Senin, 12 Oktober 2015

Sulistyowati _Jurnalistik 1A_Keluarga Besarku_tugas4

Nama               : Sulistyowati

Jurusan            : Jurnalistik 1A

Mata Kuliah    :Sosiologi

 

Keluarga Besarku

A.Asal Usul

            Sebelum saya membahas tetang keluarga besar saya, saya akan mendefinisikan arti kata keluarga itu sendiri. "Apa keluarga itu?"

Kata  keluarga  berasal dari bahasa Sanskerta yaitu "kulawarga";"ras" dan "warga" yang berartikan "anggota". Tetapi menurut istilah keluarga adalah lingkungan yang terdapat beberapa orang yang masih memiliki hubungan darah.

Kelurga juga adalah kelompok social terdiri dari sejumlah individu,yang memiliki hubungan antar individu,terdapat ikatan,kewajiban,tanggung jawab diantara individu tersebut.

 

            Mengenai pembahasan tentang keluarga,setiap manusia pun pasti mempunyai kelurga,mempunyai garis keturunannya masing-masing.Kali ini saya akan mengajak anda untuk mengenal keluarga saya. Saya lahir dari keturunan suku Jawa, saya asli jawa. Dari nama Jawa nya saja anda pasti mengetahui dari mana asal "Bapak" dan "Emak" saya.

Bapak dan emak saya berasal dari jawa ,begitu pula garis keturunan saya yang saya samapai saat ini telah ketahui ,semuanya berasal dari Pulau Jawa. Dikeluarga saya, kata "bapak" dan "emak" sebagai kata panggilan untuk ayah dan ibu.Mungkin memang adatnya yang sudah begitu sejak dahulu.Saya anak pertama dari tiga bersaudara . Kali ini saya akan membahas tentang keluarga besar dari bapak saya.Bapak saya berasal dari Solo,bapak saya anak kelima dari delapan bersaudara.Dahulu kala mbah buyut saya adalah kepala desa,orang terpandang didesa. Dan nenekpun menikah dengan kakek .Menurut cerita yang saya simak dari bapak,dulu rumah yang kakek saya huni tempat dimana singgah para prajurit jepang beristirahat. Kini nenek saya telah wafat,dan kakek diumurnya yang ke 75,beliau masih kokoh berdiri ,berjuang demi anak dan cucunya,mengharumkan nama kelurga besar,dan sering saya melihat beliau masih semangat untuk membantu anak-anaknya mengurus perkebunan mereka.

           

            Kini saya mulai menjelaskan tentang asal usul keluarga dari emak saya.Emak berasal dari Banjarnegara begitupula tempat kelahiran saya.Emak anak ketiga dari lima bersaudara.Nenenk saya "Mbah Putri" hingga kini masih sehat dan menjalani rutinitas seperti biasanya,sedangkan kakek saya "Mbah Kakung" telah wafat sejak saya menginjak kelas satu SMP.Keluarga besar dari emak ,empat diantaranya memilih untung tinggal berdekatan dengan rumah nenek saya.Hanya emak yang merantau.

B.Jaringan Sosial

            Jaringan menurut saya adalah suatu keterkaitan atau hubungan antara seseorang dengan yang lainnya,contohnya dalam segi ekonomi.

Dalam bidang ekonomi,dari keluarga bapak saya yaitu bekerja dalam satu bidang yang mengenai tentang minyak bumi,tetapi berbeda-beda tempatnya.Ada pula yang membantu mengurusi persawahan diJawa milik bapak dan adik-adik bapak yang merantau .

Dalam bidang ekonomi dari keluarga emak saya yaitu berdagang .Mulai dari bahan sembako dan lain-lain, semua adik dan kakak emak bekerja sebagai berwira swasta sebagai pedagang.

 

C.Nilai-Nilai dan Sistem Sosial Budaya Yang Dipergunakan Dalam Keluarga.

Sistem adalah menggabungkan, untuk mendirikan, untuk menempatkan bersama.

Sosial menurut Lena Dominelli adalah bagian yang tidak utuh dari sebuah hubungan manusia sehingga membutuhkan pemakluman atas hal-hal yang bersifat rapuh didalamnya.

Edward B. Tylor berpendapat bahwa kebudayaan adalah keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya termuat  kepercayaan, pengetahuan, kesenian, moral, adat istiadat, hukum, dan kemampuan-kemampuan lain yang diperoleh seseorang sebagai bagian dari masyarakat

Sistem budaya merupakan ide dan gagasan manusia yang hidup bermasyarakat.

Dalam hal ini saya akan menjelaskan budaya apa saja yang ada di keluarga besar saya,baik dari bapak ataupun emak. Budaya yang melekat pada keluarga besar bapak saya yaitu saya sering alami ketika ziarah ke makam nenek saya berserta buyut-buyut saya yaitu berziarah dimalam hari tepatnya ketika sehabis azan maghrib. Setiap tahun ,setiap berziarah pasti waktu nya sehabis azan maghrib.Menurut bapak saya,memang itu sudah adat turun menurun.

Berbeda dengan adat dari emak saya ,yaitu memasang seperti pagi,daun jagung bahkan janur kuning yang sudah dibentuk seperti ketupat di loteng rumah.Menurut nenek saya itu sudah menjadi adat,dan guna untuk kemakmuran bersama serta kesuburan sawah .

 

 

 

  • Telah selesai hasil penelitian dan tertulis sebagai "Keluarga Besarku"

  • Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatf

  • Penelitian ini didapatkan dari informasi dari keluarga serta wawancara penulis dengan keluarga besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini