Senin, 14 September 2015

Siska Mailana Putri / Jurnalistik 1B / Komunitas,Organisasi dan Kelompok Sosial / Tugas 1

Komunitas, Organisasi dan Kelompok Sosial

 

A.    Komunitas

Komunitas merupakan suatu unit atau kesatuan sosial yang terorganisasikan dalam kelompok-kelompok dengan kepentingan bersama. Jadi intinya komunitas itu merupakan kelompok dari beberapa organisme atau individu yang sudah terbentuk dalam suatu populasi.

Contoh :

1.      Komunitas Pecinta Alam

2.      Komunitas pecinta motor vespa

3.      Komunitas motor besar

 

B.     Organisasi

Organisasi merupakan suatu kesatuan orang-orang yang tersusun dengan teratur dan mempunyai susunan pembagian tugas-tugas tertentu oleh anggota suatu organisasi. Terbentuknya suatu organisasi yaitu karena adanya desakan minat dan kepentingan individu-individu yang disalurkan melalui bentuk persekutuan atau perkumpulan manusia yang relatif lebih teratur dan formal.

Contoh :

1.      PBB

2.      OSIS

3.      HMI

 

C.    Kelompok Sosial

Kelompok Sosial mempunyai pengertian sebagai suatu kumpulan pengertian sebagai suatu kumpulan dari orang-orang yang mempunyai hubungan dan berinteraksi. Dalam buku Sociology An Introduction, Joseph S.R dan Roland L.W (1984), menyatakan bahwa satu kelompok meliputi dua atau lebih manusia yang diantara mereka terdapat beberapa pola interaksi yang dapat di pahami oleh para anggotanya atau orang lain secara keseluruhannya.

Contoh :

1.      Kerumunan

2.      Kelompok belajar

3.      Paguyuban

4.      Patembayan

 

Persamaan komunitas, organisasi dan kelompok social:

1.      Memiliki kepentingan yang sama

2.      Terdiri dari dua orang ataau lebih

3.      Keanggotaannya tanpa ada paksaan

4.      Memiliki visi dan misi yang sama

 

Perbedaan komunitas, organisasi dan kelompok social:

1.      Organisasi biasanya telah memiliki badan hukum yang jelas sedangkan komunitas dan kelompok social tidak memiliki badan hukum yang jelas.

2.      Struktur keanggotaan didalam organisasi lebih tersusun dan terstruktur yang memiliki pembagian tugas yang jelas, sedangkan di dalam kelompok social dan komunitas tidak ada pembagian tugas yang jelas.

 

 

Sumber : Abdulsyani, SOSIOLOGI SKEMATIKA, TEORI dan TERAPAN.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini