Rabu, 14 November 2012

INSTITUSI SOSIAL _YASIR ARAFAT_ JURNALISTIK 1B_LAPORAN 1

Judul  Penelitian   : TPA (Taman Pendidikan Al- qur'an)  "AN NIDA"
Peranan masyarakat sekitar untuk menjaga eksistensi TPA
Peneliti                  : Yasir arafat (1112051100049) jurnalistik 1 B
 
       I.            Latar Belakang
Penelitian yang saya kerjakan ini menyangkut tentang  Taman Pendidikan Al-Qur'an ini atau TPA, yang menjadikan saya untuk menjadikan TPA sebagai bahan penelitian, karena tema ini sangat berpengaruh dalam lingkungan masyarakat terutama lingkungan masyarakat saya sendiri bagi lingkungan masyarakat saya TPA bukanlah menjadi hal yang penting dalam ilmu pendidikan zaman sekarang ilmu agama sudah kalah dengan ilmu – ilmu umum banyak orang tua yang hanya mengantarkan anaknya untuk kursus bahsa inggris dari pada mengantarkan anaknya untuk meperdalam ilmu agama padahal ilmu agam itu tidak kalah pentingnya. Dan adanya TPA dalam lingkungan masyarakat ini sangat berfungsi untuk masyarakat lingkungan itu. Yaitu sebagai ajang bersosialisasinya anak- anak , dan sebagai tempat atau sarana yang berfungsi memberikan pendidikan dan pengajaran kepada anak- anak dalam usia dini.
Secara Umumnya, tema ini dipilih untuk bahan penelitian, karena saya sudah merasa perihatin dengan kondisi masyarakat zaman sekarang  dalam suatu lingkungan yang berada dikota, sudah jarang adanya TPA, padahal TPA ini sangat banyak manfaatnya untuk anak- anak bahkan bisa juga untuk orang dewasa. yang belum bisa dan belum mengetahui akan  al- qur'an, bahasa arab, dan lainnya sebagainya, dan langkahnya pembelajaran al- qur'an dilingkungan tersebut, serta memudahkan anak- anak untuk menulis dan membaca al- qur'an. Dan dengan adanya TPA ini akan menjadi sebuah sinergi positif bagi pembekalan spiritual dan etika bagi anak-anak.
Dan tema ini bisa memotivasi kita sebagai seseorang yang peduli akan pendidikan agama untuk anak- anak usia dini karena kita harus menanamkan pondasi agam yang kuat pada anak – anak mulai usia dini, agar menjadi anak yang kreatif, inovatif, akhlakul karimah. Karena, pendidikan adalah sebuah kebutuhan bagi seluruh anak bangsa, pendidikan akan memberikan bekal bagi semua peserta didik dalam mengarungi kehidupan. Atas dasar pemikiran diatas itulah yang melatar belakangi penelitian ini.
 
 
    II.            Pertanyaan Pokok Penelitian
1.     1.  Mengapa TPA ini dinamakan an nida ?
Alasannya, yaitu karena pendiri/pemilik tpa ini yang bernama Ust. Nanang kusnandar beliau  sangat sayang dan cinta kepada anak perempuannya yang bernama dina dari sebab itulah beliau menamakan TPA nya An nida apa hubungannya dina dengan an nida karna dina kalau di bahasa arabkan dina itu harus dimasukan aliflam nah kalau dimasukan aliflam maka kata dina nun nya itu berubah bentuk jadi An nida begitulah jawaban dari salah satu guru pengajar di TPA An nida. 
 
2.    2.   Bagaimana cara kita untuk menjaga  TPA ini agar tetap ada dan tidak hilang dimakan zaman ?
Jawabnya beliau adalah ada banyak faktor untuk menjaga tpa ini agar tetap ada dan terjaga dengan baik
 faktor yang pertama adalah dari Masyarakat sekitar da para Orang tua Murid untuk tidak melarang anaknya untuk belajar dan mendalami  agama di tpa – tpa yang ada.
Faktor yang ke dua dari tenaga pengajar (Guru) itu sendiri tidak hanya mampu untuk mampu mengajar anak didiknya tapi dia harus mampu untuk membuat para orang tua anak didiknya itu merasa nyaman dan percaya dengan metode yang diajarkan.
Faktor yang ketiga yaitu dari kepercayaan dari semua pihak (Orang tua, masyarakat sekitar dan para tokoh agama di sekitar kampung tersebut ) akan pemimipin atau ketua tpa An nida ini.
 
 
 
 
 III.            Metode Penelitian
Metode yang digunakanya itu metode kualitatif,  yang menggunakan instrument indep yaitu wawancara langsung dengan narasumber. Alasannya, bahwa penelitian dengan metode ini hanya memerlukan waktu yang singkat, efektif dan dengan metode ini dapat menghasilkan pernyataan/jawaban yang lebih akurat dan dapat menimbulkan kepercayaan antara narasumber dan peneliti.
 
Lokasi Penelitian         : TPA AN NIDA
                                       Villa Gading Harapan BLOK M 10 No. 30
Waktu                         : Minggu, 11 Nopember  2012 ( pukul 15.30 s/d  18.00 WIB).
 
IV.            Gambaran Subjek/  Objek Penelitian
Gamabaran subjeknya yaitu seperti Bpk. Ust. Nanang Kusnandar yang merupakan pengasuh dan pengelola dari TPA ini, beliau adalah seorang kepala rumah tangga yang tepandang oleh masyarakat sekitarnya. Karena beliau seseorang yang tegas, yang selalu bertekad untuk mencerdaskan para anak yang berusia dini agar menjadi anak yang paham dan mengerti akan  al- qur'an dan agama.
Subjek lainnnya seperti ada salah satu tenaga pengajarnya ia adalah seorang laki – laki lulusan pesantren yang ikut membangun dan mengembangkan tpa ini dia begitu bersungguh – sungguh dalam mengajar metode yang dia pakai dalam mengajar adlah metode pendekatan personal dalam kelas.
Objek penelitian yaitu Taman Pendidikan Al- qur'an yang sangat memajukan menyiarkan agma islam. Dan objek ini selalu dan sangat memberikan pengaruh untuk masyarakat sekitar, dan memudahkan para ibu untuk  menempatkan pendidikan untuk anak- anaknya sejak usia dini. Yang menghasilkan ahsanu taqwim, ahsanu qaulan, dan ahsanu amalan dan anak yang berbakti kepada guru dan kedua orang tua.
 
 
 
 
   V.            Analisis
Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang menyertakan nilai-nilai etika dan spiritual, bukan hanya mengedepankan kemajuan pemikiran tanpa nilai budi pekerti. Peran seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan guna membangun pendidikan yang menyeluruh, jika hanya pemerintah saja yang berperan maka cita-cita pencapaian tujuan pendidikan akan sulit dicapai.
Di suatu lingkungan masyarakat yang penuh dengan pemikirannya masing – masing tempat itu adalah perumahan yang damai namun sepi akan silaturahmi akan sesama membuat seorang yang terpandang di lingkungan tersebut mulai mencetuskan ide untuk membuat sebuah taman pendidikan al – qur'an untuk membantuk para anak – anak di lingkungsnnys untuk belajar al- qur'an mulailah dibangun dengan hanya modal dari kantong sendir sampai sekarang sudah mempunyai 2 tenaga pengajar untuk mengajarkan para anak - anak di sana akan ilmu agama semoga para tenaga pengajar itu tidak lelah untuk mencari pahala dari pekarjaan yang sangat mulia   
 
Adapun kegiatan- kegiatan yang dilakukan dalam pengajarannya yaitu:
 
·         Belajar agama islam dengan mengenalkan dasar - dasarnya
·         Belajar mengaji Al - qur'an
·         Belajar mengenal huruf - huruf hijaiyah
·         Belajar menulis huruf - huruf latin
·         Belajar tajwid
·         Mengenal sejarah - sejarah islam
 
 
 
 
 
 
 
VI.    STANDAR KELULUSAN

·         Membaca Al-Qur'an sesuai kaidah ilmu tajwid dengan benar dan baik.
·         Menghafal Surah pendek, minimal 12 surah
·         Menghafal doa-doa harian dan mengerti etika (adab)nya, minimal 15 doa
·         Menghafal bacaan sholat
·         Melakukan praktek berwudhu dan shalat
·         Menulis huruf hijaiyah
·         Memiliki dasar-dasar aqidah-akhlak
 
 
 
Daftar Pustaka
 
            Ustadz. Mukhlis romadhon ( ketua/tenaga pengajar )
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini