Senin, 12 Oktober 2015

Ryan Andrian Sirait (KPI 1 A) - Keluarga Besarku - Tugas 5


Nama              : Ryan Andrian Sirait (KPI 1 A)

NIM                 : 11150510000032

Matkul             : Pengantar Sosiologi




KELUARGA BESARKU

Asal Usul

Asal usul keluarga besar saya, nama saya Ryan Andrian Sirait, ayah saya bernama Sokman Jauhari Sirait dan ibu saya bernama Mulyati Novita. Saya adalah anak ketiga dari 5 bersaudara, anak pertama dari ayah dan ibu saya bernama Maya Novita Sari Sirait lalu anak kedua bernama Sovie Safitri Sirait, anak ketiga yaitu saya sendiri dan anak keempat bernama Fariza Favian Sirait dan anak bungsu dari ayah dan ibu saya yaitu Rafa Hasbiansyah Rizki Sirait.

Ayah saya yang berasal dari suku Batak dan mewariskan marga kepada anak-anaknya termasuk saya, marganya adalah Sirait. Ayah saya dilahirkan di medan oleh nenek saya yang bernama Sa'adah Harahap dan mempunyai ayah yang bernama Nulung Sirait. Ayah saya adalah anak bungsu dari 3 bersaudara. 2 orang kakanya perempuan, yang pertama bernama Ani Sirait dan yang kedua bernama Wati Sirait.
Sedangkan ibu saya yang berasal dari suku Betawi memiliki yang saudara sangat banyak. Kakek dari i bu saya bernama Usman dan nenek dari ibu saya bernama Nasri. Ibu saya adalah anak kedua dari 7 bersaudara, kakanya bernama Jamal, lalu adik pertamanya bernama Jaya setelah itu adik ketiganya bernama Suheti setelah itu ada Suryani dan adik terakhir dari ibu saya bernama Wawan Septian.
                                         KELUARGA SAYA


Jaringan Sosial

Jaringan sosial didalam keluarga besar ayah dan ibu saya yaitu kebanyakan berwirausaha, mulai dari supplier ikan, membuat restoran, dan lain-lain . kali ini saya akan menjelaskan jaringan sosial yang ada pada keluarga saya saja. keluarga saya yang menjadi supplier ikan Mas sejak tahun -+2000. Jaringan sosial usaha keluarga saya yaitu keluarga bapak Ateng yang menjadi distributor usaha keluarga saya ini. Sejak tahun 2000 saat ayah saya membuka usaha ini bapak Ateng lah yang menjadi partner usaha ini. Bapak Ateng sendiri adalah berasal dari kota Sukabumi lebih tepatnya di daerah Cirata. Sampai sekarang menjadi supplier ikan masih tetap digeluti oleh keluraga saya.

Nilai-nilai dan Sistem Sosial Budaya yang Dipergunakan dalam Keluarga

Ayah saya yang berasal dari suku Batak dan ibu saya yang berasal dari suku Betawi dan keduanya yang masih kental pada sukunya. Didalam keluarga besar saya pada saat ada acara-acara seperti pernikahan, khitanan ataupun dikehidupan sehari-hari pada saat dirumah sering kali mencampurkan budaya dari suku keduanya. Sebagai contoh ketika acara pernikahan, design acaranya memakai suku betawi tetapi cara akad nikahnya memakai cara suku batak. Jadi walaupun budaya-budaya suku dari ayah dan ibu saya berbeda justru itu membuat suasana dirumah keluarga saya menjadi berwarna dan lebih harmonis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini