Senin, 14 September 2015

tasya yustina anggraini atmadinata(KPI 1A)_komunitas, organisasi, dan kelompok sosial_tugas 2

Tasya yustina anggraini atmadinata_komunitas, organisasi, dan kelompok social_tugas 2

A.    Definisi komunitas, organisasi, dan kelompok social

 

1.      Komunitas

diambil dari bahasa latin (communire) yang artinya kelompok atau perkumpulan. Komunitas merupakan kesatuan social yang terorganisir dalam kelompok dengan kepentingan yang sama. Istilah komunitas dapat ditunjukan kepada warga sebuah desa, kota, suku atau bangsa.

 

2.      Organisasi

Istilah organisasi secara harfiah dapat diartikan sebagai suatu kesatuan orang orang yang tersusun dengan teratur berdasarkan pembagian tugas tertentu. Istilah social berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam masyarakat. Jadi organisasi social adalah suatu susunan atau struktur dari berbagai hubungan antar manusia di terjadi dalam masyarakat, dimana hubungan tersebut merupakan suatu kesatuan yang teratur. Secara luas, organisa social diartikan sebagai jaringan tingkah laku manusia dalam ruang lingkup yang kompleks pada setiap masyarakat. Sedangkan dalam arti sempit organisasi social dimaksudkan sebagai tingkah laku seseorang dalam kelompok-kelompok kecil, seperti keluarga, sekolah dan sebagainya. Secara ringkas organisasi social dapat didefinisikan sebagai suatu rangkaian pelapis terstruktur hubungan antar manusia yang saling ketergantungan.

 

3.      Kelompok social

Kelompok menurut tinjauan sosiologi adalah sekumpulan dua orang atau lebih yang saling berinteraksi dan terjadi hubungan timbal balik yang ia merasa menjadi bagian dari kelompok tersebut. Kelompok social pada umumnya didefinisikan sebagai dua orang atau lebih orang yang memiliki suatu identitas bersama dan yang berinteraksi secara regular. Kelompok social biasa di kelilingi oleh orang orang yang memiliki kesadaran keanggotaan yang sama yang didasarkan oleh pengalaman, loyalitas, dan kepentingan yang sama. Singkatnya, mereka sadar tentang individualitas mereka, sebagai anggota dari kelompok social yang secara spesifik disadari sebagai "kita".

 

B.     Perbedaan dan persamaan komunitas, organisasi, dan kelompok social.

1.      Perbedaan

a.       Komunitas merupakan sekumpulan orang orang yang saling mempunyai "things in common" kepada seseorang. Komunitas biasa bersifat informal dan bebas.

b.      Organisasi merupakan sekumpulan orang yang terorganisir atau teratur dan mempunya tugasnya masing masing. Organisasi bersifat formal dan tidak bebas.

c.       Kelompok social merupakan sekumpulan orang yang saling membutuhkan, yang dibuat oleh masing masing mereka untuk menciptakan kata "kita"

 

2.      Persamaan

Persamaan yang terjadi pada komunitas, organisasi, dan social adalah sekumpulan orang orang yang berinteraksi untuk melengkapi kehidupan dan juga mereka merupakan kajian dari sosiologi. Dimana manusia tidak dapat hidup sendiri dan manusia harus terlibat dalam ketiga hal tersebut.

 

C.     Contoh komunitas, organisasi, dan kelompok social.

1.      Komunitas

a.       Komunitas paduan suara

b.      Komunitas basket

c.       Komunitas pecinta alam

d.      Komunitas mobil

 

2.      Organisasi

a.       OSIS

b.      MPK

c.       PMI

d.      IMM

e.       HMJ

f.       HMI

 

3.      Kelompok social

a.       Kelompok bermain

b.      Kelompok belajar

c.       Kelompok diskusi

d.      Kelompok bernyanyi

e.       Kelompok menari

f.       Kelompok demo

Sumber buku:

1.      Nama buku: pengantar sosiologi

Pengarang: nuraini soyomukti

Penerbit: ar-ruzz media

Cetakan: 1, 2010

 

2.      Nama buku: sosiologi skematika, teori, dan terapan

Pengarang: abdulsyani

Penerbit: PT bumi aksara

Cetakan: 4, februari 2012

 

3.      Nama buku: sosiologi: teks pengantar dan terapan

Pengarang: j. dwi narwoko dan bagong suyanto

Penerbit: prenada media group

Cetakan: 3, September 2007

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini