Rabu, 01 April 2015

Muh Nur Muhaimin_PMI 4_Tugas 3_LIFE HISTORY

Nama               : Muh.Nur Muhaimin

Nim                 : 1113054000008

Jurusan            : Pengembangan Masyarakat Islam

LIFE HISTORY

            Seorang motivator bagi anak-anak dan para santri-santrinya, sesosok ayah dan pembina pondok yang senantiasa mendidik anak-anak dan santrinya sehingga dapat berbakti kepada kedua orang tua, Agama dan Negara. Bapak Drs Muh Nurullah HD S.si, Nama lengkap beliau atau biasa juga di sapa ustadz di kalangan para santri dan biasa di sapa bapak di kalangan anak-anak beliau. Lahir di Maros, 07 Februari 1964, Makassar, Sulawesi Selatan.

Pondok Pesantren Ulul Albab Makassar merupakan tempat tinggal sekaligus tempat beliau mengabdikan ilmu dan pengalaman serta tenaganya dengan mengajarkan para santri kitab-kitab gundul hingga saat ini, status beliau merupakan Direktur Pondok Pesantren Ulul Albab dari tahun 1996 - sekarang. Beliau juga menjadi seorang guru Bahasa Inggris di salah satu SMP Negeri 09 di wilayah Maros dan SMP 42 satap pampangan serta mengajar pula di MTS Pesantren Ulul Albab. Di tingkat Perguruan Tinggi beliau juga menjadi dosen di STIM LPI Makassar, Universitas Terbuka, STKIP Hasanuddin dan STAI Darud Dakwah Wal-Irsyad. Mata kuliah yang beliau ajarkan yakni Bhs Inggris, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Anak Usia Dini dan Bhs Indonesia. Selain itu beliau merupakan seorang Da'i yang senantiasa berdakwah menyebarkan pesan-pesan Agama untuk menambah wawasan masyarakat mengenai Agama. St. Nafisah Nur merupakan nama istri beliau yang senan tiasa menemani beliau hingga saat ini, kekonsistenan istri beliau ini yang membuat beliau semakin lama semakin semangat untuk mencari nafkah untuk keluarga beliau.

Saat ini beliau mempunyai empat orang anak, yang pertama saudara yang paling cantik di antara saudara-saudaranya yang lain yakni Nur Hidayah Nur S.KM, dan anak yang kedua merupakan kakak yang tertua dari kedua adenya yakni Muh Nur Muhaimin, yang ketiga yakni Muh Nur Qasyim Syamsyuri dan yang terakhir anak yang paling muda di antara saudara-saudaranya yakni Muh Nur Syuhudi Ramadhan.            

Untuk mencapai kesuksesan hingga saat ini, beliau berjuangan keras dari titik nol atau dari bawah. Lahir dari seorang petani yang setiap hari hanya bergelut dengan sawah, kebun dan hewan ternak. Terlahir sebagai anak pertama dari empat bersaudara yakni H. Alimuddin HD, Ambo Upe HD, dan yang bungsu merupakan perempuan satu-satunya dalam empat bersaudara ini yakni Rahmawati HD. Dalam keluarga yang berstatus menengah kebawah ini, beliau dipaksa oleh takdir untuk berjuang melalui banyak rintangan dalam mencapai kesuksesan hidup. H. Dollahi dan Hj. Sina merupakan nama kedua orang tua Ustadz Nurullah, nama sapaan yang sering di lontarkan kepada beliau oleh masyarakat dan para santri ini. Sejak dini beliau sudah diajarkan oleh orang tuanya untuk hidup mandiri tanpa ketergantungan hidup dengan kedua orang tuanya. Dengan prinsip yang diajarkan kepada beliau, sehingga menjadikan alasan dan tuntutan untuk harus lebih semangat dan giat lagi dalam menuntut ilmu agar dapat merubah nasib beliau dan orang tua serta saudara-saudaranya.

Tahun 1971 beliau memulai karirnya di dunia persekolahan, terdaftar sebagai siswa di SD 01 Pakalu di wilayah Maros Sulawesi Selatan pada umur 7 tahun.  Selama enam tahun beliau berjuang dalam menuntut ilmu agar dapat mendapatkan prestasi di kelas dan hasilnya di kelas 3 beliau meraih peringkat 1 dan bertahan dalam 3 besar hingga tamat SD, motivasi dan semangat dari kedua orang tua beliau menambah semangat sang ayah beranak empat ini untuk lebih giat dalam belajar dan bekerja. Selam SD beliau sudah diajarkan cara bercocok tanam oleh orang tua  beliau, misalnya padi, sayur-sayuran, buah-buahan dan tanaman-tanaman lainnya. Selain itu beliau juga diajarkan untuk memlihara hewan ternak, contohnya sapi, ayam, bebek dan tak luput juga beliau memelihara ikan di empang yang berada di samping kanan kiri rumah beliau.

Di pagi hari pukul 04.00 WIT, belau sudah di bangunkan untuk menunaikan sholat subuh  berjama'ah di masjid. Setelah sholat, sebelum berkemas-kemas untuk pergi kesekolah  beliau tak luput memberi makan hewan-hewan ternaknya dan mengeluarkanya dari kandang. Setelah itu, sarapan pagi bersama kedua orang tua dan berkemas-kemas untuk pergi kesekolah. Pulang dari sekolahnya, beliau makan siang lalu istirahat sembari mengerjakan tugas-tugas dari sekolah di sekitar sapi-sapi yang beliau pelihara. Sampai masuk waktu sholat ashar beliau ikut berjama'ah bersama ayah di masjid, setelah sholat beliau melanjutkan belajar mata pelajaran yang ingin di pelajarinya di sekolah besok hari. Sampai menjelang maghrib beliau membantu sang ayah memasukkan hewan ternaknya ke dalam kandang masing-masing hewan. Setelah mandi beliau lansung berkemas-kemas dan lansung kemesjid untuk menunaikan sholat maghrib berjama'ah, setelah sholat beliau ikut dalam taman baca Al-Qur'an di masjid sampai masuk waktu sholat isya, beliau ikut berjamaah dan kembali kerumah setelah sholat berjamaah di masjid. Sesampai di rumah, beliau melanjutkan belajar membaca Iqra' bersama sang ayah sampai selesai dan beliaupun istirahat.

Setiap hari di usia dini, beliau sudah dibiasakan oleh orang tuanya menjalani hidup dengan penuh kesibukan dan disiplin waktu. Dari kesibukan yang dijalani beliau sejak dini ini sehingga merasa sangat aneh ketika tidak dalam keadaan sibuk.

Tamat dari SD 01 Pakalu pada tahun 1976, beliau melanjutkan sekolah menengah pertama (SMP) di SMPN Bantimmurung, Maros Sulawesi Selatan tahun 1980. Dengan modal beasiswa anak berprestasi pada saat SD, dengan ini beliau mulai mengurangi beban biaya pendidikan dari orang tuanya. Selama 3 tahun bersaing dengan teman-teman di kelas, beliau dapat mempertahankan beasiswa selama 3 tahun full dengan mencapai prestasi tiga besar selama sekolah di SMPN Bantimmurung. Dari hasil kerja keras yang dijalani beliau dengan giat dalam menuntut ilmu dan disiplin waktu, sehingga di masa-masa SD-SMP dapat membanggakan dan mengharumkan nama kedua orang tua beliau. Dengan prestasi yang beliau raih semasa SMP, dapat menambah semangat untuk meningkatkan kegiatan dalam mendapatkan ilmu pengetahuan dan tetap mempertahankan ilmu pengetahuan yang beliau telah dapatkan selam beliau menuntut ilmu di jenjang SD dan SMP.

Dengan bermodalkan tekad dan beasiswa yang beliau raih serta cita-cita ingin menjadi seorang guru sejak kecil, beliau  melanjutkan sekolahnya ke jenjang lebih tinggi lagi yakni Sekolah SMA di SMAN 1 maros pada tahun 1983. Untuk mempertahankan beasiswa yang telah beliau dapatkan harus masuk dalam peringkat tiga besar di sekolah, dan hasilnya beliau dapat mempertahankan beasiswanya dengan masuk tiga besar selama tiga tahun berturut-turut. Kesabaran serta kegigihan dalam menuntut ilmu dan membantu kedua orang tua dalam banyak hal mendapatkan hasil dan imbalan yang sangat baik. Pencapaian selama beliau berada di dunia sekolah ini merupakan kebanggaan tersendiri beliau dan hadiah buat kedua orang tua beliau yang senantiasa membimbing serta memotivasi beliau untuk menjadi sesosok siswa yang berprestasi dari SD, SMP sampai SMA.    

Setelah lulus SMA, beliau lansung mengikuti tes masuk Perguruan Tinggi di IKIP Ujung Pandang, tes ini tidak mengeluarkan biaya sepeserpun atau bebas tes karena beliau termasuk siswa perwakilan dari SMAN 1 Maros. Lulus tes masuk Perguruan Tinggi mengambil jurusan Sastra Inggris pada Tahun 1983, beliaupun mendapatkan beasiswa supersmart dari awal beliau kuliah sampai lulus sarjana dengan titel S.si. Pencapaian ini merupakan prestasi yang membuat bangga kedua orang tua dan sanak saudara beliau.  Selain itu sembari kuliah beliau mulai mengajar di Taman Pendidikan Al-Qur'an di masjid-mesjid, dan memberi bimbingan belajar bahasa inggris. Sedikit demi sedikit penghasilanpun beliau dapatkan dari hasil jeri payah sendiri tanpa bergantung dengan kedua orang tua beliau.      

Selama beliau berada dalam dunia perkuliahan beliau juga aktif dalam organisasi, seperti Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU). Pengalaman beliau dalam berorganisasi lumayan cemerlang, menjadi Sekertaris Cabang HMI Periode 1985-1986, Ketua IPNU Sul-Sel Periode 1987-1989, Ketua Umum MUI Kec. Biringkanay, Ketua Pusat LD DDI Periode 2005-2015 dan Wakil Pimpinan Pusat PERGUNU Periode 2011-2016.    

Cita-cita yang ingin beliau capai ketika masih berumur belasan tahun, kini berubah yang tadinya ingin menjadi seorang guru jadi seorang yang bermanfaat bagi orang lain. Pandangan beliau mengenai cita-cita yang beliau ganti, yakni ketika seseorang yang ingin bermanfaat kepada orang lain itu lebih umum dan ada banyak yang dapat beliau kerjakan untuk membantu orang lain dibandingkan menjadi seorang guru.

Pada tahun 1987, beliau berhasil menyelesaikan studinya selama 8 semester dengan nilai 3,67 komulatif dan berhasil meraih gelar sarjana yakni S.si. Pencapaian beliau yang sangat gemilang ini merupakan hasil dari jeripayah dan kerja keras beliau sejak kecil hingga saat ini. Dan tak luput pula dukungan keluarga sekelilingnya serta motivasi dari kedua orang tua beliau merupakan efek dari kesuksesan beliau menyelesaikan pendidikannya selama 12 tahun bergelut dengan buku, pena dan sebagainya. Setelah lulus kuliah, beliau masih tetap aktif dalam organisasi dan lembaga-lembaga masyarakat serta kegiatan belajar kitab-kitab kuning bersama kiyai dan guru-guru beliau, dan mengajar pula di sekolah-sekolah, di bimbel, dan pondok pesantren. Selain itu beliau juga mulai berkarir di dunia Da'I, berbekal ilmu agama setelah mengikuti training Remaja Masjid Pakalu dan beliau juga mengikuti pembelajaran kajian-kajian agama di masjid sejak SMA, pada masa SMA beliau belajar bersama Ust. H. Muharram, Ust. Salam dan Ust. Abd Latif. Pada masa kuliah pun beliau sembari mengikuti kajian kitab bersama KH. Harisah, KH. Muh Nur, KH. Abd Kadir, KH. Hamzah, KH. Ahmad Ismail, KH. Abd Rahim, KH. Sanusi Baco LC, KH. Mansur, KH. Abdullah Salam, KH. Said Musamma, dan KH. Fathuddin Abdullah. Ilmu yang beliau dapatkan selama mengikuti kajian kitab bersama kiyai-kiyai, memantabkan ilmu pengetahuan agama beliau sehingga mempunyai bekal untuk menjadi seorang Da'I yang mapan dan paham banyak mengenai Agama.

 Selain mempunyai bekal untuk menjadi seorang Da'I, beliau juga mempunyai bakat berbicara di depan umum, sehingga membuat beliau semakin percaya diri dan bertekad untuk menyebarkan pesan-pesan agama dan mengamalkan ilmu-ilmu yang telah beliau dapatkan serta membantu masyarakat agar dapat lebih paham lagi mengenai ilmu agama.      

Di tahun yang sama 1987, tepatnya di umur 22 beliau mendapatkan kerja sebagai pemandu wisata di Hotel Ramayana. Tidak lama beliau kerja sebagai pemandu wisata, beliau lepas kontrak kerja. Karena guru beliau diamanahkan oleh Pak KH Muh Nur untuk mejadi pimpinan asrama Pondok Pesantren Kamasea di daerah Tangkala, Makassar. Pondok yang baru saja berdiri dan mempunyai 13 orang santri pada waktu itu, Dipondok itulah beliau tinggal, sembari membimbing para santri dan menjalani tugas beliau sebagai guru di sekolah serta menjadi Da'i di masyarakat. Disamping beliau sibuk dengan kewajibannya membimbing, mengajar dan berdakwah, beliau masih sempat meluangkan waktunya untuk latihan-latihan lagi dalam berpidato serta mengikuti pengajian-pengajian kitab di masjid.

Memasuki umur yang mepan untuk menjadi seorang imam dalam keluarga, beliau di jodohkan oleh seorang gadis yang pernah menjadi santri beliau sendiri, yakni St. Nafisah Nur seorang anak dari Ahmad Dg Paulle. Tepat pada tahun 1990 beliau melansungkan pernikahan di umur 29, tahun 1990.    

Tepat pada tahun 1991, istri beliau melahirkan seorang anak pertama pada tanggal 26 bulan November di maros Sulawesi Selatan. Seorang perempuan yang bernama Nur Hidayah Nur, sekarang telah menyelesaikan studinya di Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES), mengambil jurusan Kesehatan masyarakat, Cuma membutuhkan waktu empat tahun untuk menyelesaikan studinya ini dan sekarang bekerja sebagai admin Prudential. Anak kedua beliau seorang laki-laki yakni Muh Nur Muhaimin lahir di Makassar pada tanggal 08 Desember tahun 1995, mengambil jurusan Pengembangan Masyarakat Islam di salah satu kampus Jakarta yakni Uin Syarif Hidayatullah, sekarang lagi menjalani kuliahnya di semester empat. Untuk kelahiran anak ketiga, beliau harus menunggu delapan tahun lamanya sehingga istri belau melahirkan anak ketiganya yang bernama Nur Qasyim Syamsyuri, lahir pada tanggal 07 bulan Oktober pada tahun 2003. Sekarang anak ketiga beliau ini akan menjalani Ujan Nasonal di tingkat SD di sekolah beliau sendiri yakni Pondok Pesantren Ulul Al-Bab. Anak yang terakhir beliau yang bernama Muh Nur Syuhudi Ramadhan, lahir pada bulan Ramadhan bertepatan pada tanggal 18 Oktober tahun 2005. Sekarang anak bungsu ini menjalani proses belajar di tingkat SD kelas 3 sama dengan kakanya yang ke tiga, anak bungsu ini sekolah di Pondok Pesantren Ulul Al-Bab, pondok yang beliau bina sendiri semenjak beliau keluar dari pondok yang pernah beliau bina juga yakni Pondok Pesantren Kamasea di daerah Tangkala, Makassar.

Menjadi seorang yang di amanahkan untuk menjadi direktur pondok merupakan hal atau tugas yang sangat berat untuk di emban, karena masa depan para santri dan pondok  berada di tangan beliau sehingga kesibukan yang menimpa beliau merupakan keharusan dan kewajiban sebagai direktur pondok yang perlu dijalani. Tekad dan cita-cita yang telah dipikirkan sewaktu beliau masih di usia dini yakni menjadi seorang guru dan menjadi seorang yang bermanfaat untuk orang lain terutama masyarakat di sekitar beliau, merupakan motivasi tersendiri beliau untuk menjalani kesibukan-kesibukan yang menimpa beliau sehingga tidak ada kata lelah, letih dan sebagainya demi kemakmuran santri dan lingkungan masyarakat di sekitar pondok pesantren beliau.       

Pencapaian beliau selama ini merupakan hasil jerih payah yang beliau lakukan semasa kecil, muda dan hingga saat ini. Kesuksesan beliau tak luput dari keseriusan dan semangat beliau untuk terus belajar agar dapat menjadi orang yang mapan dan sukses, selain itu motivasi dan didikan orang tua beliau sangat mempengaruhi tingkah laku dan pola pikir beliau sehingga semangat dalam menuntut ilmu. Keluarga-keluarga beliaupun tak cuek untuk menyemangati dan mendukung beliau sehingga dapat menjad sesosok Ustadz yang di terima masyarakat.

  Semangat dalam menempuh kesuksesan, tak luput dari dukungan seorang istri yang senantiasa menemani beliau mulai dari tahun 1990 hingga saat ini di tahun 2015, dan istri terus menyemangati beliau dalam menjalani tugas-tugas serta amanah yang telah diberikan kepada beliau sehingga dapat berjalan baik sesuai rencana yang telah beliau pikirkan sebelum melaksanakannya. Ada banyak pengalaman yang telah belau raih selama ini sehingga banyak ilmu yang saya dapatkan dalam mengerjakan tugas yang di amanahkan dosen kepada saya, sehingga banyak ilmu-ilmu postif yang saya perlu atau wajib ikuti dari hasil wawancara bersama Ustadz yang saya anggap sebagai motivator sejati dalam mencapa kesuksesan saya kelak. Kesimpulan yang perlu saya paparkan disini sebagai bahan pelajaran bagi yang membacanya ialah :

·         Jangan pernah berkata lelah untuk mengejar dan mencapai kesuksesan.

·         Biaya itu bukan halangan untuk mencapai kesuksesan dalam menjalani hidup, jika ada kemauan pasti ada jalan.

·          Berakit rakit dahulu bersenang-senang kemudian. Butuh pengorbanan untuk mencapai kesuksesan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini