Senin, 14 September 2015

Sivaul Fuadah - Komunitas, Organisasi dan Kelompok - Tugas 2

Sivaul Fuadah – 11150510000014 – KPI 1A – Komunitas, Organisasi dan Kelompok – Tugas 2

 

A.    Definisi Komunitas, Organisa Dan Kelompok Sosial Dalam Perspektif Sosiologi.

 

Dalam sosiologi kita mengenal adanya masyarakat (sering disebut patembayan / gessellchaft) dan komunitas (paguyuban/gemenschaft). Patembayan adalah sekumpulan orang dalam wilayah tertentu yang hidup berkelompok secara langsung maupun tidak langsung dengan ciri bahwa tingkat keakraban mereka masih kurang. Terdapat pula ruang kosong antar individu maupun antar kelompok yang disebut dengan ruang publik. Sementara itu, paguyuban adalah masyarakat dalam sekala kecil sehingga antar individu memiliki hubungan keakraban satu dengan yang lainnya. Komunitas merupakan istilah yang sering digunakan dalam percakapan sehari-hari pada berbagai kalangan. Seperti halnya kebanyakan istilah yang populer maka maknanya pun bisa beragam tergantung pada konteks kalimatnya.

Definisi para ahli tentang  organisasi adalah suatu kelompok orang dalam suatu wadah untuk tujuan bersama. Dalam ilmu-ilmu sosial, organisasi dipelajari oleh periset dari berbagai bidang ilmu,terutama sosiologi, ilmu politik, psikologi, dan menejemen. Kajian mengenai organisasi sering disebut studi organisasi (organizational studies) perilaku organisasi (organizatinal behaviour) atau analisa organisasi (organization analysis). Terdapat beberapa teori dan perspektif mengenai organisasi, ada yang cocok sama satu samalain dan ada pula yang berbeda. Organisasi pada dasarnya digunakan sebagai tempat atau wadah dimana orang-orang berkumpul, bekerjasama secara rasional dan sistematis, terencana, terorganisasi, terpimpin dan terkendali, dalam memanfaatkan sumber daya (uang, material, mesin, metode, lingkungan) sarana prasarana, data, dan lain sebagainyayang digunakan secara efisien dan efektif untuk mencapai tujuan organisasi.

Hidup manusia selalu tergantung dengan manusia lainya dalam memenuhi hajat hidupnya. Hal inilah yang menyebabkan timbulnya kelompok-kelompok social (social group) di dalam kehidupan manusia, karena manusia tidak dapat hidup secara mandiri. Kelompok-kelompok social merupakan kesatuan social yang terdiri dari kumpulan individu yang hidup bersama dengan mengadakan hubungan timbal balik yang cukup intensif dan teratut, sehingga daripadanya diharapkan adanya pembagian tugas, struktur, serta norma-norma tertentu yang berlaku bagi mereka.  Kelompok social merupakan sekumpulan manusia yang memiliki persamaan ciri dan memiliki pola interaksi yang terorganisasi, serta terjadi secara berulang-ulang dan memilliki kesadaran bersama akan keanggotaannya.

            Klasifikasi kelompok social menurut besar atau banyaknya anggota kelompok.

1.      Kelompok primer merupakan suatu kelompok yang para anggotanya saling mengenal secara akrab, hubungan sosialnya, bersifat informal, personal dan total yang mencakup banyak aspek dari pengalaman hidup seseorang.

2.      Kelompok sekunder merupakan kelompok dimana hubungan sosialnya bersifat formal, impersonal dan segmental (berpisah-pisah) serta didasarkan pada asas kepentingan bersama.

 

B.     Perbedaan Dan Persamaan Antara Komunitas, Organisasi Dan Kelompok.

 

·         Perbedaannya

1.      Komunitas : adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai kesamaan seperti sifat, hobi dan lain-lain. Biasanya bersifat informal, cenderung bebas dantidak mempunyai tujuan yang jelas atau sekedar ekspresi jiwa, tergantung chemistry anggota-anggotanya.

2.      Organisasi : adalah sekumpulan orang-orang yang mempunyai tujuan yang sama dalam suatu wadah tertentu dan biasanya bersifat formal serta bernaungan hukum.

3.      Kelompok : adalah merupakan sekumpulan atau gabungan baik itu suatu benda atau barang, hewan maupun manusia dalam suatu wadah tertentu.

·         Persamaannya

Komunitas, organisasi dan kelompok adalah sesuatu yang sebenarnya saling mengikat, karena berdasarkan jenis organisasi dibagi menjadi 2 yaitu formal dan non formal  kemudian dari macam, perangkat, kemudian secara definitif apabila memenuhi adanya tujuan tentu dikatakan organisasi. Komunitas, organisasi maupun kelompk sosial sama-sama merupakan suatu kajian dan bagian yang takdapat dipisahkan dari sosiolgi. Objek kajian ini memiliki kesamaan yakni tergabung dalam suatu kelompok kajian Kelompok-Kelompok Sosial dalam masyarakat. Yang intinya adalah suatu hubungan timbal balik antar individu. Yang tidak mungkin dapat dikaji bila hanya menyangkut perorangan saja. Ada dua hasrat yang dimiliki manusia sejak dilahirkan yakni keinginan untuk menjadi satu dengan manusia lain disekelilingnya serta ingin menjadi satu dengan suasana alam disekelilingnya.

 

C.    Contoh Komunitas, Organisasi Dan Kelompok Sosial Dalam Kehidupan Sehari-Hari

 

1.      Komunitas

·         Masyarakat keraton

·         Masyarakat suatu desa

·         Suku bangsa

2.      Organisasi

·         UNESCO

·         IMM

·         DEMA

·         HMJ

·         OKI

·         Karang Taruna

3.      Kelompok

·         Keluarga

·         Kelompok bermain

·         Kelompok belajar

·         Kelompok tugas

 

Sumber : Yudhistira Tim sosiologi Ghalia Indonesia, Narko,Dwi-Suyanto Bagong. 2007.SOSIOLOGI Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta : Perdana Media

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini