kelompok sosial:

· Perkumpulan pecinta mobil sport di jakarta.

· Orang-orang yang sedang mengantre tiket kereta di stasiun.

 

Daftar pustaka


Soyomukti, Nurani. 2010. Pengantar Sosiologi. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini