Rabu, 23 Maret 2016

Mughni Labib_PMI 6_Tugas 3_Mengidentifikasi Bencana Alam Akibat Ulah Manusia

Banjir; Tanggul Citarum Jebol (contoh kasus)

Bencana alam banjir akibat tanggul Sungai Citarum yang jebol merupakan karakter alam, penyebabnya berpulang kembali pada ulah manusia yang telah melakukan pengrusakan semena-mena pada alam. Untuk menangani banjir ini, harusnya semua pihak kembali melakukan perbaikan pada lingkungannya. Demikian kata anggota DPRD Komisi B Jawa Barat, H. Rahadi Zakaria, S.Ip, MH, didampingi anggota DPRD Karawang dari Fraksi PDIP H. Tono Bahtiar, Senin (19/1/2009). 

Menurut Rahadi, diantara penyebab banjir adalah pembalakan hutan yang notabene diketahui sebagai penahan air hujan. Gundulnya hutan, menyebabkan air semakin banyak terbuang dan meluap di sungai-sungai. "Ini implikasi hutan dan alam yang sudah diperlakukan semena-mena oleh manusia," katanya.

Sedangkan Tono Bahtiar mengungkapkan, kondisi banjir akibat tanggul Sungai Citarum yang jebol di Dusun Tangkil, Desa Kuta Ampel, Kecamatan Batujaya ini lebih parah dibanding tahun 2007 lalu, yang juga sempat jebol. Luapan air saat ini lebih banyak, sehingga membanjir beberapa pemukiman termasuk sawah di Kecamatan Batujaya, Titrajaya, Jayakerta, Pakisjaya juga Kecamatan Pedes. "Saya harap, Pemda Karawang termasuk Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pemerintah pusat bisa menjamin logistik untuk korban banjir supaya tidak kelaparan," ujarnya.

Dia juga mengajak kepada semua partai politik termasuk para calon legislatif (caleg) DPRD Karawang, Provinsi dan DPR RI untuk turun tangan membantu korban banjir di Batujaya, termasuk warga Desa Kalangsari, Kecamatan Rengasdengklok dan warga Kelurahan Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat yang juga korban banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum di Kampung Kaceot, Keluarahan Karawang Barat pada jam yang sama dengan jebolnya tanggul di Dusun Tangkil.

Pada kesempatan memberikan bantuan kemarin, Baguna PDIP Karawang menurunkan perahu karet untuk mengavakuasi korban banjir Batujaya yang terjebak di tanggul-tanggul Sungai Citarum, mereka mendirikan tenda di sepanjang tanggul itu karena tidak sempat mengungsi ke jalan raya yang jaraknya terlalu jauh dari pemukiman kecuali ke tanggul Sungai Citarum.

Secara umum, penyebab terjadinya banjir adalah sebagai berikut :

a)    Penebangan hutan secara liar tanpa disertai reboisasi,

b)   Pendangkalan sungai,

c)    Pembuangan sampah yang sembarangan, baik ke aliran sungai mapupun gotong royong,

d)   Pembuatan saluran air yang tidak memenuhi syarat,

e)    Pembuatan tanggul yang kurang baik,

f)    Air laut, sungai, atau danau yang meluap dan menggenangi daratan.

(Jika dilihat dari keterangan diatas penyebab terjadinya banjir, rata-rata oleh ulah manusia)

Dampaknya, banjir dapat menimbulkan kerusakan lingkungan hidup berupa:

1)   Rusaknya areal pemukiman penduduk,

2)   Sulitnya mendapatkan air bersih,

3)   Rusaknya sarana dan prasarana penduduk,

4)   Rusaknya areal pertanian,

5)   Timbulnya penyakit-penyakit,

6)   Menghambat transportasi darat

Untuk itu cara mengantisipasi bencana banjir banyak hal yang harus dilakukan, diantaranya adalah :

Ø Membersihkan saluran air dari sampah yang dapat menyumbat aliran air sehingga  menyebabkan terjadinya banjir.

Ø Mengeruk sungai-sungai dari endapan-endapan untuk menambah daya tampung air.

Ø Membangun rute-rute drainase alternatif  (kanal-kanal sungai baru, sistem-sistem pipa) sehingga dapat mencegah beban yang berlebihan terhadap sungai.

Ø Tidak mendirikan bangunan pada wilayah (area) yang menjadi daerah lokasi penyerapan air.

Ø Tidak menebangi pohon-pohon di hutan, karena hutan yang gundul akan sulit menyerap air, sehingga jika terjadi hujan lebat secara terus menerus air tidak dapat diserap secara langsung oleh tanah bahkan akan menggerus tanah, hal ini pula dapat menyebabkan tanah longsor.

Ø Membuat tembok-tembok penahan dan tanggul-tanggul di sepanjang sungai, tembok-tembok laut di sepanjang pantai-pantai dapat menjaga tingkat ketinggian air agar tidak masuk ke dalam daratan.

 

http://www.karawangnews.com/2009/01/tanggul-citarum-jebolakibat-ulah.html

http://deltawenbiz.blogspot.co.id/2015/01/macam-macam-bencana-akibat-aktivitas.html

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini