Rabu, 23 Maret 2016

Nur Muhaimin_Tugas 3_ kerusakan alam akibat ulah manusia

Nama   : Nur Muhaimin

Nim     : 1113054000008

Bencana Alam yang Disebabkan Oleh Manusia

Bencana alam adalah suatu peristiwa alam yang mengakibatkan dampak besar bagi populasi manusia. Peristiwa alam dapat berupa banjir, letusan gunung berapi, gempa bumi, tsunami, tanah longsor, badai salju, kekeringan, hujan es, gelombang panas, badai tropis, angin topan, tornado, kebakaran liar dan wabah penyakit. Namun tidak semuanya disebabkan oleh alam. Ada beberapa diantaranya terjadi karena ulah manusia itu sendiri, baik disengaja maupun tidak disengaja.

Semakin tingginya teknologi, semakin kita acuh kepada lingkungan di sekitar, dan ini menyebabkan tingginya kerusakan terhadap alam sekitar yang mengacu kepada bencana alam yang terjadi sekarang di kota-kota besar.

Pencemaran air adalah suatu perubahan keadaan di suatu tempat penampungan air seperti danau, sungai, lautan dan air tanah akibat aktivitas manusia. Danau, sungai, lautan dan air tanah adalah bagian penting dalam siklus kehidupan manusia dan merupakan salah satu bagian dari siklus hidrologi. Selain mengalirkan air juga mengalirkan sedimen dan polutan. Berbagai macam fungsinya sangat membantu kehidupan manusia. Pemanfaatan terbesar danau, sungai, lautan dan air tanah adalah untuk irigasi pertanian, bahan baku air minum, sebagai saluran pembuangan air hujan dan air limbah, bahkan sebenarnya berpotensi sebagai objek wisata

Dalam Al-Quran di jelaskan yang Artinya : "Telah tampak kerusakan di darat dan dilaut disebabkan perbuatan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar). Katakanlah : Adakanlah perjalanan dimuka bumi dan perlihatkanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang dulu. Kebanyakan dari mereka itu adalah orang-orang yang mempersekutukan (Allah)." (QS Ar Rum : 41-42). Dari firman ini kita bisa mengambil pelajaran bahwa sesungguhnya apa yang telah kita perbuat khususnya terhadap lingkungan itu akan kembali pada diri kita pribadi.

Salah satu contoh konkrit kerusakan alam yang diakibatkan oleh ulah manusia sendiri adalah Sungai Citarum yang merupakan sungai terpanjang di Jawa Barat ini terkena pencemaran akibat polusi air limbah pabrik dan banyaknya sampah rumah tangga yang dibuang ke Sungai Citarum, pencemaran sungai itu saat ini semakin parah, yakni mencapai sekitar 47,1%. Kadar bakteri e-coli di Sungai Citarum mencapai 50.000/100 ml, yang berasal dari limbah industri dan limbah domestik dari masyarakat (Sumber Pusair tahun 2006), demikian Ketua Kelompok Kerja Komunikasi Air (K3A), Dine Andriani kepada pers dalam diskusi tentang masalah pencemaran air di Kota Bandung, Kamis (07/12).

Dikatakannya, di Jawa Barat terdapat sebanyak 235.000 pabrik dari berbagai industri. Dari jumlah keseluruhan itu, 750 pabrik di antaranya memproduksi air limbah yang dikembalikan ke perairan bebas.

Untuk mencegah tingkat pencemaran yang tinggi pemerintah seharusnya membuat peraturan yang ketat untuk persoalan pembuangan limbah dan pembuangan sampah di sungai. Selain itu perlu adanya pengajaran tentang cara-cara merawat dan memelihara alam kepada masyarakat agar tidak membiasakan perilaku-perilaku yang dapat merusak lingkungan yang berakibat pada manusia sendiri, Serta pentingnya kesadaran pribadi yang dapat menjadikan kebiasaan buruk dalam memperlakukan alam tidak menjadi kebiasaan lagi.

 

 

sumber:

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini