Rabu, 14 November 2012

Institusi Sosial_Moh.Firman.Hadi_JRN IB_Laporan 1

Judul Penelitian :
Peranan KARANG TARUNA Sub Unit 11 Terhadap Pergaulan Pemuda dan Pemudi DiMasyarakat
Oleh: Mohamad Fiman Hadi [1112051100038]
Jurnalistik 1B
I.                    Latar Belakang
Pergaulan dimasyarakat dewasa ini sungguh sangat memprihatinkan, banyak pemuda pemudi yang salah memilih pergaulan sehingga menyebabkan masalah-masalah sosial dimasyarakat, seperti : Narkoba, Minuman keras, sex bebas, dsb. Oleh sebab itu peran Karang Taruna Sub Unit 11 sangat diperlukan untuk mengarahkan para pemuda pemudi kedalam pergaulan yang sehat dan aman. Sebelum peneliti membahas lebih jauh mengenai Karang Taruna Sub Unit 11, peneliti akan menjelaskan apa itu Karang Taruna . Organisasi Karang Taruna  adalah organisasi yang berada di lingkungan penduduk dalam lingkup satu Rukun Tetangga atau Rukun Warga, pengurusnya terdiri dari para pemuda pemudi yang berada di lingkungan itu. Dahulu, organisasi Karang Taruna sangat berpengaruh dan terasa  kental  dalam setiap kegiatan dan aktivitas warga, misalnya gotong royong dalam hal kebersihan setiap hari minggu pagi, kegiatan memperingati acara acara hari besar juga pengadaan pengajian serta olahraga bersama dalam satu lingkup Rukun Tetangga atau Rukun Warga tersebut. Akhir-akhir ini kegiatan Karang Taruna sudah jarang digalakkan, karena kebanyakan para pemuda pemudi sekarang lebih suka untuk ikut kegiatan diluar rumah dan luar lingkungannya. Jika kegiatan itu positif tidak masalah, tapi kalau sudah menyangkut hal negatif seperti Clubbing, Dugem, pesta dsb  yang tidak bermanfaat untuk dirinya sendiri maupun orang lain.
Karang Taruna  dipilih sebagai subjek penelitian karena keberadaan Karang Taruna  yang letaknya tidak jauh dari tempat tinggal peneliti, yaitu dikelurahan Semanan kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Letaknya yang mudah dijangkau ini tentunya  memudahkan saya dalam meneliti. selain itu, subjek ini dipilih karena ketua dari organisasi Karang Taruna Sub Unit 11 ini  merupakan orang yang sudah dikenal  sehingga memberi kemudahan kepada  peneliti dalam melakukan penelitian. Alasan lainnya peneliti memilih subjek ini, karena Karang Taruna Sub Unit 11 ini telah memberikan sedikit kontribusinya kepada masyarakat sekitar dengan melakukan kegiatan- kegiatan positif seperti membuka Bimbel gratis bagi anak-anak SD s/d SMP setiap minggunya. Karang Taruna Sub Unit 11 ini memiliki struktur organisasi, serta aturan-aturan dan juga tujuan yang jelas sehingga baik untuk subjek penelitian.
 
II.                  Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Bagaimanakah peran nyata Karang Taruna Sub Unit 11 dalam membina pemuda dan pemudi?
Jawaban : secara singkat saya jelaskan karena jabawan beliau cukup panjang. Peran nyata karang taruna sub unit 11 dalam membina para pemuda/i yaitu dengan melakukan kegiatan-kegiatan positif seperti mengadakan pengajian setiap minggunya, dan mengadakan latihan leadership sehingga terbangun karakter individu yang berjiwa kepemimpinan dan religius sehingga dapat bersaing di masyarakat dan dapat menjadi panutan bagi orang lain.
2.      Kontribusi apa yang sudah diberikan Karang Taruna Sub Unit 11 kepada masyarakat sekitar ?
Jawaban : kontribusi yang sudah diberikan karang taruna kepada masyarakat sebagai bukti keseriusan organisasi ini dalam pembinaan pemuda/i salah satunya adalah dengan membentuk tim pengajar Bimbel  yang bertugas memberikan materi bagi siswa SD s/d SMP untuk membantu mereka dalam belajar dan juga sebagai wadah mereka untuk tempat berkonsultasi seputar dunia belajar disekolah agar lebih efektif lagi dalam belajar.
 
III.                Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan  Kualitatif, yaitu metode sosiologi yang proses pengambilan datanya secara langsung dimana peneliti sebagai instrument. Metode ini dilakukan dengan dasar mencari data-data yang kuat lalu dilakukan wawancara terhadap narasumber.
Lokasi : Rumah Ketua Karang Taruna Sub Unit 11 RT/RW 05/011 kel. Semanan kec. Kalideres Jakarta Barat
Waktu : 13 november 2012 Pukul 7.00 malam
 
IV.               Gambaran Subjek Penelitian
Karang Taruna Sub Unit 11 merupakan organisasi kepemudaan yang berada di Masyarakat, diwilayah kelurahan Semanan, Kecamatan Kalideres Jakarta Barat. Organisasi yang bergerak dibidang kegiatan kepemudaan, pendidikan, serta kemandirian (enterpreneur) dengan Pendirinya yaitu Budi Suryanto selaku ketua RT 5. Adapun struktur kepengurusan secara lebih rinci adalah sebagai berikut:
a)      Ketua                                  : Ferry Suhendi
b)      Wakil ketua                         : Rio
c)      Sekretaris                            : Wulan
d)      Bendahara                           : Dwi
e)      Humas (Public Relatio)        : Imam
Bersama dengan anggota lain, yang menjabat sebagai pengurus berjumlah sekitar 20 orang.
Latar belakang didirikannya organisasi ini  karena adanya rasa keprihatinan ketua RT terhadap pergaulan pemuda pemudi diwilayah setempat. Berangkat dari masalah  tersebut kemudian seluruh segenap jajaran RT bersama dengan para pemuda pemudi berinisiatif membnetuk Karang Taruna Sub Unit 11. Dengan harapan para pemuda/i dapat ikut mewarnai peradaban baru dunia melalui organisasi ini. Tentunya dengan kerjasama dari semua pihak yang terlibat serta mendukung organisasi ini agar tidak hanya menjadi teori diatas kertas saja, maka lahirlah Karang Taruna Sub Unit 11 di wilayah semanan ini.
V.                  Analisis
Organisasi kepemudaan yang bergerak dibidang pendidikan, pengajian, serta kemandirian. Organisasi yang resmi didirikan kembali pada awal november 2011 setelah vakum selama beberapa tahun dan dibentuk kembali dengan struktur kepengurusan yang jelas, yang diberi nama Karang Taruna Sub Unit 11 ini lahir bukan tanpa alasan, dan tanpa tujuan. Organisasi ini adalah sebuah wadah untuk mempertemukan segolongan pemuda yang memiliki visi misi serta tujuan yang sama yang terkait seni, pendidikan, serta enterpreneur (kemandirian). Relasi antara organisasi ini dengan masyarakat terbilang sangat baik, terlihat dari dukugan yang diberikan oleh masyarakat terhadap program-program yang dijalankan oleh organisasi ini, yaitu berupa pelatihan kewirausahaan kepada masyarakat, Bimbel SD s/d SMP, dan juga  bakti sosial.
Karang Taruna Sub Unit 11 memiliki struktur kepengurusan yang jelas, aturan yang mengikat, serta  memiliki relasi yang baik dengan masyarakat. Hal ini membuktikan bahwa Karang Taruna Sub Unit 11 layak dikatakan sebagai Organisasi yang berpengauh di masyarakat.
 
 
VI.               DAFTAR PUSTAKA
-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini