Rabu, 14 November 2012

Hafizh Fathur Rizqi JNR 1B_Tugas 1_Institusi Sosial

Institusi Sosial

Judulpenelitian            : Taman PendidikanAlqur'an Al-Qomariyah

Peneliti                        : HafizhFathurRizqi (1112051100037)

 

i.                    Latarbelakang

Taman pendidikan alquran adalah institusi social yang bergerak dalam bidang agama, institusi ini merupakan wadah bagi masyarakat untuk mempelajari ilmu agama sejak dini.Agama merupakan hal yang sangat esensial dalam kehidupan bermasyarakat karena membimbing insane kepada kehidupan yang lebih baik.Taman pendidikan alquran disingkat TPA mengajarkan anak sejak dini bagaimana berbakti kepada orang tua, sopan terhadap teman, menghormati orang yang lebih tua dan tata karma lainnya.Di sampingitu TPA juga mengajarkan anak membaca tulis alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari sehingga anak memiliki pondasi iman yang kokoh agar tidak terpengaruh oleh hal-hal negative yang marak terjadi pada masa modern seperti sekarang ini.

 

ii.                  Pertanyaan pokok penelitian

1.      Sejak kapan TPA ini berdiri dan bagaimana awalnya TPA ini berdiri?

TPA ini sebenarnya sudah lama berdiri, namun saat itu hanya menjadi sebuah majelis pengajian biasa.Sedangkan alqomariyah itu sendiri berdiri sekitar Juni tahun 2000, TPA ini bernama TPA Alqomariyah sesuainamanya "qomar" jika diartikan kedalam bahasa Indonesia artinya bulan. Jadi pada awalnya TPA ini mengajarkan anak-anak membaca tulis alquran sehabis magrib, ketika bulan mulai menyinari bumi dikarenakan mengikuti tradisi orang tua dahulu yang biasa mengaji sehabis magrib, namun alqomariyah yang sekarang berbeda dengan alqomariyah yang dulu, alqomariyah sekarang ada yang mulai belajar pagi hari dan juga sehabis magrib. Untuk yang kelas pagi, para santri-santrinya adalah adik-adik kecil, kelas ini disebut taman kanak-kanak alquran (TKA).

2.      Apa dampak positif pendidikan taman kanak-kanak alquran (TKA) dalam perkembangan mental anak sejak dini?

Di taman kanak-kanak ini adik-adik selain dibimbing untuk belajar baca-tulis alquran juga diberikan materi pengembangandiri, seperti menari, menyanyi dan bercerita yang tentunya akan menimbulkan mental berani dan percaya diri untuk tampil sejak dini. Ditambah lagi dengan diajarkan bahasa arab dasar dan bahasa inggris dasar, diharapkan bahasa arab dan bahasa inggris menjadi hobi bagi mereka dan tentunya akan bermanfaat nanti saat mereka memasuki pendidikan dasar.

 

iii.                Metode penelitian

Metode yang digunakan peneliti adalah metode kualitatif. Metode ini digunakan untuk menggali dan mengetahui tentang informasi secara mendalam melalui wawancara dengan narasumber.

Lokasi penelitian   : TPA dan TKA Al-Qomariyah

                                Jl. H. mencong RT O2/09 no.34 Ciledug-Tangerang

 

iv.                Gambaran tokoh

Ustadzah NurmaliaSolehah, beliau merupakan anak dari Alm. H. Syafi'i yang mendirikan dan sekaligus menjadi kepala yayasan taman kanak-kanak alqomariyah. Beliau sangat dikenal dan disegani di masyarakat karena dedikasinya untuk mencerdaskan dan membentuk akhlakulkarimah anak-anak, sehingga orang tua yang tidak ada latar belakang pengajar tidak perlu cemas untuk membekali iman dan takwa anak sejak kecil, di samping itu beliau juga merupakan ketua majelis ibu-ibu pengajian Nurussallam. Beliau merupakansosok yang sangat sederhana dan menyukai anak-anak kecil, beliau juga sangat ramah terhadap warga di sekitar, murah senyum dan mengajarkan kebaikan dan banyak memberikan manfaat bagi orang-orang disekitarnya seperti sabda rasullullah "sebaik-baik orang ialah orang yang paling banyak manfaatnya kepada orang lain."

 

 

v.                  Analisis

Taman kanak-kanak adalah institusi social yang bergerak di bidang agama untuk mengajarkan budi pekerti yang bernafaskan islam sesuai dengan akhlak Rasulullah saw. TPA ini memiliki visi dan misi dan bertujuan sebagai berikut:

Visi:

-          Menjadikan pendidikan yang berbasis pada Alquran dan sunnah Rasulullah saw sehingga tercipta masyarakat madani/islami.

Misi :

- Berperan serta dalam mengedepankan kelancaran membaca   alquran dengan tartil.

-          Membentuk pribadi muslim sejak dini dengan penekanan akhlakulkarimah.

Tujuan pendidikan :

-          Memberikan landasan spiritual alquran kepada anak dari usia dini.

-          Menghasilkan anak-anak yang dapat membaca dan menulis alquran dengan tartil, lancar dan cinta terhadapa lquran.

-          Menghasilkan anak-anak yang dapat melaksanakan tata cara ibadah dan menghafal surat-surat pendek ataupun surat-surat pilihan serta menghafal doa-doa sehari-hari.

-          Menghasilkan anak yang taat pada Allah dan berbakti kepada kedua orang tua.

-          Menjadi anak yang berguna bagi dirinya, keluarganya dan lingkungannya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini