Rabu, 01 April 2015

Ajeng Dwi Rahma Putri_PMI 4_Tugas 3_LIFE HISTORY

Nama   : Ajeng Dwi Rahma Putri

NIM     : 1113054000019

Matkul : Antropologi Budaya

LIFE HISTORY

Menjadi seorang ABRI adalah cita-cita dari seseorang yang memiliki hoby mengaji dan berolahraga. beliau memiliki nama lengkap Wiji Musta'in atau biasa di panggil kapten wiji di tempat beliau mengabdi pada Negara. Di kalangan masyarakat beliau biasa di sapa dengan sebutan ustadz beliau adalah seorang ABRI yang memiliki pangkat sebagai kapten dan sebagai seorang mubaligh. Sejak kecil beliau bercita-cita sebagai seorang ABRI. Kakeknya yang bernama Hj.Syamsuri sangat mendorong beliau untuk mewujudkan cita-citanya. Tetapi ayah beliau yang bernama Hj.Abdul fatah dan ibunya yang bernama Hj.Ummi sangat melarang keras beliau untuk menjadi tentara karena ayahnya menginginkan beliau menjadi seorang mubaligh.

Sejak kecil beliau sudah dibiasakan dengan ajaran-ajaran yang bernotabennya adalah agama sehingga ketika beliau memilih untuk bersekolah di usia 7 tahun beliau memilih sekolah dasar dan sekolah ibtidaiyah yang mana beliau mengejar pendidikan dengan 2 sekaligus sekolah dasar adalah keinginannya dan sekolah ibtidaiyah adalah keinginan orang tuanya. Pagi sampai siang hari beliau belajar di SD dan setelah zuhur sampai sore beliau belajar di MI atau Madrasah Ibtidaiyah begitu seterusnya sampai beliau kelas 6 dan lulus dengan nilai terbaik. Beliau sangat penurut dan berbakti kepada kedua orang tuanya  namun beliau juga sangat berambisi ketika menginginkan sesuatu itulah sebabnya mengapa beliau bersekolah dengan 2 sekaligus.

Ketika beliau menginginkan sesuatu namun orang tuanya tidak memberikan dukungan beliau tak pernah marah ataupun kecewa melainkan mencari cara bagaimana keinginannya dapat terwujud dan keinginan orang tuanya juga dapat terwujud. Beliau adalah anak ke 2 dari 6 bersaudara,kakak beliau yang bernama Siti Marhana kini ia tinggal di bojonegoro bersama suami dan anak-anaknya. Suaminya seorang petani di desa tersebut dan adik beliau yaitu putra ke 3 dari Hj.Abdul Fatah memiliki nama lengkap Ahmad Labib beliau adalah pengusaha agen beras di kota bojonegoro.

Adiknya yang ke 4 bernama Siti Sultonah ia juga tinggal di bojonegoro bersama suami dan anak-anaknya.suaminya seorang buruh biasa dan siti sultonah sendiri adalah ibu rumah tangga yang memiliki usaha sembako di depan rumahnya. Adiknya yang ke 5 bernama Mustofa beliau adalah seorang pengusaha material kayu di tuban.dan adiknya yang terakhir bernama Siti Hasanah beliau tinggal di bojonegoro bersama suami dan anak-anaknya beliau adalah seorang guru SD di bojonegoro.  Dari ke 6 bersaudara ini hanya beliaulah yang pergi ke Jakarta untuk merantau dan mencari jati dirinya. Beliau lahir di Bojonegoro Jawa Timur pada tanggal 5 Agustus 1957.

Beliau bersekolah di usia 7 tahun dengan jenjang Sekolah Dasar di SDN Bojonegoro 1 dan sekolah Madrasah Ibtidaiyah di At-Taqorrub Bojonegoro pada tahun1964. Setelah beliau menimba ilmu di jenjang sekolah dasar selama 6 tahun beliau melanjutakan ke jenjang Sekolah Menengah Pertama atau SMP di MTS Tuban selama 3 tahun pada tahun 1971. Beliau adalah seorang yang sangat cerdas dan kuat dalam menghafal di sekolahnya sejak beliau kelas 1 SD beliau sangat menyukai pelajaran bahasa arab. Tiap kali ada wacana bahasa arab beliaulah yang selalu pertama untuk menampilkan kehebatannya kepada teman-temannya. Beliau sangat menyukai pelajaran bahasa arab karna sejak di bangku kelas 1 madrasah ibtidaiyah disekolahnya sudah di ajarkan mengenal kosa kata bahasa arab.sedikit demi sedikit beliau mulai belajar berpidato dengan bahasa arab. Setiap sepulang sekolah beliau  belajar membaca kitab kuning yang diajarkan oleh ayahnya.

 Walaupun ayahnya bukan lulusan pesantren tetapi ayahnya dapat memahami dan membaca pelajaran – pelajaran yang ada di kitab kuning karena sejak kecilpun ayahnya sudah di ajarkan membaca kitab-kitab oleh kakeknya.Kakek beliau atau buyut adalah seorang guru di salah satu pondok pesantren di bojonegoro yakni pondok pesantren Darus Sunnah pondok pesantren yang masih sangat salafi di daerahnya hingga saat ini. Ayahnya yang berprofesi sebagai seorang petani dan berdagang sangat cermat dalam mendidik ke 6 putra putrinya. Tiap kali seusai sekolah anak-anaknya di tuntut untuk belajar membaca dan memahami kitab kuning termasuk beliau yakni pak Wiji Musta'in. 

Di tingkat SMA beliau sekolah di MA IAIN atau sekolah persiapan IAIN (Institut Agama Islam Negeri) pada tahun 1974. di sinilah beliau mulai belajar untuk berbicara di depan umum atau yang biasa kita sebut sebagai penceramah. Ayahnya sangat menginginkan beliau sebagai seorang mubaligh. Sedikit demi sedikit beliau mulai mengikuti lomba – lomba pidato yang sering di adakan ketika 17 agustus atau lomba-lomba tingkat kabupaten. Awal-awal beliau masih kurang percaya diri sehingga hanya mendapat juara harapan namun, beliau tak pernah patah semangat beliau selalu berusaha dan berusaha terus belajar dan belajar hingga akhirnya beliau pernah mendapatkan juara 1 pidato ketika beliau mengikuti lomba tingkat kabupaten.

Di samping beliau mengikuti lomba – lomba beliau juga belajar untuk mengisi tausiyah di setiap acara – acara syukuran , maulid hingga khutbah. Sejak itulah beliau mulai di kenal oleh masyarakat. setelah beliau lulus MA beliau memutuskan untuk pergi ke Jakarta mengingat cita-citanya sebagai seorang ABRI beliau sangat berambisi untuk mewujudkan keinginannya hingga akhirnya ayahnya pun mengalah. pada tahun 1977 Setelah beliau mendapat izin dari orang tuanya beliau cepat-cepat bergegas untuk ke Jakarta mencari pendidikan sekolah tentara.

Pertama kali beliau sampai di Jakarta beliau menuju masjid istiqlal. Masjid istiqlal adalah masjid terbesar di Indonesia. karena di Jakarta beliau tak memiliki sanak saudara satu pun tak ada yang beliau kenal dan tak tahu beliau harus tinggal dimana. Beliau memutuskan untuk tinggal di masjid istiqlal untuk sementara waktu karena beliau belum mendapatkan tempat tinggal dan pekerjaan beliau meminta izin kepada pengurus masjid untuk tinggal di masjid. Beliau pun mendapat izin dari  pengurus masjid dan mulai untuk tinggal di masjid untuk beberapa waktu ke depan sampai mendapat pekerjaan yang cukup untuk mengontrak.

Setiap harinya beliau menjadi muazin setiap kali waktu sholat datang dan tak lupa beliau membantu para petugas masjid untuk menyapu lantai dan halaman masjid hingga mengepel dan membersihkan rak – rak yang biasa di tempati untuk al-qur'an dan mukena.beliau adalah orang yang senang memberikan pengalaman dan ilmu yang beliau miliki kepada orang lain. Tiap kali beliau berbincang-bincang kepada siapapun beliau selalu menyelipkan nasihat-nasihat yang baik karena selain beliau senang mengaji, berolahraga beliau juga senang bersosialisasi.

Di sela- sela aktivitasnya, beliau mencari pekerjaan dengan membaca dari Koran ke koran  setiap harinya. Beliau adalah seseorang yang tak pernah menyerah dan selalu terus berusaha hingga suatu ketika beliau mengajarkan mengaji kepada anak- anak di sekitar masjid tersebut dari yang awalnya hanya 1 atau 2 orang beliau dapat merekrut hingga 10 sampai 20 anak untuk di ajarkan mengaji olehnya. Kurang lebih 3 bulan beliau tinggal di masjid istiqlal beliau mendapat info dari seorang temannya yang ketika itu bertemu di masjid, ia ingin menunaikan ibadah sholat zuhur kebetulan saat itu sedang jam istirahat pertemuan singkat itu membuat beliau dan kawannya seperti kawan yang sudah lama kenal.

 ia adalah Abdul Rozak ia seorang pengusaha material kayu yang ada di daerah condet balekambang Jakarta timur kawannya ini menawarkan beliau untuk pergi ke arab kawannya menyarankan beliau untuk bekerja di arab awalnya beliau menolak namun lama kelamaan karena kebutuhan yang mendesak akhirnya beliau pun bersedia untuk di bawa ke arab. Walaupun di kampungnya beliau termasuk keluarga yang memiliki ekonomi cukup karena ayahnya adalah seorang pedagang dan petani yang memiliki banyak hektar sawah namun, beliau tak pernah ada rasa enak jika selalu meminta kepada ayahnya apalagi menjadi seorang ABRI adalah keinginannya maka beliau harus bekerja dan berusaha sendiri.

1 tahun beliau bekerja di arab pada tahun 1978 beliau kembali ke tanah air untuk mewujudkan cita-citanya di sinilah awal perjuangan beliau. Beliau melanjutkan pendidikannya di Akademi Pendidikan Rohani Islam di kota Bandung selama kurang lebih 1 setengah tahun. Selama kurang lebih 1 setengah tahun  beliau sekolah di akademi tersebut beliau kembali ke Jakarta kebetulan ketika itu ada tes masuk tentara di Rindam Jaya condet Jakarta Timur. Karena kegigihan dan kecerdasannya beliau lulus dalam test tersebut, dan masuk menjadi tentara beliau sangat bangga dan bersyukur karena beliau dapat mewujudkan cita-citanya. saat itu beliau memiliki jabatan paling rendah yaitu garis merah. Beliau pun memiliki tempat tinggal yakni di rumah dinas asrama rindam jaya.  1 tahun beliau menjabat sebagai pascab. Selama beliau tinggal di rumah dinas beliau tak lupa mengamalkan ilmu-ilmunya kepada masyarakat setempat karena ini adalah salah satu amanat dari ayahnya , beliau mengajarkan ngaji kepada siapapun bukan hanya anak-anak kecil dan remaja tetapi orang dewasa pun ada yang meminta beliau untuk di ajarkan mengaji.

Beliau juga mulai bertausiyah dari satu tempat ke tempat lain dan sangat aktif dalam kepengurusan masjid. 2 tahun lebih lebih beliau menjabat sebagai pascab beliau naik jabatan dengan pangkat garis miring 1. Pada tahun 1988 beliau di kenalkan oleh kawannya dengan seorang wanita karena melihat beliau terlalu sibuk dalam berkarier beliau tak sempat untuk mencari-cari pasangan hidupnya. Kawannya yang bernama Abdul Rozak mengenalkan beliau kepada sepupunya, saat itu sepupunya yang hendak di kenalkan dengan beliau tinggal di Surabaya.

Waktu beliau melihat dari foto ketika itu beliau langsung tertarik oleh sepupu kawannya dan beliau berniat untuk menemuinya selang 3 hari setelah di kenalkan beliau berniat untuk mendatangi sepupu kawannya itu beliau pergi ke Surabaya untuk menemui orang tuanya dan wanita yang ingin ia jadikan sebagai pasangan hidupnya. Selama 2 sampai 3 bulan beliau dan calon istrinya menjalani hubungan atau biasa yang kita sebut sebagai pacaran beliau ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius.

 Pada tahun 1988 beliau menikah dengan seorang wanita yang bernama Ibu Khoiriyah ia lahir di Surabaya pada tanggal 3 februari 1965. Setelah menikah beliau kembali ke Jakarta dan membawa sang istri ke tempat tinggalnya yakni di rumah dinas asrama rindam jaya. Di sinilah beliau menjalani kehidupan bersama dengan paangan hidupnya. Istrinya adalah ibu rumah tangga namun ia adalah seorang wanita pekerja keras ia tak pernah bias untuk diam walaupun ia hanya ibu rumah tangga tapi ia sangat berantusias membantu suaminya untuk kebutuhan ekonomi keluarga.

Mula –mula sang isteri hanya membuka warung kecil biasa yang di jual adalah sembako atau kebutuhan-kebutuhan keluarga pada umumnya. Namun, lama kelamaan ia menyediakan sembako-sembako yang ia jual dengan lebih banyak, sehingga hamper semua masyarakat yang tinggal di rumah dinas tersebut berbelanja sembako di warung isteri beliau. Kini selain membuka usaha sembako istri beliau membuka usaha dengan berjualan soto ayam di cijantung dan cilandak dengan di bantu oleh beberapa pekerjanya. Isteri beliau sangat pekerja keras walaupun dapat di katakana kehidupan ekonominya sudah leih dari cukup,namun berwirausaha memang hobinya.

Pada tahun 1989 beliau di karunia seorang putra pertama dalam pernikahan beliau dengan istrinya.putra pertama beliau yang bernama Taufik Anshori kini anak pertamanya itu sudah menjadi keamanan Negara yaitu brigadier polisi. Dan putra ke 2 beliau bernama Haris Bashori kini putra ke duanya sedang mengejar pendidikan S1nya di Universitas Indonesia fakultas FISIP. Dan putra ke 3 beliau di beri nama Adib Mubaroki kini ia pun sedang mmengejar pendidikannya di Universitas Islam Negeri Jakarta fakultas perbandingan mazhab. Sejak kecil putra-putra nya sudah di didik beliau dengan kedisiplinan dan di tuntut harus menjadi orang yang dapat bertanggung jawab di mana pun. Itulah sebabnya walaupun putra – putra beliau tidak mengikuti jejak ayahnya sebagai seorang ABRI namun tetap mereka adalah orang-orang yang berkarakter hidup dengan disiplin.

Dengan jerih payah dan usaha yang beliau jalani selama ini beliau di angkat kembali dengan pangkat garis miring tiga. Ketika anak terakhirnya berumur 10 tahun beliau di angkat menjadi seorang kapten di bidang kemiliterannya. Selain profesi beliau adalah seorang ABRI dan memiliki pangkat kapten di kemiliterannya. Beliau sangat di percayai oleh orang-orang yang mengenal beliau sehingga beliau sempat menjadi ketua koperasi di rindam jaya dan ketua masjid di rindam jaya selama 20 tahun. Dan beliau juga pernah menjadi ketua komite yayasan SD Gedong 03 Pagi di Condet Balekambang Jakarta Timur selama 20 tahun. Beliau sangat di kenal baik di dalam masyarakatnya. Karena selain beliau tidak pelit dalam membagi ilmu beliau sangat ramah dan sopan kepada siapapun. Beliau sangat senang dalam bersosialisasi karna bagi beliau hidup di dunia haruslah seimbang, kita harus bisa berbuat baik kepada sesama manusia dan harus bisa berbuat baik juga kepada allah, itulah yang dapat di katakana seimbang dalam kehidupan. Sangat jarang seseorang yang berprofesi sebagai seorang ABRI sekaligus seorang Mubaligh, itulah yang sangat beliau inginkan sejak kecil dan betapa bangganya beliau dapat mewujudkan keinginannya.

Selama 20 tahun lebih beliau berprofesi sebagai ABRI hingga terakhir beliau memiliki pangkat seorang kapten. pada tahun 2013 beliau tamat jabatan atau pensiun sehingga beliau harus meninggalkan rumah dinas yang 20 tahun lebih ia tempati. Kini ia tinggal di Jln. Sudah hampir 1 tahun beliau dan keluarga tinggal di namun tetap saja beliau masih harus bolak – balik dari rumah ke rindam karena pekerjaan yang menuntut beliau harus ke sana ke mari. Walaupun beliau sudah pensiun beliau masih di percaya masyarakatnya untuk mengisi tausiyah di setiap acara-acara atau mengisi khutbah di setiap sholat jum'at.kini beliau juga bekerja sebagai pengawal Bank di daerah Rawamangun. Namun karena pekerjaan tersebut sangat santai dan beliau sendiri yang menentukan waktunya maka tak menghalangi beliau untuk tetap berceramah dari satu tempat ke tempat lain.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini