Selasa, 19 Mei 2015

Kisah Mistis Talaga Bodas Garut oleh Hisan Harir Ridho

Nama : Hisan Harir Ridho
Nim : 1112052000033
Kelas : BPI 6 

Kisah mistis Talaga Bodas Garut
Diambil dari kisah nyata seorang mahasiswa 

Kawah putih di Bandung salah satu objek wisata yang cukup terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun asing. Ternyata di Garut pun ada objek wisata serupa, namanya Talaga Bodas, sangat indah dan ada tempat mandi untuk menyembuhkan sebagian penyakit. 

Ada cerita yang aneh dari seorang mahasiswa asli Garut yang berkemah dan bermalam disana tahun lalu. Karena memang tempat itu sudah sering dikunjungi untuk dijadikan tempat kemah. 

Dia sudah dua kali pergi hiking dan berkemah ke Talago Bodas. Pengalaman pertama kali kesana dia pergi dengan enam orang temannya yang sudah berpengalaman hiking tidak menemukan cerita mistis, tetapi dia sadar dengan cerita mistis ketika perjalan kedua kalinya kesana.

Perjalanan pertama dia dengan teman- temannya enam orang sampe ke lokasi perkemahan dengan lancar. Ketika sampai lokasi perkemahan sangat ramai dengan orang- orang yang berkemah juga.

Untuk kedua kalinya dia berangkat dengan dua orang temannya yang sama sekali belum pernah naik gunung bahkan berkemah. Dengan modal ingatan perjalanan sebelumnya ke talaga bodas, dia dan temannya nekad untuk berkemah kembali di talaga bodas. 

Di tengah perjalanan ketika melewati jalanan turunan yang sekelilingnya pohon besar yang sudah tua, semua obor mereka mendadak mati dan dia seketika menarik temannya karena panik. Teman- temannya pun ikut panik. Sesampainya di tempat perkemahan mereka kaget tidak orang satupun kecuali mereka. 

Dia baru sadar perjalanan pertama pun obornya mati mendadak di tempat yang sama. Mereka langsung dirikan tenda dan berlindung di dalam tenda hingga pagi tiba ada kelompok lain yang baru datang untuk berkemah. Mereka langsung menceritakan pengalaman mistisnya dan ternyata orang yang baru datang itu juga mengalami hal serupa yang dialaminya.

Pantas saja dia heran ketika membeli obor bambu di desa setempat orang desa menganjurkan kita untuk hati- hati mereka pun menggelengkan kepala karena terlalu nekad. 

Itulah pengalaman mistis yang dialaminya ketika perjalan kedua kalinya ke Talaga Bodas Garut. 


Analisis rasional kisah mistis Talaga Bodas Garut

Talaga bodas sekilas terlihat angker ketika sore menuju malam hari. Masyarakat sekitarpun menganggap angker tempat itu. Kisah diatas sebagai salah satu kasus yang dianggap ada hal yang janggal diluar logika manusia. Karena ada posisi dimana sebuah obor mati medadak walaupun belum kehabisan bahan bakar ataupun 

Tetapi secara rasional mungkin obor yang mati di jalan menurun menuju lokasi kemah itu hanya tiupan angin yang meniup pohon besar sekitar sehingga obor pun mati mendadak karena terhembus hempasan angin yang terkena pohon di sekitar. 


Narasumber
Hamdan Ramdani (24 tahun) 
Salah satu ketua komunitas pecinta alam di Garut
Alumni S1 pendidikan Biologi STKIP Garut

Sumber lain

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini