Rabu, 01 April 2015

Nama              : Sela Nopia Ningsih

Nim                : 1112052000014

Semester         : Enam Bimbingan dan Penyuluhan Islam

Tugas              : Metode Penelitian Kualitatif

 

Biodata

Nama               : Haeruman

Tempat Tanggal Lahir: Sukabumi, 8 November 1961

Alamat                        : jl. H mawi no 42 Kec Parung, Kab Bogor

 

Nama lengkap haeruman, biasa dipanggil dilingkungan keluarga dan saudara saudara dekat itu dengan a uman. Karena bagitu dekat dan hubungan  di dalam keluarga sehingga di panggil a uman. Sedangkan dilingkungan tempat tinggal rumah dan ditempat mengajar disekolah yaitu di Mts Sirajul Falah, dan majlis majlis ta'lim biasa di panggil ust herman. Tempat kelahirannya  di  tanah sunda yaitu sukabumi, parung kuda.  Sukabumi akan menjadi saksi di mana ia dilahirkan dan dibesarkan. Di sukabumi juga ia menjalani kehidupannya bersama dengan kedua orang tuanya, dan saudara saudaranya.

A' uman yang biasa dipanggil oleh lingkungan keluarganya, dilahirkan dari seorang ibu  yang bernama ibu sofiyah.  Ibu sofiyah juga merupakan penduduk asli sukabumi. Ibu sofiyah merupakan sosok seorang ibu yang sabar, penyayang,  lembut dan penuh kasih sayang. ibu sofiyah membesarkan anak anaknya dengan kasih sayang dan lembut.  Dalam kehidupannya sehari hari,  ibu Sofiyah sebagai ibu rumah tangga dan mengurus anak anak dan suaminya.  Selain itu juga dia aktif dalam mengikuti pengajian majlis ta'lim di majlis majlis lingkungan rumahnya.

 

 

 

Adapun ayahnya dari A' Uman atau suami dari Ibu sofiyah yaitu bernama bapak Anwar. Bapak anwar juga merupakan penduduk asli seukabumi, parung kuda.  Dalam keluarganya Ia merupakan sosok yang tanggung jawab dan sangat menyayangi keluarganya. Ia membesarkan anak anknya dengan didikan yang baik. Dan dalam selalu mengajarkan hal hal yang positive dalam keluarganya. Adapun dilingkungan sosialnya ia sangat di hormati dan disegani.

Agama:

Bidang agama,  Ia terlahir dari kedua orang tua yang beragamakan Islam. agama yang Rahmatan Lil Alamin, agama yang memberikan kedamaian bagi pemeluknya. A uman yang biasa di panggil oleh keluaranya, ia meyakini agama Islam sebagai agama yang ia anut.  Ia memiliki Pengetahuan agama islam sangat baik.  Karena ia dilahirkan dan dibesarkan dengan kasih sayang oleh kedua orang tuanya. Ia juga memiliki kedua orang tua yang taat dalam beribadah dan lingkungan keluarga yang agamis. Kedua orang tuanya selalu mengajarkan kepadanya nilai nilai keagamaan dalam kehidupan sehari hari. Sehingga ia tumbuh menjadi seorang yang taat dalam agama yang ia anut dan ia yakini.

Pengetahuan agama yang diterapkan oleh  lingkungan keluarga merupakan menjadi pondasi utama bagi seseorang dalam menjalani hidupnya.  Dan pengetahuan agama yang diterapkan di lingkungan keluarga merupakan hal yang sangat utama, ia diajarkan pengetahuan agama oleh kedua orang tuanya. Pengetahuan agama yang ia miliki dan ia dapatkan sejak kecil yaitu dari kedua orang tuanya. Sejak kecil a' uman (biasa dipanggil) sudah di ajarkan dari mulai hal hal kecil seperti bertingkah laku, do'a do'a sehari hari.

Sekolah

Sekolah adalah tempat menimba ilmu, menambah pengetahuan baik ilmu agama maupun ilmu umum. Sekolah merupakan tempat kedua setelah rumah.  Dan disekolah ia mempunyai orang tua kedua setelah orang tua kandung. disini akan dijabarkan bagaimana ia memulai sekolah dasar hingga saat ini.

Sekolah dasar ( SD)  ia bersekolah di kompas 1  yang terletak parung kuda sukabumi. Jarak sekolah dan rumah nya   terbilang jauh.  Perjalanan dari rumah sampai sekolah mencapai 1 jam perjalanan dengan berjalan kaki. Setiap pagi ia berjalan untuk pergi kesekolahnya, ia pergi sekolah dari rumah jam 06.00 sampai di sekolah jam 07.00. dan pulang pada jam 12.00.

Adapun masa masa sulit ketika ia sekolah dasar yaitu pada keuangan pembayaran sekolah. Hingga sering kali pembayarannya tersendat karena belum adanya uang. Tetapi walaupun begitu ia tak pernah putus asa, ia selalu tetap semangat dalam belajar dan ia selalu membantu kedua orang tuanya. Setelah pulang sekolah ia selalu berjualan membantu kedua orang tuanya. Pada waktu itu ia berkeliling berjualan es dan makanan ringan. Dari hasil itu ia bisa membantu kedua orang tuanya, dan ahirnya bisa sampai bersekolah sampai lulus.

Ia merupakan siswa yang berprestasi dan semangat dalam belajar. Dari kelas satu samapai kelas enam ia selalu dapat peringkat.  Dengan kegigihan dan semangat yang kuat itulah yang membuatnya kedua orang tuanya bangga terhadapnya.

Mts Sukamantri Sukabumi

Setelah ia lulus dari sekolah dasar lalu ia melanjutkan ke Madrasah Tsanawiyah (Mts)  Sukamantri  yang terletak di Sukabumi. Yang jaraknya lebih jauh dari sekolah dasar (SD).

Disekolah ini ia melanjutkan sekolahnya dan menuntut ilmu. Selama  sekolah di Mts sukamantri prestasinya semakin meningkat dan akhirnya ia mendapatkan beasiswa daris sekolah. Sehingga kedua orang tuanya merasa terbantu dengan adanya beasiswa tersebut. Dan lebih meringankan beban orang tuanya. Sehingga pada saat di sekolah sukamntri sukabumi ia tak lagi berjualan membantu kedua orang tuanya. Adapun disekolah sukamantri sukabumi ia aktif dalam kegiatan estra kurikurer pramuka.

Selama sekolah di Mts Sukamantri Sukabumi ini ia masuk pada pukul 13.00- 17.00 Wib. selain menjadi siswa sukamantri, ia juga sebagai santri di pondok pesantren darul hikam sukabumi. Di pondok pesanteren Darul Hikam itu ia belajar pengetahuan agama secara mendalam. Di pondok pesantern itu ia diajarkan tentang ajaran ajaran islam yang lebih mendalam. Pondok pesanteren sukamantri ini adalah pondok pesanteren yang salaf, yang lebih mendalam terhadap kitab kitab. Adapun masa masa sulit ketika ia berada di pondok pesantern darul Hikam ialah ia mengalamai masa masa sulit yaitu jauh dari keluarga.

Madrasah Aliyah Sukamantri

Setelah lulus Mts, ia melanjutkan kembali sekolahnya ke Madrasah Aliyah. Tetapi ia memilih meneruskan sekolah Madrasah Aliyahnya di sekolah yang sama yaitu di M adrasah Aliyah sukamantri Sukabumi. Ia mempunyai alasan yang kuat, mengapa ia meneruskan kejenjang sekolah yang lebih tinggi yaitu Madrasah Aliyah tetapi dengan sekolah yang sama, dibandingkan dengan memillih sekolah lain.

Di madrasah Aliyah Sukamantri ia telah dipercayakan  oleh pihak sekolah untuk  mengajar mata pelajaran disekolah sukamantri. Dan sekolah sukamntri jaraknya tidak terlalu jauh dengan pondok pesantren Darul Hikam.

Setelah ia lulus dari Madrasah Aliyah Sukamantri, dan ia sudah enam tahun berada di pondok pesanteren Darul Hikam. Akhirnya ia melanjutkan kuliah nya ke bandung. Itu merupakan awal dari perantauan ia. Ia sudah tidak lagi tinggal di sukabumi dan tidak lagi berada di pondok pesantren Darul Hikam. ia melanjutkan kuliahnya di Bandung selama tiga tahun. Selama tiga tahun ia tinggal di bandung dan meneruskan mendalamkan pengetahuan agamanya di pondok pesantren. Ternyata di bandung ia lebih merasakan masa masa sulit di bandingkan ketika ia duduk di sekolah dasar, Mts, dan MA.

Ternyata kehidupan diluar itu lebih sulit. masa masa sulit yang ia rasakan ialah pada biaya kehidupan sehari hari dan jauh dari orang ua dan keluarga. Tetapi ia bisa melewati masa masa sulit itu dengan usaha dan sabar menjalaninya. Hingga akhirnya ia bisa menyelesaikan masa study nya di bandung. Dan akhirnya lulus.

 Dan setelah ia lulus dari Uin Bandung, semangatnya dalam menuntut itu tidak cukup sampai disitu. Ia  meranatau kembali kebogor dan melanjutkan study nya kembali ke Universitas Bima Madani.  

Setelah menyelesaikan study nya di Bima Madani, lalu ia bertemu dengan seorang wanita lalu akhirnya ia menikah. Setelah menikah ia dikaruniai 4 orang anak. 3 anak perempuan dan satu anak laki laki.

 

Lingkungan

Lingkungan merupakan dunia social yang harus di jalani dan dihadapi. Di lingkungan juga ia bisa mengembangkan potensi dirinya dan memberikan manfaat pada sekitarnya. Dalam membangun semangat hidup yaitu dengan mensyukuri nikmat yang telah diberikan Allah SWT. Dan tidak pernah putus asa dalam melakukan sesuatu. Terbukti pada saat ia mengalami masamasa sulit ia selalu mencari jalan keluar dengan baik dalam setiap masalah yang dihadapinya. Seperti pada saat bersekolah ia mnegalami kendala di keuangan.  Tetapi tetap semangat dalam menuntut ilmu.

Membangun cita cita yaitu dengan terus berusaha, pantang menyerah, selalu dilandasi oleh niat baik dan berdoa kepada Allah. Terus berusaha dalam menuntut ilmu, dan selalu berdoa kepada Allah atas setiapa di alaminya, agar diberi kemudahan dan kesabaran.

Dalam menjaalankan strategi hidup disiplin dan rajin dalam melakukan kebaikan. Kedisiplinan memberikan nilai penting dalam mencapai suatu cita citanya. Rajin dan melakakan kebaikan merupakan memberikan jalan kesuksesan.

Pola kekerabatan

Pola kekerabatan yang dibangun sangat baik di miliki  A'Uman (biasa dipanggil), A'Uman memiliki 9 saudara kandung. ia adalah anak kedua dari 9 bersaudara, dari pasangan ibu Sofiyah dan bapak Anwar. Hubungan antara A'Uman dengan semua saudara kandunganya sangat baik dan terjalin sangat harmonis. Mereka saling membantu jika salah satu diantara mereka mengalami kesusuhan. Karena pada dasarnya mereka di besarkan dengan kasih sayang oleh kedua ornag tuanya maka terlahirlah jiwa jiwa yang saling menyayangi pada diri mereka baik pada saudara ataupun orang lain. Sehingga tidak terjadi petengkeran yang menjauhkan hubungan persaudaraan mereka.

Hubungan yang baik antara saudara kandung memiliki pengaruh yang sangat penting dalam kehidupan mereka. Karena kerkunan dalam suatu keluarga pastinya akan berpengaruh dalam menjalani kehidupan. Dan jika terjadi sesuatu yang idak diinginkan pasti meminta bantuan yang  pertama yaitu kepada keluarga/ saudara kandung.

Manusia sebagai makhluk social  saling bergantung dan membutuhkan bantuan orang lain. Tidak mungkin di jalani dengan sendiri dan tidak bisa menjalani kehidupan sendiri. Hubungan yang terajalin dengan saudara jauh juga terbilang sangat baik. Walaupun jaraknya tidak berdekatan tetapi komunikasi tetap terjaga. Dan jarak tidak menjadi hambatan dalam menjalin suatu hubungan baik.

Dengan berjalannya waktu dan berkembangnya zaman sampai pada saat ini, yaitu zaman Era Modern. Semakin bertambah pula perkembangan yang sangat pesat pada teknologi. Dengan semakin majunya teknologi tentu saja jarak tidak akan menjadi penghambat dan pemutus hubungan di antara keluarga. Begitu pula hubungan yang terjalin antara A'Uman dengan keluarga jauh selalu terjaga dengan baik.

Adapun yang menjadi penambah erat hubungan keluarga A'Uman yaitu diadakannya arisan keluarga yang diadakan setiap sebulan sekali. Yang secara bergantian diadakan pertemuan di rumah yang berbeda, tergantung dengan siapa yang akan menjadi pemenang kocokan tersebut.

Dengan diadakannya arisan keluarga, semakain baik pula hubungan diantara semuanya. Baik keluarga dekat atau jauh. Karena di arisan keluarga ini tidak hanya keluarga dekat saja tetapi keluarga jauh pula.

Sehingga pola interaksi yang dibangun tidak hanya lewat media seperti Telephon, SMS, BBM dan banyak lain lagi media yang menhubungkan interaksi, tetapi juga secara langsung, atau face to face.

Kesehatan

Kesehatan merupakan factor utama dalam menjalani aktifitas. Maka ia selalu menjaga kesehatannya dengan menjaga makan makanan yang sehat dan dibarengi dengan olahraga.ia sangat suka sekali dengan sayur sayuran, setiap hari sayur menjadi makanan wajib. Ia setiap pagi selalu berolahraga ringan yaitu dengan berlri disekitaran rumahnya. Dan dalam seminggu ia selalu berolahraga bulu tangkis.

Adapun sakit yang ia alami, tidak terlalu berat ia Pernah mengalami sakit demam, pusing, dan sakit sangat berpengaruh dalam menjalankan aktifitas sehari hari. Adapun jika ia sakit ia pergi ke rumah sakit As-Syifa.

As-Syifa merupakan suatu klinik sehat yang berada di bogor, yang telah disediakan oleh pihak sekolah untuk para guru yang mengabdikan dirinya di sekolah Mts. Sirajul Falah. \ kliniknya juga tak jauh dari sekolah Mts. Sirajul Falah.

Krisis Hidup

Krisis hidup yang pernah ia alami yaitu  ia mengahadapi krisis ekonomi yang begitu sulit. ketika ia sudah berkeluarga dan memiliki anak, tetapi ia belum mempunyai tempat tinggal yang tetap dan terpaksa ia mengontrak. Tapi karena rasa tanggung jawabnya yang tinggi dan tidak pernah putus asa, pada akhirnya ia bertekat ingin memilki sebuah rumah untuk di tempati oleh istrinya dan anak ankanya. Dengan kesabaran dan keuletannya akhirnya ia bisa melewati itu semua dan pada akhirnya memiliki sebuah tempat tinggal milik sendiri.

Adapun bakti social dirinya ia mengabdikan dirinya untuk masyaraktnya dan untuk anak didiknya. Tiga kali dalam seminggu di selalu mengisi pengajian pengajian bapak bapak. Dan ia mengabdikan dirinya kepada anak didiknya demi mencerdaskan generasi muda.

Ia mengadikan dirinya di sekolah Mts Sirajul Falah yang berada di jl. H mawi bojong indah. Ia disana mengajar mata pelajaran agama dan umum. Mata pelajaran agama seperti fiqih, b arab, Al-Qur'an Hadist. Dan mata pelajaran umum diantaranya: Bahasa sunda, Matematika, Bahasa Indonesia.

Suksesnya adalah ketika ia telah melewati semua masa masa sulit yang ia hadapi, dari mulai ia tempuh pendidikan dari sekolah dasar hingga ia menuntaskan study nya Bima Madani. Hingga akhirnya ia menikah. Dan memiliki sebuah tempat tinggal yang tetap, penghasilan yang tetap dan bisa mengabdikan diri terhadap kehidupan social.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini