Senin, 14 September 2015

Suryo Widodo_Perubahan Sosial Dan Perilaku Kesmas_Tugas ke 1

Perubahan Sosial Dan Perilaku Kesehatan Masyarakat

            Kesehatan dalam kehidupan sehari-hari memang sangat di perlukan, bahkan dalam kehidupan bermasyarakat atau melakukan suatu hal kita di haruskan untuk sehat, maka untuk menjadi sehat kita harus memperhatikan perilaku-perilaku agar kita menjadi sehat.

            Seperti halnya apa yang terjadi dalam masyarakat ciracas, Ketika pada zaman dahulu orang-orang kebanyakan melakukan suatu pengobatan berdasarkan perkataan-perkataan para leluhurnya. Misalnya ketika mereka sakit perut mereka di anjurkan untuk memakan sambal atau daun jambu biji yang secara tidak langsung memang sambal dan daun jambu biji tersebut mengadung zat yang membuat lambung bereaksi namun apabila di jelaskan isi kandungan tersebut mereka tidak mengetahuinya.

            Dan seiring dengan kemajuan zaman ternyata memang hal itu dapat di buktikan oleh ahli medis akan tetapi terdapat kekurangan sehingga cara tersebut di tinggalkan dan beralih ke obat-obatan yang di anjurkan oleh ahli medis.

            Hal ini mengakibatkan suatu perubahan sosial dalam masyarakat yang dulu mereka menggunakan cara tradisional kini mereka menggunakan cara yang dapat di pahami sehingga apa yang di lakukan sekarang di nilai lebih mudah dan efisien.

            Dalam hal ini Perubahan diartikan sebagai suatu hal atau keadaan berubah, peralihan dan pertukaran. Dengan demikian perubahan adalah sebuah proses yang mengakibatkan keadaan sekarang berbeda dengan keadaan sebelumnya, karena mengalami perubahan atau pertukaran. William F.Ogburn memberi batasan terhadap makna perubahan social hanya pada unsure-unsur kebudayaan.[1]

            Maksudnya disini adalah apa yang terjadi dalam masyarakat di ciracas terjadi perubahan budaya yang dulu menggunakan cara tradisional dan lumayan susah di jelaskan kini beralih menjadi yang lebih modern dan mudah di jelaskan.

            Dan ini seperti yang Sojoeno Soekanto katakan bahwa penemuan-penemuan baru merupakan tambahan pengetahuan terhadap perbendaharaan pengetahuan dunia yang telah diverifikasi. Penemuan menambahkan sesuatu yang baru pada kebudayaan karena meskipun kenyataan tersebut sudah lama ada, namun kenyataan itu baru menjadi bagian setelah kenyataan tersebut ditemukan. Penemuan baru menjadi suatu faktor dalam perubahan sosial jika hasil penemuan tersebut didayagunakan.[2]


            Kesimpulan


Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi perubahan perilaku kesehatan masyarakat salah satunya adalah penemuan-penemuan yang baru atau di kembangkan oleh suatu masyarakat sehingga lebih efisien dan cepat



[1] William F.Ogburn, Social Change, (New York: Viking Press, 1982),h.7

[2] Astrid S.Susanto, Pengantar Sosiologi dan Perubahan Sosial, (TK.Bica Cupta, 1979),h.178

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini