Rabu, 14 November 2012

rikusubagia_jurnalistik1B

INSTITUSI SOSIAL
Judul  Penelitian   :
Taman Pendidikan Al- qur'an (TPA) "AL - MUHAJIRIN"
Peneliti                  :
Riki Subagia
Nim                             :
                          1112051100036
 
       I.            Latar Belakang
          Taman pendidikan alquran adalah institusi social yang bergerak dalam bidang agama, institusi ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk mempelajari ilmu agama sejak dini. Agama merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan bermasyarakat karena membimbing anak-anak kepada kehidupan yang lebih baik.Taman pendidikan alquran disingkat TPA mengajarkan anak sejak dini bagaimana berbakti kepada orang tua, sopan terhadap teman, menghormati orang yang lebih tua dan tata kerama.Di sampingitu TPA juga mengajarkan anak membaca tulis alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari dan menjadikan anak sebagai orang yang berakhlakul karimah sehingga anak memiliki pondasi iman yang kokoh agar tidak terpengaruh oleh hal-hal negative yang marak terjadi pada masa modern.
 
 
    II.            Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Mengapa alasan  TPA ini didirikan ?
Karna ingin mejadikan generadi yang berakhlakul karimah dan pandai mebaca wahyu allah yang telah disampaikan kepada nabi dan rasul
 
2.      Mengapa TPA ini di namakan tpa AL - MUHAJIRIN ?
      Karna al – muhajirin artinya hijrah atau pindah terus penduduk disana itu kebanyakan adalah orang pindahan semua bukan penduduk asli buana kota tangerang makannya dinamakan al – muhajirin
 
 
 III.            Metode Penelitian
Metode yang digunakanya itu metode kualitatif,  yang menggunakan instrument indep yaitu wawancara langsung dengan narasumber. Alasannya, bahwa penelitian dengan metode ini dapat menghasilkan pernyataan  yang lebih akurat dan dapat menimbulkan kepercayaan antara narasumber dan peneliti.
 
Lokasi Penelitian         : TPA AL MUHAJIRIN
                                       Jl. KH. Asyim ashari cipondoh kota tangerang buna permai
Waktu                         : Senin, 12 Nopember  2012 ( pukul 15.30 s/d  17.30 WIB).
 
 
 
 
IV.            Gambaran Subjek/  Objek Penelitian
Gamabaran subjeknya yaitu seperti  Ust. Nurhasan yang merupakan pengasuh dari TPA ini, beliau adalah seorang kepala rumah tangga yang disegani oleh orang- orang sekitarnya. Karena beliau seseorang yang tegas, yang selalu bertekad untuk mencerdaskan para anak yang berusia dini agar menjadi anak yang paham dan mengerti akan  al- qur'an.
Subjek lainnnya seperti 4(empat) orang wanita lulusan pesantren yang peduli akan masa depan kehidupan anak- anak, yang kemudian mendirikan taman ini sebagai wadah pembelajaran al- qur'an. Dan mereka adalah para wanita yang tidak pernah putus asa untuk tetap terus mengembangkan pendidikan ini meskipun mereka belum sarjana.
Objek penelitian yaitu Taman Pendidikan Al- qur'an yang sangat memajukan cita- cita keislaman. Dan objek ini selalu memberikan pengaruh untuk masyarakat sekitar, dan memudahkan para ibu untuk  menempatkan pendidikan untuk anak- anaknya sejak usia dini. Yang menghasilkan ahsanu taqwim, ahsanu qaulan, dan ahsanu amalan.
 
   V.            Analisis
Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang menyertakan nilai-nilai etika dan spiritual, bukan hanya mengedepankan kemajuan pemikiran tanpa nilai budi pekerti. Peran seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan guna membangun pendidikan yang menyeluruh, jika hanya pemerintah saja yang berperan maka cita-cita pencapaian tujuan pendidikan akan sulit dicapai.

Visi "
Membentuk  generasi Qur'ani yang cerdas spiritual maupun intelektual sebagai pemimpin
Miss "menelenggarakan pendidikan anak yang sistematis,terarah dan profesional".
Tujuan
a. Membekali peserta didik dengan nilai-nilai Al-Qur'an dan As-Sunah sedini mungkin agar terbentuk pribadi islami.
b. Menanamkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan serta akhlaq yang sholeh sesuai taraf perkembangannya.
c. Mendorong perkembanan psikis, fisik, intelektual dan sosial secara optimal sesuai tingkat perkembanan anak dan selaras denan nilai-nilai Islam.
 
TPA ini  berawal dari niatnya 4(empat) orang wanita yang peduli akan pendidikan anak- anak dalam lingkungannya. Yang kemudian didirikan oleh Ust. H. Nurhasan, yang melihat faktor- faktor pendukung berdirinya TPA ini. Beliau memberikan nama tempat pendidikan ini dengan sebutan TPA AL-MUJAHIRIN karena :
§  Memberikan pembelajaran dan pendidikan yang fokus terhadapa Al- qur'an.
§  Memperdalam ilmu agama.
§  Mendidik anak- anak untuk membaca al- qur'an dan untuk memahaminya.
§  Memperdalam menulis arab, dan memahami ilmu tajwid.
§  Dan berasas untuk ahsanu taqwiim, ahsanu qaulan, dan ahsanu a'malan.

§  Praktek ibadah (sholat).
TPA ini sangat berpengaruh bagi masyarakat lingkungan tersebut, karena dengan adanya TPA ini maka para orang tua tidak sulit mencari tempat pengajian untuk anak- anaknya. Dan para masyarakat sangat mendukung taman pendidikan ini baik dari segi moral maupun material, karena dengan inii memudahkan masyarakat untuk belajar agama dan al- qur'an.
Struktur dalam TPA ini, yaitu :
Pengasuh                     : Ust. Nurhasan
 Ketua                         : Hj. suryanah
Sekretaris                    : Fachrudin
Bendahara                   :Herawati 
Adapun kegiatan- kegiatan yang dilakukan dalam 1(satu) tahun yaitu:
§  Festival (hafalan ayat pilihan, do'a sehari- hari, pidato).
§  Manasik haji.
§  Rekreasi dengan pindah- pindah tempat satu tahun sekali.
 
Daftar Pustaka
H. NURHASAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini