Rabu, 14 November 2012

Institusi Sosial_Lilis Yuniarsih_JRN IB_Laporan 1

REMAJA ISLAM KARANG TARUNA CINANGKA RW 09
( RISKA 09 )
Oleh : Lilis Yuniarsih
(1112051100048)
Jurnalistik IB
I.        Latar Belakang
Sebuah organisasi dalam masyarakat memiliki peranan penting demi kemajuan sebuah daerah. Dimana terdapat pemuda dan pemudi yang memiliki intelektualitas tinggi, berpegang teguh pada syariat agama, berpikir kreatif dan inovatif serta memiliki daya saing yang kuat. Organisasi kepemudaan sangat diharapkan dapat membawa kemajuan terhadap wilayah mereka serta menjadikan diri mereka sebagai pribadi yang kuat, unggul, dan berkualitas. Organisasi masyarakat khususnya karang taruna memiliki banyak manfaat salah satunya sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan minat mereka. Dimana didalam organisasi mereka dapat mengeluarkan pendapat serta menyampaikan aspirasi demi kemajuan bersama.
Ada sebuah organisasi di daerah Cinangka bernama RISKA 09 ( Remaja Islam Karang Taruna Cinangka RW 09). Organisasi ini sebagian besar pengurusnya adalah kaum pemuda/i. Dibelakang nama RISKA sengaja ditambahkan 09 karena jelas organisasi ini berada di wilayah RW 09. Sebagian besar warganya adalah beragama Islam, dan terletak di daerah Cinangka maka dari itu organisasi ini dinamakan Remaja Islam Karang Taruna Cinangka. Alasan saya memilih judul ini karena saya ingin mengetahui lebih dalam tentang organisasi yang berkembang dimasyarakat khususnya didaerah Cinangka. Karena tidak semua daerah memiliki organisasi semacam ini apalagi dikembangkan oleh generasi muda. Hal ini menarik karena saya sendiri merupakan salah satu anggota organisasi kepemudaan diwilayah tempat tinggal saya, namun saya memilih organisasi yang lain sebagai bahan penelitian karena saya ingin lebih mengetahui dan menambah pengetahuan tentang organisasi kepemudaan yang berada jauh dari tempat tinggal saya.
 
 
 
 
II.     Pertanyaan Pokok Penelitian
Saat saya melakukan wawancara dengan narasumber yaitu Ustad Khoirudin S.pd, saya mengajukan 2 buah pertanyaan pokok antara lain :
1.    Bagaimana peran organisasi RISKA didalam kehidupan masyarakat ?
RISKA didirikan dengan tujuan untuk memberikan bimbingan lebih mendalam kepada pemuda dan pemudi disekitar RW 09 tentang agama Islam dan hukum-hukumnya serta mengajarkan bagaimana bersosialisasi yang baik dan membangun kerja sama antara sesama muslim untuk kemajuan wilayah dan anggotanya.
2.    Mengapa RISKA didirikan ?
Kerena para pemuda dan pemudi Islam di sekitar wilayah ini awalnya ingin menciptakan dan membangun generasi muda yang  paham dan mengerti tentang agama Islam serta dapat bersosialisasi di masyarakat dengan baik.
 
III. Pertanyaan Tambahan
Saya juga mengajukan beberapa pertanyaan tambahan untuk menambah pengetahuan saya terhadap organisasi tersebut. Pertanyaan tersebut antara lain :
1.    Kapan organisasi RISKA didirikan dan siapa pendirinya?
RISKA didirikan pada tahun 1985 oleh 5 orang tokoh masyarakat yaitu H. Muhammad Asam, Saman Kojet, Ustad M. Thamrin, Ustad M. Nurdin,dan H. Usman.
2.    Apa saja kegiatan yang rutin dilakukan oleh RISKA ?
Setiap minggu diadakan pengajian rutin untuk pertemuan para anggota RISKA dan melakukan kegiatan ekstrakulikuler (Marawis dan Rebana) sebagai salah satu bentuk motivasi  generasi muda untuk lebih berekspresi dan terampil di masyarakat. Setiap bulannya diadakan kerja bakti diwilayah RW 09. RISKA juga pernah mengadakan acara-acara besar seperti maulid Nabi Muhammad SAW, Peringatan Tahun Baru Islam, HUT Kemerdekaan RI, dan peringatan hari-hari besar Islam dan Nasional lainnya.
3.    Dari kegiatan ekstrakulikuler yang diadakan oleh RISKA, prestasi apa saja yang pernah diraih ?
Prestasi yang pernah diraih oleh RISKA yaitu :
a.       Juara 1 Festival Marawis tingkat Kecamatan Sawangan
b.      Juara 1 Cerdas Cermat tingkat Kelurahan Cinangka
c.       Juara 2 Parade Rebana tingkat Antar Organisasi Kelurahan
d.      Juara 2 Tilawatul Qur'an tingkat Kelurahan
e.       Juara 3 Parade Marawis tingkat Antar Organisasi Kelurahan
4.             Bagaimana  tanggapan warga RW 09 tentang organisasi RISKA ini ?
Warga disekitar RW 09 sangat antusias terutama kalangan pemuda/i. Karena dengan adanya organisasi ini semua anggota masyarakat khususnya remaja dapat bergabung di organisasi ini. Mereka dapat menjalin silaturahmi antar sesama muslim apalagi jarak rumah mereka yang berdekatan sehingga dapat menambah keakraban. Ditambah lagi RISKA juga sering mengadakan tour ke beberapa tempat wisata di luar kota dan tidak sedikit warga yang ingin ikut bergabung. Selain itu RISKA juga mendapat banyak penghargaan atau prestasi dari kegiatan-kegiatan ekstrakulikuler yang diadakan sehingga menambah nilai lebih di mata masyarakat.
 
IV.   Metode Penelitian
Metode yang saya gunakan dalam penelitian ini adalah Kualitatif. Metode kualitatif mengutamakan bahan yang sukar dapat diukur dengan angka-angka atau dengan ukuran-ukuran lain yang bersifat eksak. Melalui wawancara yang saya lakukan, saya mendapatkan informasi yang lebih mendalam dari narasumber yaitu Bapak Ustad Khoirudin S.pd. Waktu dan tempat saya melakukan wawancara yaitu :
Waktu    : Hari Senin, 12 November 2012 pukul 13.00-15.00
Tempat   : Tempat tinggal narasumber
                 Jln. Masjid No. 2 Rt.01/Rw.09 Cinangka-Sawangan, Depok.
 
 
V.               Gambaran Subjek/Objek yang diteliti
Struktur Organisasi RISKA
Ketua : Ustad Khoirudin S.pd
Wakil : Ustad Nanang Kurniawan
Bendahara : Rahma
Wakil bendahara : Riri
Sekretaris : M. Hilman
Wakil sekretaris : Ardiansyah
Divisi Rohis
Ketua  : Nisfi Aroja
Anggota : Asrorudin Afrijul Kadi, Maulida, Istikomah
Divisi acara untuk pengajian 
Ketua : Edi Sudrajat
Anggota : Syaifullah, Ikhsan, Rizki, Muksalamina Assyanaki, Ilmiyati, Deli.
Divisi konsumsi
Ketua : Desi Damayanti
Anggota : Nurul, Fajriah, Nabila, Nina, Aji, Dede, Anggi
Divisi Humas
Ketua : Khaidir Ali
Anggota : Fajar, Reza, Rika Rahmawati  
Dan Pengurus lain sekitar 25 orang.
 
 
VI.           Analisis Data
 
Organisasi RISKA berdiri pada tahun 1985 dan didirikan oleh 5 orang tokoh masyarakat yaitu H. Muhammad Asam, Saman Kojet, Ustad M. Thamrin, Ustad M. Nurdin,dan H. Usman. RISKA didirikan dengan tujuan untuk memberikan bimbingan lebih mendalam kepada remaja disekitar RW 09 tentang agama Islam dan hukum-hukumnya serta mengajarkan bagaimana bersosialisasi yang baik dan membangun kerja sama antara sesama muslim untuk kemajuan wilayah dan anggotanya. RISKA ini juga merupakan sebuah wadah  bagi para pemuda dan pemudi diwilayah RW 09 untuk dapat bersosialisasi dengan baik di masyarakat, menjalin silaturahmi antar sesama muslim dilingkungan RW 09, serta memfasilitasi para pemuda dan pemudi untuk mengeluarkan pendapat dan inspirasi mereka demi kemajuan bersama. Banyak prestasi yang telah diraih oleh RISKA sehingga organisasi ini  mendapat tanggapan yang positif dari masyarakat sekitar RW 09. Bukan hanya itu saja, dengan seringnya diadakan acara-acara peringatan hari besar Islam maupun nasional warga RW 09 juga dapat ikut berpartisipasi untuk memeriahkan acara tersebut. Sehingga disini dapat terlihat kekompakan dan kerukunan diantara warga. Dan yang tak ketinggalan oleh warga yaitu ketika RISKA mengadakan acara tour ke sejumlah tempat wisata di luar kota pada momen hari raya atau liburan anak-anak sekolah yang menambah minat dan antusiasme warga. Tidak hanya itu saja, pengajian rutin mingguan dan kerja bakti setiap bulannya juga dilakukan. Diharapkan ini juga dapat menambah kerukunan dan terciptanya perilaku saling tolong-menolong antar sesama warga dan memiliki rasa tanggung jawab yang besar terhadap lingkungan.   
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
DAFTAR PUSTAKA
 
-
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini