Rabu, 14 November 2012

Muhammad Alif Mumtaz-JNR 1B-Tugas 1-Institusi sosial

INSTITUSI SOSIAL

Judul  Penelitian   :

Komunitas remaja masjid IKRAM (ikatan remaja masjid)

Peneliti                           :

Muhammad Alief Mumtaz N (1112051100056)

       I.            Latar Belakang

 Fugsi sebuah komunitas di masyarakat yaitu sebagai wadah masyarakat dalam berinteraksi dan bekerja sama dalam masyarakat itu sendiri. Di masa sekarang ini komunitas-komunitas tertentu sudah banyak yang berkembang, khususnya komunitas remaja masjid di kawasan tangerang kp.kramat adalah salah satu daerah yang turut berupaya dalam kegiatan sosial kampungnya yaitu IKRAM (ikatan remaja masjid).

Komunitas masjid ini mempunyai nama ikatan remaja masjid (IKRAM) mempunyai perkumpulan pada tgl 20 setiap bulannya. Alasan saya memilih komunitas  ini sebagai objek penelitian saya ialah agar para pembaca dapat menyadari pentingnya kegiatan mereka dalam kehidupan masyarakat sosial. Karena tujuan dari komunitas ini sendiri ialah sebagai tempat untuk berkumpul, sharing, membudayakan masjid sebagai tempat yang nyaman dan peduli terhadap masjid dikampunya.

 

    II.            Pertanyaan Pokok Penelitian

1.      Kapankah didirikannya komunitas ini ?

Komunitas ini didirikan pada tanggal 09 oktober 2011 (09-10-11). Pada tamggal ini ketika itu  seorang ketua kami sekaligus pendiri komunitas ini yaitu abdul gofur adalah orang yang berperan besar terciptanya komunitas ini. Ketika itu baru sekitar 7 orang anggota, seiring berjalannya waktu hingga saat ini anggotanya telah berjumlah 15 orang.

 

2.      Bagaimana menjaga eksistensinya komunitas ini?

§  Yaitu dengan mengadakan kegiatan-kegiatan khususnya pada hari besar islam .

§ Adanya perkumpulan antar anggota setiap bulan.

§Mengadakan santunan terhadap yatim piatu dan kaum duafa dikampung iru sendiri. 

§  Adanya kegiatan yang teratur setiap tahunnya.

 

 

 III.            Metode Penelitian

Metode yang digunakanya itu metode kualitatif,  mengadakan wawancara langsung dengan narasumber. Alasannya, bahwa penelitian dengan metode ini dapat menghasilkan pernyataan  yang lebih akurat dan dapat menimbulkan kepercayaan antara narasumber dan peneliti.

 

Lokasi Penelitian         : Masjid Jami'Al-karomah

                                       Kp. Kramat ds. Sumurbandung kec.jayanti tangerang.

Waktu                         : Senin, 12 November  2012  pukul 15.30 s/d  17.30 WIB setelah sholat          ashar berjamaah.

 

IV.            Objek Penelitian

Objek penelitian saya adalah seorang marbot masjid itu sendiri yang sudah lama tinggal di masjid itu dan anggota dari komunitas itu sendiri yang menjabat sebagai humas.

.

 

   V.            Analisis

Dijaman yang semakin modern ini sekelompok orang jarang sekali masyarakat membudayakan masjid sebagai tempat yang nyaman khususnya di kp.kramat ini. Bagi mereka yang peduli khususnya komunitas IKRAM ini adalah cerminan yang baik untuk dicontoh, mereka pun menganalisis tentang keramian masjid jami al-karomah pada setiap shalat berjamaah.

Berikut adalah persentasi kehadiran tentang antusias masyarakat kepada shalat bejamaah di masjid jami al-karomah:

·         Shubuh : menurut sang marbot sekaligus humas, pada waktu ini masyarakat-masyarakat jarang sekali yang hadir di masjid mungkin hanya pemuka agama dikampung itu dan santri-santri yang ada dikampung itu.

·         Dzuhur : pada waktu ini masyarakat sekitar 2 shaf (barisan) dan tidak jarang ada para mushafir dalam perjalanan yang mampir di masjid ini karena berada di pinggir jalan.

·         Ashar : masih sama seperti shalat yang sebelumnya yaitu masih di dominasi pemuka agama, masyarakat, santri, dan para musafir. Pada waktu ini menurut marbot kisarannya adalah 3-4 shaf.

·         Magrib : di waktu ini shaf di masjid lumayan terisi penuh menurut marbot bisa sampai 6 shaf.

·         Isya : menurutnya jumlahnya berkurang dari shalat magrib menjadi sekitar 4 shaf.

·         Jumat Mubarak : jumat siang ini antusias masyarakat tentang shalat berjamaah cukup tinggi sehingga sering pada tiap waktu ini masjid menjadi luber bahkan ada saja yang tidak kebagian tempat, karena masih didominasi para musafir, santri dan masyarakat.

Dari analasis tersebut para remaja IKRAM memutuskan untuk meminta sumbangan kepada saudagar-saudagar dikampungdan para musafir yang lewat untuk memberikan shodaqoh untuk merenovasi masjid dan memperbaiki kuburan yang kumuh menjadi bagus lagi.

 

 

Daftar Pustaka

            Abah ma'mun, humas masjid jami'al-karomah kp.kramat.

 

 

 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini