Selasa, 19 Mei 2015

MISTERI TOL CIPULARANG Oleh Rizka Hayatun Nisa

Nama               : Rizka Hayatun Nisa
NIM                : 1112052000026
Jurusan/Smt.    : BPI/Semester VI

MISTERI TOL CIPULARANG
A.    Kisah Mistis yang Dipercaya
Tol Cipularang merupakan sebuah jalur tol terpanjang di Indonesia. Nama Cipularang diambil dari akronim jalur tol yang merupakan rute daerahnya, yaitu Cikampek-Purwakarta-Padalarang. Di atas lintasan tol terpanjang di Indonesia ini, sejumlah tragedi kecelakaan seringkali terjadi. Salah satu kejadian yang paling booming adalah sebuah kecelakaan yang menimpa artis dangdut Saiful Jamil bersama istrinya, Virginia, hingga sang istri tak dapat tertolong nyawanya. Kisah tersebut hanyalah salah satu dari sekian kisah kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang.
Karena begitu banyaknya kejadian kecelakaan di Tol tersebut, masyarakat sekitar mengaitkannya dengan hal mistis. Salah satu hal mistis yang dipercaya adalah bahwa karena pada sekitar tol ini terdapat Gunung Hejo yang mana di gunung tersebut terdapat makhluk gaib dan biasa dijadikan banyak orang untuk meminta kekayaan. Letak Gunung Hejo adalah tepat di samping tol yang mana di titik tersebut kerapkali kecelakaan terjadi.
Kisah mengenai kepercayaan mistis akan Tol Cipularang tersebut saya dapat dari seorang narasumber yang bernama Rinrin Sri Annisa, seorang mahasiswi Fakultas Syariah dan Hukum semester 6 yang kini berusia 20 tahun. Ia mengetahui kisah tersebut dikarenakan tempat tinggalnya berada di daerah Jawa Barat, tepatnya di Kabupaten Majalengka. Kisah mengenai Tol Cipularang bukanlah sesuatu yang asing bagi warga Jawa Barat, apalagi bagi mahasiswi asal Jawa Barat yang kini tinggal di sebuah kost daerah Pesanggrahan, Ciputat. Perjalanannya dari kampung halaman ke Ciputat tentu melewati jalur Tol Cipularang sehingga ia begitu kenal akan kepercayaan mistis tersebut.
B.     Analisis Logis Misteri Tol Cipularang
Kisah mistis yang dikaitkan dengan kejadian setiap kecelakaan yang terjadi di Tol Cipularang telah dipercaya masyarakat secara luas. Namun kecelakaan yang kerap kali terjadi sebetulnya dapat dianalisis secara logis tanpa berbau mistis.
Tol Cipularang yang memiliki panjang 166 km berada di daerah pegunungan sehingga jalannya berkelok-kelok dan naik-turun. Dengan medan yang naik-turun serta berkelok-kelok, serta panjang tol yang mencapai 166 km ini tentu dapat menyebabkan pengemudi kendaraan merasa kelelahan. Kondisi seperti demikian dapat menyebabkan mengantuk bahkan berhalusinasi. Karena hal tersebut, kecelakaan mungkin dapat terjadi apabila pengemudi tidak konsentrasi dan berhati-hati melewati jalur Tol Cipularang. Titik area tol yang berada di sekitar Gunung Hejo apabila ditarik dari Cikampek dan titik akhirnya adalah Padalarang merupakan titik tempuh yang sudah cukup jauh dan melelahkan pengemudi karena lintasannya yang berkelok-kelok dan naik-turun. Itulah sebabnya di area Gunung Hejo tersebut sering terjadi kecelakaan yang dialami pengemudi yang mungkin sudah tidak fit dan konsentrasi.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini