Senin, 12 Oktober 2015

KELUARGA BESAR KU_TUGAS 5_IDA KURNIA DEWI_KPI 1B

KELUARGA BESAR KU
1.      ASAL USUL
Keluarga merupaka unit terkecil dari masyarakat yang terdiri dari kepala keluarga dan orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah satu atap dalam keadaan saling ketergantungan.Lingkungan keluarga yang kondusif menentukan optimalisasi perkembangan pribadi ,penyesuaian diri ,kemampuan bersosialisasi, kecerdasan ,kreativitas ,moral ,juga peningkatan kapasitas diri menuju batas-batas kebaikan dan kesempurnaan dalam ukuran kemanusiaan.
Karena pada dasarnya manusia itu memiliki potensi yang positif untuk berkembang akan tetapi potensi itu bisa teraktualisasikan atau tidak,sangat ditentukan oleh peran pendidikan dalam keluarga.Salah satu teori yang melandasi studi keluarga diantaranya adalah Teori Struktural- fungsional/ Teori Sistem.Pendekatan teori sosiologi struktural-fungsional biasa digunakan oleh Spencer dan Durkheim yang menyangkut struktur (aturan pola sosial) dan fungsinya dalam masyarakat dan pada kehidupan sosial secara total.
Saya anak kedua dari 4 bersaudara . kami 4 bersaudara dan perempuan semua. Pertama saya akan menceritakan sedikit tentang keluarga besar saya dari ayah. Ayah saya anak ke 9 dari 11 bersaudara tetapi 2 saudaranya sudah meninggal dunia ketika masih kecil. Dan ke Sembilan saudara nya masih ada sampai sekarang termasuk ayah saya. Sekilas cerita kakek dan nenek saya asli orang solo tetapi mereka sudah pindah atau merantau kejakarta sejak mereka beranjak dewasa dan meninggalkan keluarganya. Tetapi untuk saat ini saya sudah tidak memiliki keluarga di solo karena sudah pindah ke jakarta semua. Kakak pertama ayah saya seorang sekertaris di sebuah perusahaan ternama diindonesia, kaka kedua seorang mantan pegawai bank Negara, kakak ketiga seorang polisi, kakak keempat seorang dosen, kakak kelima seorang pegawai swasta, kakak keenam seorang pegawai swasta juga , adik dibawah ayah saya seorang pegawai bank Negara dan anak adik terakhir ayah saya seorang insinyur, dan selanjutnya ayah saya seorang pegawai swasta disalah satu perusahaan ternama diindonesia. Dari semua keluarga tersebut mereka memiliki anak yang bisa dikatakan sepupu saya . saya memiliki banyak saudara sepupu dari berbagai umur dan pendidikan . sepupu yang sepantaran dengan saya mereka ada yang kuliah di universitas diponogoro, mercubuana, bina nusantara, dan saya sendiri di uin jkaarta . kakak kandung saya kuliah di sekolah tinggi ilmu kesehatan pertamina, dan sekarang beliau sedang menyusun skripsinya. Kedua adik saya masih adanya yang sekolah kelas 6 dan masih ada yang tk B . selanjutnya yang kedua adalah keluarga ibu saya. Saya tidak bisa menceritakan semua karena ibu saya memiliki banyak sekali saudara . tetapi saudara kandung ada 3 orang dan ibu saya adalah anak yang pertama. Ibu saya seorang ibu rumah tangga . adik kedua dari ibu saya yang melainkan tante saya sudah meninngal dunia pada tahun 2004 dan adik ketiga ibu saya sekarang bekerja di bank swasta. Nenek saya tinggal dengan adik sepupu saya dan adiknya nenek saya. Sekarang ini saya hanya memiliki seorang nenek yang tersisa . dari keluarga ibu saya , saya memiliki banyak sekali sepupu tetapi yang paling dekat ada 2 yang masih bersekolah kelas 2 SMA dan satu lagi masih balita. Itulah sedikit cerita yang bisa saya ceritakan .
2.      JARINGAN SOSIAL
Beda hal nya antara kedua keluarga dari ayah maupun ibu saya . kalau dari keluarga ayah saya mayoritas mereka bekerja diperkantoran jikalau ada yang berbisnis pasti itu para istirnya yaitu berjulan. Berjualan disekitar sekolah atau perumahannya . dimulai dari jualan baju maupun perlengkapan rumah . ada juga yang memiliki salon atau rias pengantin tetapi ada di daerah cilegon pusatnya dan dia juga buka dirumahnya . kalau dari keluarga ibu saya rmayoritas mereka memang berjualan dimulai dari jual beli tanah, membuka took atau butik, toko furniture,  bekerja diluar negeri tetapi bukan sebagai WNI melainkan duta besar atau cabang dari bank ternama dan ada juga yang mempunyai usaha took keperluan rumah tangga sehari-hari. Berbagai macam jaringan social yang keluarga besar saya miliki baik dari keluarga ayah saya maupun dari keluarga ibu saya .

3.      NILAI – NILAI DAN SISTEM SOSIAL BUDAYA YANG DIPERGUNAKAN DIDALAM KELUARGA
Diantara dua keluarga besar saya ini memiliki sedikit perbedaan dalam nilai – nilai dan system social. Jika dari keluarga ayah saya mereka perbendapat bahwa keturunannya bebas menikah dengan orang yang dari daerah luar jawa maupun dalam jawa. Asalkan mereka bisa bertanggung jawab dengan kehidupan kita . jika dari kelurga ibu saya sebenarnya merekaa tidak bermasalah juga tapi kata nenek moyang saya, kita orang betawi tidak diperbolehkan menikah dengan pria orang sebereang seperti orang padang. Karena keluarga saya dari ibu adalah orang betawi asli . tapi balik lagi dengan yang maha kuasa karena jodoh ditangan tuhan . meskipun manusia bisa merubah takdir mereka tapi beda halnya dengan takdir tuhan yaitu jodoh.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini