Rabu, 01 April 2015

Ibu Siti Ardianti oleh RIRIH DJIKRIYAH BPI 6

Life History
Narasumber
Keluarga Ibu Siti Ardianti dan Bapak M.Fazri

Ibu Siti Ardianti tinggal di kelurahan Keranggan RT 13 / 005 kec.Setu Kota Tangerang Selatan. Ibu Siti Ardianti ini biasa di panggil dengan nama panggilan Ibu Dian. Ibu Dian tiga bersaudara ia anak ke dua dari ibu Rumsiah dan bapak Ahmad Amo. Ibu dian mempunyai dua saudara, satu kakak perempuan yang bernama ibu Lilis Malihah, dan satu adik laki-laki yang bernama Alimudin. Saudara perempuannya sudah mempunyai suami, yang bernama bapak H. Samuani. Dan adiknya yang bernama Alimudin masih melanjutkan sekolahnya di pondok pesantren Nurul Hidayah Bogor kelas 2 MTs. Ibu Dian mempunyai dua sepupu Laki-laki  dari kakaknya yang bernama Lilis Malihah. Dua sepupu laki-laki tersebut  bernama Bayu Adam dan Nauval.

Ibu dian ini mempunyai banyak saudara jauh. Beliau menyebutkan saudara jauhnya hanya yang dekat dengan beliau. Seperti ibu Rumsiti, ibu Rumsiti ini saudara dari Ibunya kandungnya beliau, dan bapak marsudin saudara dari bapak beliau. Masih banyak saudara-saudara jauh beliau.
Hubungan keluarga beliau terlihat harmonis. Beliau mempunyai keluarga yang baik. Hubungan yang baik dalam keluarga beliaupun terdapat pengaruh yang baik. Talipersaudaraan mereka trjalin sangat erat.
Ibu Dian saat iniberumur 22 tahun ia sudah menikah pada umur 20 tahun. Suaminya bernama bapak Muhammad Fajri. Sebentar lagi ia akan mempunyai anak karena ia sekarang sedang mengandung 8 bulan, anak yang dikandungnya anak pertama. Ibu dian merasa bahagia dalam hidupnya karena kehidup ia setelah menikah jauh lebih baik dari pada sebelum ia menikah. Ibu Dian merasa bahagia mempunyai suami seperti bapak Muhammad Fajri karena bapak Muhammad Fajri sangat bertanggung jawab terhadap Keluarganya. Ibu Dian mempunyai semangat yang lebih banyak karena sebentar lagi anak yang didalam kandunganya akan menghirup udara yang segar (melahirkan). Dan akan menjadi penyemangat baru dalam kehidupan rumah tangganya. Ibu Dian ini ibu rumah tangga yang ingin menjadi istri yang lebih baik lagi untuk suaminya dan sekaligus ibu yang bertanggung jawab terhadap anaknya nanti.
Ibu Dian dengan suaminya ini tinggal dalam satu rumah dengan ibu kandung beliau (ibu Dian). Kenapa beliau masih satu rumah dengan ibunya, karena ibu kandungnya sendiri belum bisa melepasnya untuk tinggal sendiri dengan suaminya, apalagi dengan keadaan ibu Dian tersebut sedang mengandung 8 bulan.
Ibu kandung dari beliaupun hanya tinggal berdua dengan bapak kandungnya, karena adik kandung ibu Dian pulang dari pondok pesantren hanya satu tahun dua kali. Jadi ibunya beliaupun kesepian jika ibu Dian tidak tinggal dengannya.
Ibu Dian ini mengikuti kata orang tuanya untuk tinggal dengan orang tuanya sendiri, suami beliaupun mengikuti dan menginjinkan ibu Dian untuk tinggal bersama orang tua Ibu Dian.
Dalam maslah agama ibu dian ini telah mengikuti agama Islam, ibu dian belajar membaca, menulis Al-qur'an (iqro) dari ia berumur 5 tahun. Dan pada umur 5 tahun juga ibu Dian belajar menghapal surat-surat pendek, bacaan-bacaan shalat, dan pelajaran agama Islam lainnya seperti akhlak . Sehing sampai saat ini ia dapat menjalankannya.
Semua keluarga ibu Dian ini beragama islam. sudah turun-menurun keluarga ibu Dian memeluk agama Islam. Agama Islam  keluarga ibu Dian ini Ahli Sunnah Waljama'ah.
Ibu Dian belajar di SDN Tunas Muda hingga 6 tahun ia lulus SD dan melanjutkannya ke sekolah MTS. Serpong  hingga 3 tahun lulus ia melanjutkannya ke SMK Pustek Tangerang Selatan sehungga lulus. Dengan semangatnya yang ia punya untuk belajar akhirnya ia  mempunyai ijazah SD, MTS dan SMK.
Beliau sekolah dasar di SDN Keranggan tepatnya dekat kelurahan keranggan. Waktu sekolah SD beliau masih anak-anak dan beliau mempunyai cita-cita menjadi guru. Setiap diberikan pertanyaan oleh guru ingin menjadi apa, beliau jawab ingin menjadi guru. Di sekolah SD beliau selalu masuk pagi jam 07:30-12:00
Setelah lulus dari SDN Keranggan beliau melanjutkan sekolahnya di MTs Serpong. Disekolah Mts serpong beliau mempunyai banyak teman dan mempunyai banyak pengalaman. Beliau mempunyai teman dekat di Mts Serpong ini sampai-sampai disangka mempunyai kembaran oleh guru dan adik kelas beliau. Dan terkadang ada yang memanggilpun salah. Beliau rasa karna sering duduk dan jalan bareng jadi orang bersangka beliau kembar dengan temannya itu. Waktu sekolah Mts kelas satu beliau masuk jam 01:00-0500 dan kelas dua dan tiga beliau masuk jam 07:39-02:30.
Setelah lulus MTs serpong beliau masuk SMK pustek Serpong, tepatnya belakang mall WTc. Waktu sekolah SMK Pustek Serpong ibu Dian mengambil jurusan Akutansi dengan temannya. Setelah lulus SMK dia di berikan pilihan oleh kedua orang tuanya untuk memilih. Pilihan itu adalah meneruskan pendidikannya (kuliah) atau bekerja. Disitulah ia merasa bosan dengan belajarnya akhirnya ia memilih untuk bekerja. Ada alasan lain yang membuat ibu dian ini tidak ingin meneruskan sekolahnya keperguruan tinggi, yaitu beliau sudah terbayang pasti akan merasakan kesulitan untuk membuat skripsi. Karena beliau merasakan kesulitan dalam membuat laporan sekolah di akhir Praktek Kerja Lapangan (PKL). Nah itulah yang membuat ibu dian ini tidak ingin meneruskannya keperguruan tinggi.
Ibi Dian ini saat melaksanakan Praktek Kerja Lapangan di tempatkan di PUSPITEK (LAGG) kota Tangerang Selatan, beliau mempunyai cita-cita ingin mejadi pekerja yang sukses. Walaupun hanya dengan ijazah SMK beliau. Beliau ingin seperti pekerja-pekerja yang ada di tempat beliau praktek menjadi PNS.
Ibu Dian ini sudah tidak mau ambil pusing dengan pelajaran-pelajaran yang beliau alami. Waktu beliau sekolah SMK dalam pikiran beliau sehabis lulus dari sekolah SMK beliau harus kerja, dan membahagiakan orang tua dengan cara bekerja.Dari segi keluarga, ibu Dian ini memang sudah mandiri dari sejak kecil walaupun ia anak kedua.
Dari sejak kecil bila ingin sesuatu harus mendapatkannya sediri. Nah disitulah setelah ia lulus SMK ia memilih bekerja. Walaupun dia diberikan pilihan untuk meneruskan pendidikannya atau bekerja, ia memilih bekerja. Karena ia sudah bosan engan pelajaran dan disisi lain itu ia memilih bekerja karena ia pun ingin segera membahagiakan kedua orang tuanya. Dan setelah ia menikah pekerjaan yang ia milikipun ditinggalkan karena ingin menjadi ibu rumah tangga saja.
Sedangkan kehidupan segi masyarakat beliau terlahir dari keluarga yang serba berkecukupan. Karena orang tuanya bekerja sebagai pembisnis. Sekarangpun setelah ia menikah dan mempunyai suami beliau merasa berkecukupan dengan pekerjaan seorang suami.
Ibu Dian ini mempunyai pengalaman kerja yang luar biasa, walaupun masa kerjanya hanya sebentar. Awal beliau bekerja itu dari sejak beliau lulus dari SMK Pustek Serpong. Beliau bekerja di PT Nobel bagian Administrasi keuangan. Tapi ibu Dian lama kelamaan bekerja di PT Nobel ini merasa jenuh dan akhirnya beliau Resent dari pekerjaannya.
Beliau sempat menjadi pengangguran setelah beliau resent dari PT Nobel tersebut. Tapi beliau tidak diam saja, beliau juga melamar pekerjaan ke PT smartfren akhirnya beliaupun diterima di PT smartfren di daerah BSD. Di PT Smartfren ini beliau hanya kerja kontrak, setelah kontrak beliau habis beliau harus keluar dari PT Smartfren. Ibu dian bekerja di PT smartfren mendapat bagian produksi.
Setelah beliau habis kontrak dari PT.Smartfren beliaupun langsung melamar pekerjaan ke PT. ecensial di daerah tekno BSD. Beliau dipanggil interview dan akhirnya beliau diterima di PT.Ecensial tersebut. Di PT inipun beliau mendapatkan bagian produksi.
Beliau ini mempunyai jia berani, dengan siapapun beliau berintraksi beliau selalu memulainya terlebih dahulu. Beliau ini tidak pernah berpengaruh dengan apa yang orang lain lakukan dan bicarakan.
Ibu dian ini orangnya sulit untuk mempercayai orang lain walaupun beliau sudah mengenal orang itu sejak lama, apalagi orang yang baru beliau kenal. Beliau ini tidak pernah berpengaruh oleh siapapun, beliau hanya mengikuti kata hati sendiri.
Beliau juga memiliki teman di lingkungan rumah, disekolah, dan tempat kerja. Beliau ini mempunyai banyak teman di rumah, teman di lingkungan rumah sudah beliau anggap sahabatnya sendiri, sebab beliau sudah berteman dari beliau kecil.
Teman rumahnya ini bernama Pipit, Aminah, Mislawati dan habibah ini yang dia anggap sahabat. Masih banyak yang lainnya teman dirumah hanya saja beliau menganggapnya teman biasa. Dari salah satu sahabatnya ini memang ibu Dian terkadang kebingungan karena sering menimbulkan kecemburuan. Terkadang ibu Dian sendiri sulit untuk menjelaskannya kepada sahabat-sahabatnya jika sedang mempunyai masalah. Karena mereka masing-masing ingin dipahami dan dimengerti. Dari ke empat sahabatnya ini yang belum menikah itu Habibah dan mislawati.
Ibu Dian mempunyai teman sekolah juga yaitu Rohynati dan yang lainnya salah satunya Rohyanti. Rohyanti ini teman beliau dari sejak SD, MTs dan SMK. Beliau dengan ibu yanti ini dari sekolah SD-SMK selalu sama sekolahnya,bahkan di SMK yang sekolah kejuruan aja beliau dengan Rohyanti ini mengambil jurusan yang sama yaitu Akuntansi. Terkadang ibu Dian salah paham dengan sifat Rohyanti ini,yng suka tiba-tiba diam.
Ibu Dian juga mempunyai teman ditempat kerjanya, teman yang berbea. Karena ibu Dian ini tidak hanya satu pekerjaan yang beliau rasakan tetapi banyak. Setiap beliau pindah kerja beliau harus beradaptasi ulang dengan teman barunya.
Pola intraksi yang beliau lakukan dengan teman-teman beliau walaupun jauh dari rumah beliau, beliau masih bisa menggunakan sms, telpon, media sosial seperti facebook, bbm, dan yang lainnya. Sehingga intraksi beliau dengan teman-teman yang manapun tidak terputus.
Kesehatan adalah faktor yang sangat penting dalam hidupnya. Maka beliau harus menjaga kondisi badannya apalagi sekarang beliau sedang mengandung. Beliau memiliki penyakit mag dari sejak MTs. beliau tidak memiliki penyakit lian selain penyakit mag. Tapi penyakit mag beliau ini sangat berpengaruh dengan kodisi kesehatan badannya. Setiap beliau telat makan beliau merasa lemas dan berkeringat dingin, kepala pusing, dan beliau sering disaat beliau merasakan sakit mag, beliau kerasukan (kesurupan).
Kerasukan makhluk halus yang beliau rasakan ini, beliau merasa pikiran hilang dan kosong dan beliau merasa lemas,pusing dan lainnya. Beliau ini jangan sampai telat makan, jika beliau telat makan pikiran beliau kosong pasti beliau akan kerasukan.
Dijaman yang modern dan serba canggih ini ibu Dianpun mengalami krisis hidupnya. Dalam Ekonomi beliau dijaman sekarang beliau dan keluarganya merasakan bagaimana hidup kekurangan ekonomi. Saat bergantinya tahun dari 2014-2015 sekarang keluarga beliau meraskan krisis Ekonomi. Seperti orang tuanya yang pembisnis yang selalu berkecukupan tetapi dijman ini beliau sangat merasakan kekurangan.
Disitulah keluarga ibu Dian mengartikan hidup. Hidup itu tidak selalu berada di atas tetapi suatu saat nanti semua orang akan merasakan hidup dibawah dan sebaliknya.
Semua orang pasti memerlukan bantuan satu sama lainnya. Ibu Dian ini pernah merasakan betapa sulitnya meminta bantuan orang lain, disaat waktu beliau kesusahan untuk meminta antar ke Dokter Kandungan. Beliau bingung meminta bantuan siapa waktu itu, akhirnya beliau menemukan pertolongan itu dari temannya. Disitulah beliau sadar bahwa teman itu segalanya.
Beliau merasa hidupnya sukses bukan karena beliau mempunyai harta banyak, mobil mewah dan rumah mewah. Tetapi kesuksesan yang beliau dapat dari dirinya adalah karena beliau memiliki keluarga yang sangat harmonis dan rukun. Mempunyai teman dan rukun dengan masyarakat lainnya. Dan beliau memiliki suami yang baik yang bisa menjadi pemimpin yang baik untuk beliau dan anak-anaknya nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini