Rabu, 23 Maret 2016

M Fadlil H_Penelitian Lembaga Dakwah Madrasah Darus-Sunnah_tugas 2

Nama   : Muhamad Fadlil Hidayat

Nim     : 11140530000066

Kelas   : MD IV A

 

MADRASAH DARUS-SUNNAH

(6 Tahun Setingkat Tsanawiyah & Aliyah)

 

Sebelumnya penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada pak Tantan khususnya selaku dosen pengampu "Metodelogi Penelitian Dakwah" yang telah memberikan kesempetan kepada penulis untuk menganalisis MADRASAH DARUS-SUNNAH sebagai objek lembaga dakwah, umumnya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam penyelesaian tugas ini. Adapun laporan yang dapat penulis buat, sebagai berikut :

 Pondok MADRASAH DARUS-SUNNAH adalah pondok pesantren setara tsanawiyah-aliyah yang memfokuskan pengajarannya dengan pengkajian kitab kuning. MADRASAH DARUS-SUNNAH terletak di belakang fakultas kedokteran dan ilmu kesehatan UIN syarif hidayatullah lebih tepatnya berada di jl sd inpres no. 11 pisangan barat. Dikepalai oleh Al-ustadz A. Ubaydi Hasbillah, LC,MA dibawah asuhan Prof. Dr. KH. Ali Mustafa Yaqub, MA

 Berdirinya pondok MADRASAH DARUS-SUNNAH ini dilatar belakangi dengan rasa perihatinnyadengan pengkajian kitab kuning di berbagai banyak pesantren, sebagaimana penelitian yang dilakukan oleh Balitbang Kementrian Agama Republik Indonesia tentang urgensi pondok pesantren menunjukan bahwa kualitas pengajian kitab kuning di banyak pesantren semakin merosot. Sekarang juga banyak pesantren yang tidak lagi membuka Madrasah Tsanawiyah dan Aliyah. Melainkan sekolah menengah umum kejuruan. Apabila keadaan ini dibiarkan, maka suat saat di Indonesia tidak ada lagi ulama. Saat itulah kehanacuran islam di Indonesia datang.

Selain itu, berbekal berbekal pengalaman 17 tahun mengelola Darus-Sunnah Institute For Hadith Sciences yang memfokuskan kepada pengkajian kitab kuning, Yayasan Wakaf Darus-Sunnah mulai tahun ajaran 1435-1436 H/2014-2015 M membuka MADRASAH DARUS-SUNNAH ditempuh selama 6 tahun (setingkat Tsanawiyah-Aliyah). Adapun visi dan misi  didirikannya MADRASAH DARUS-SUNNAH ini untuk mengkader ulama sejak usia dini, mengkader ulama yang mengusai ilmu-ilmu agama islam, menguasai kitab kuning, berakhlak mulia, dan memiliki semangat untuk berdakwah, menyelenggarakan pendidikan yang syamil (holistik) di sekolah dan peesantren selama enam tahun berbasis teori dan praktik.

MADRASAH DARUS-SUNNAH memiliki kekhasan tersendiri dalam mendidik dan mengajarkan kepada para santrinya, kekhasan tersebut : Intergrated Curriculum (pendidikan terintegritas) : pembelajaran diberikan secara holistik, berkaitan, dan berkesinambungan di Madrasah (sekolah) dan di asrama (pesantren), Habitual Curriculum (pembiasaan nilai-nilai) : santri diajarkan materi ajar yang bersifat teoritik dan praktik untuk kemudian dibiasakan mengamalkan ajaran islam dalam kehidupan sehari-harinya, Active Learning (partisipatif/sorogan) : santri dilibatkan dalam proses pembelajaran dan penamaan nilai, Multiple Intelligences : santri ditumbuh kembangkan potensi kecerdasannya, Life Skills and Vocational Action : santri dibekali keterampilan dan keahlian yang kompetitif, Billingual : santri mampu berkomunikasi dan berkarya dalam bahasa Arab dan Inggris.

Materi yang diajarkan kepada santrinya yaitu : Pendidikan Agama Berbasis Kitab Kuning seperti Al-qur'an (tafsir, tajwid, tahfidz dan nagham). Hadis dan ilmu hadis (tahfidz hadis, musthalah, takhrij, dan fahmul hadis). Akidah (ahlusunnah wal jamaah). Akhlak. Fikih (fikih madzhab, fikih uqaran, ushul fiqh, dan qawaid fiqhiyyah). Ilmu bahasa Arab (nahwu, sharaf, balaghah) dan menghafal beberapa kitab kuning. Sirah nabawiyyah (tarikh islam dan sejarah). Praktik ibadah dan dakwah. Pend. Agama Berbasis Sains dan Teknologi (Kurikulum Nasional). Pendidikan Berbahasa Asing(Arab dan Inggris). Bimbingan Karya Ilmiah. Pendidikan Ekstrakurikuler.

Semuanya itu diharapkan santri setelah mengenyam pendidikan selama enam tahun dapat menguasi ilmu agama dengan basis kitab kuning, mampu berbahasa Arab dan Inggris, memilki hafalan Al-qur'an dan Hadis, istiqamah berakhlak mulia sesuai dengan tuntunan ayat-ayat Al-qur'an dan Hadis Rasulullah SAW, memilii komitmen yang tinggi untuk berdakwah sesuai dengan tuntunan ayat-ayat Al-qur'an dan Hadis Rasulullah SAW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini