Senin, 12 Oktober 2015

Maulana Abdul Zhaki - KPI 1B - Keluarga Besarku - Tugas5

KELUARGA BESARKU

 

 

1.      ASAL USUL

 

Secara struktural, keluarga didefinisikan berdasarkan kehadiran dan ketidakhadiran anggota keluarga, seperti orang tua, anak, dan kerabat lainnya. Secara fungsional keluarga didefinisikan dengan penekanan pada terpenuhinya tugas- tugas dan fungsi-fungsi psikososial. Fungsi-fungsi tersebut berupa perawatan, sosialisasi pada anak, dukungan emosi dan materi, dan pemenuhan peran-peran tertentu. Secara interaksional, keluarga didefinisikan sebagai kelompok yang mengembangkan keintiman melalui perilaku-perilaku yang memunculkan rasa identitas sebagai keluarga (family identity), berupa ikatan emosi, pengalaman historis, maupun cita-cita masa depan.

Nama saya Maulana Abdul Zhaki, saya adalah anak kelima dari enam bersaudara dan keluarga saya seluruhnya adalah orang Islam. Ayah saya bernama Bonin dan ibu saya bernama Rosidah. Mereka saling mengenal sejak kecil karena rumah mereka berdekatan hanya berbeda RT saja. Ibu saya adalah anak pertama dari pasangan Nurhasan dan Sa'ana yaitu kakek dan nenek saya. Sementara ayah saya adalah anak terakhir dari pasangan Ma'in dan Enon. Saya memiliki sepupu laki-laki dari keluarga ayah saya yang bernama Aden dan Iqbal, dan mereka tergabung dalam satu band.

Kedua kakek dan nenek saya baik dari ibu ataupun dari ayah semuanya telah wafat beberapa tahun silam. Saya adalah cucu kelima dari keluarga ibu saya sedangkan dari keluarga ayah saya, saya adalah cucu ke-16. Keluarga dari ayah saya adalah betawi asli dan keluarga dari ibu saya juga betawi, saya terlahir sebagai orang betawi asli. Jadi kami tidak pernah merasakan apa itu mudik saat hari raya karena kami tidak punya kampung, kampung kami yaitu disini, di Jakarta.

 

 

2.      JARINGAN SOSIAL

 

Jaringan sosial adalah sebuah pola koneksi dalam hubungan sosial individu, kelompok dan berbagai bentuk kolektif lain. Hubungan ini bisa berupa interpersonal atau bisa juga bersifat ekonomi, politik atau hubungan sosial yang lain. Analisis jaringan sosial adalah sebuah metode matematis untuk mendeskripsikan struktur-struktur yang dihasilkan oleh jaringan sosial. Sementara analisis itu memainkan peran penting dalam pengembangan teori tentang jaringan sosial, analisis jaringan sosial itu sendiri adalah sebuah metode bukan sebuah teori.

Jaringan sosial dalam keluarga besar saya itu cukup baik, contohnya dari keluarga besar ayah. Disaat Aden dan Iqbal manggung bersama band mereka dalam suatu acara atau festival, tak sedikit dari keluarga ayah saya yang menyempatkan untuk menonton mereka dan member dukungan atau support. Dan disitu saya bisa bertemu dengan saudara saya lainnya dan bisa bersilaturahmi bersama mereka. Sedangkan dari keluarga besar ibu saya itu sering sekali berkumpul dirumah saya. Berhubung  ibu saya adalah anak tertua dari kakek nenek saya, jadi merekalah yang mengunjungi rumah saya untuk bersilaturahmi. Walaupun tidak sedang mengadakan acara tertentu, mereka tetap silaturahmi kerumah saya, biasanya setiap malam minggu rumah saya itu ramai dengan saudara-saudara dari keluarga ibu saya sedang berkumpul dan bersilaturahmi. Kami pun mempunyai sebuah grup di media sosial yaitu BBM, agar saling mengenal satu sama lain dan lebih akrab saat bertemu.

 

 

3.      NILAI-NILAI DAN SISTEM SOSIAL BUDAYA YANG DIPERGUNAKAN DIDALAM KELUARGA

 

Nilai-nilai sosial atau budaya di dalam keluarga saya tidak berpengaruh besar dalam bersikap dan berprilaku. Orang betawi itu identik dengan gaya berbicaranya yang frontal dan apa adanya atau bisa disebut blak-blakan. Kami pun seperti itu, tidak ada nilai-nilai sosial atau budaya yang benar benar mengatur setiap tingkah laku dan sikap kami. Tetapi bukan berarti kami tidak memiliki sopan santun dalam berprilaku, kami selalu berpatokan pada ajaran-ajaran Al-Qur'an dan Hadist. Selain itu orang tua saya selalu mengajarkan tentang baik buruknya sebuah perbuatan. Jadi semua prilaku dan sikap saya terbentuk karena ajaran Islam dan kebiasaan-kebiasaan yang sering orang tua saya ajarkan. Namun ada beberapa hal penting yang tak boleh ditinggalkan seperti berbicara sopan kepada orang yang lebih tua, tidak melawan orang tua dan hal-hal dasar lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini