Selasa, 12 November 2013

mustofa hamdi PMI 5 tugas demografi sensus penduduk.

Nama  : Mustofa Hamdi

Prodi   : PMI 5

Judul : Tugas Demografi Sensus penduduk.


Pendataan penduduk RT. 06 RW. 10 Duren Sawit, Jakarta Timur

Gambaran umum lokasi                                 

            Di lokasi RT 06 RW.010 ini merupakan lingkungan yang belum begitu padat, yang mana masih dapat di temukan sebuah sawah dan empang, masih ada pohon-pohon besar yang mana bisa menjadi sebuah kawasan resapan air hujan, dan selokan air di daerah RT 06 RW 010, kurang baik karena banyaknya pedang-pedangan yang membuang sisah dagangannya ke dalam selokan air seperti tukang bubur ayam, tukang es keliling, tukang mie ayam, tukang soto ayam, semuannya membuang sisah makanannya ke selokan air, dan ini yang menyebabkan banjir pada setiap musim hujan.

Di lokasi ini sering menimbulkan bau yang tidak sedap, karena efek dari segalam macam jenis bau makannan, atau olahan bahan masakan tukang dagang tersebut, sehingga menimbulkan bau yang tidak sedap, dan bau ini sudah dapat tercium di pagi hari yang mana pagi itu seharusnya mencium bau udara segar, malah mencium bau yang tidak sedap seperti itu.

Dalam hal pengelolahan sampah RT ini cukup bagus yang mana tukang samapah setiap hari selalu membersihkan sampah yang ada di setiap rumah, mulai dari sampah organik, maupun sampah non organik, dan ini sebuah menjadi pemandangan yang sangat bagus, yang lingkungan ini sangat memperhatikan sampah yang ada di tiap rumah. Namun kurang memperhatikan sampah yang ada selokan-selokan air .

Di daerah ini terdapat beberapa fasilitas, ada masjid, mushola, serta adanya sebuah tempat bimbel, infrastruktur jalannya pun sudah cukup bagus, dan bisa di lewati untuk mobil besar seperti truk, atau mobil pribadi sekalipun,  dan lapangan untuk bermain. Hanya saja pemukiman yang lumayan padat, menyebabkan kurangnya lapangan bermain untuk anak-anak, dan tempat mereka bermain hanya di halaman rumahnya saja.

 

            Kehidupan yang kekeluargaan di lingkungan RT 06 RW 010 membuat suasana disini amat tentram, saling membantu, bergotong royong, dan para pendatang pun terkadang langsung dapat di terima di lingkungan ini, dalam kawasan ini banyak sekali kontrakan ada sekitar kurang lebih 70 kontrakan yang mana ni semua yang membuat para penduduk asing atau para pendatang dari luar kota untuk bermigrasi ke kota jakarta karena sudah di sediakan tempat tinggal yang di kontrkan walupun bentuk atau hargannya bermacam-macam mulai dari 300 ribu rupiah bahkan ada yang sampai 500 ribu rupiah perbulan.

            Karena banyaknya kontrakan dan ini menyebabkan semakin padat saja lokasi di kawasaan lingkungan RT.06 RW.010, tidak hanya itu saja, membuat kurangnya tempat bermaain untuk anak-anak dan semakin banyaknya tingkat sampah di wilayah tersebut.

Di kawasan ini juga termasuk lingkungan yang  terdapat dataran tinggi dan dataran rendah, yang mana pada setiap musim hujan masyarakat yang tinggal di dataran rendah mendapatkan musibah musiman yaitu banjir, dan ini sudah menjadi sebuah rutinitas di daerah RT.06 RW.10 namun yang kebanjiran di daerah tersebut kurang lebihnya ada 30 anggota keluarga. Dan ini menjadi sebuah  PR untuk ketua RT maupun bagi masyarakat sekitarnya.

 

 

 


 

·         Metedologi penelitian

*  Pendekatan dan Jenis Penelitian

Untuk penelitian kali ini saya menggunakan metode pendekatan kualitatif yang mana pengumpulan data dengan cara seperti ini membuat saya lebih mudah, karena proses pengumpulan data yang saya lakukan melalui survei langsung ke tempat yang saya akan teliti, sehingga mendapatkan data dari apa yang didengar,di lihat, dan dari orang-orang yang kita amati,semua di kumpulkan menjadi satu.

Pendekatan yang saya lakukan menggunakan pedekatan  metode observasi,yang mana metode ini harus terjun langsung ke tempat yang kita teliti,untuk melakukan wawancara dengan objek yang akan kita amati,agar mendapatkan hasil yang sesuai dengan faktanya,dan pada kali ini peneliti akan meneliti tentang sensus penduduk yang mana pada sensus ini membahas tentang jumlah migrasi, jumlah angka kematian,  dan jumlah angka kelahiran. Di wilayah jakarta timur yang tepatnya RT 06 RW 010 duren Sawit.


 

Penyajian data-data

a.      Struktur penduduk dengan paradigmanya

Ini adalah struktur penduduk di RT. 06 RW. 010, kelurahan duren sawit , kecamatan duren sawit jakarta timur. Kawasan yang dapat dikatakan kawasan yang merata dari segi kependudukannya. Dalam pendataan yang telah saya amati ini saya memcoba membuat sebuah piramida penduduk sebagai berikut :

·         103 kepala keluarga di RT O6 RW.010

·         404  penduduk di lingkungan RT 06 RW.010 yang terdata di ketua RT

Piramida:


 LK

 PR

 0-2

            4,0

-           3,0

3 - 5

          10,0

-        13,0

6 - 13

          37,0

-        28,0

14 - 17

          10,0

-        11,0

18 - 25

          14,0

-        15,0

26 - 55

        107,0

-        96,0

55 - >

          26,0

-        30,0


 

A.    Angka kematian dengan rata-rata penyebabnya

Jumlah penduduk yang meninggal di RT.06 RW.0101 pada tahun 2013 ini berjumlah 4 orang.  Dengan total jumlah penduduk 404 orang. Dan yang meninggal itu semuanya berbeda kepala keluarga. Jadi jumlah 1 kematian dari 101  orang. Dan yang menjadi penyebab kematian bermacam-macam, ada yang meninggal karena faktor usia yaitu 2 orang, ada pula yang meninggal karena faktor penyakit diabetes 1 orang, ada yang meninggal karena terkena penyakit demam berdarah 1 orang .

Jumlah yang meninggal pada tahun tsb

                                   4

Ptt (Jumlah penduduk tengah tahun) yang sama

                              404

Pengali (1000)

                           1.000

CBR

                                 10



 Dari hasil pengitungan di atas, angka kematian di RT 06 RW 010 termasuk dalam golongan sedang yaitu sebanyak 10 orang.

B.     Angka rata-rata dan ibu yang melahirkannya

Jumlah kelahiran yang tercatat pada tahun 2013 ini berjumlah 1 orang. Dengan total jumlah penduduk 404. Jadi jumlah kelahiran di RT. 006 RW. 010 berjumlah 1 orang dari setiap 404 orang.

Jumlah Lahir Hidup pada tahun tsb

                                   1

Ptt (Jumlah penduduk tengah tahun) yang sama

                              404

Pengali (1000)

                           1.000

CBR

                                   2



Dari hasil penghitungan di atas angka jumlah lahir di RT 06 RW 010 berjumlah 2 orang dan ini termasuk dalam golongan rendah.

 

C.    Angka migrasi dengan tujuan dan bidang pekerjaannya

Dengan berdasarkan data yang didapat, terdapat beberapa data migrasi di RT. 06 RW. 010 jumlah kontrakan yang kosong di buat oleh para warga pribumi yang membuat  para pendatang dari luar kota untuk tinggal di tempat tersebut. Ada yang tinggal menetap ada pula yang hanya tinggal sementara, jumlah warga yang migrasi di karenakan faktor pekerjaan ada sekitar 5 orang seperti yang menjadi seorang kuli bangunan/atau pekerja bangunan yang mana tinggal di tempat tersebut hanya 6 bulan saja, dan ada yang tinggal hanya untuk menyelesaikan urusan di kota itu berjumlah 2 orang dan orang tersebut tinggal sekitar 1 bulan. Ada juga yang migran karena menikah dengan warga pribumi sekitar 3 orang.

 Di antara beberapa imigran ada yang memiliki KK (kartu keluarga) akan tetapi KK tersebut bukan KK di daerah tersebut, dan ada juga yang  tidak  memiliki kartu keluarga karena dengan alasan kartu KK nya tertinggal di kampungnya.

Dari 103 kepala keluarga, ada 5 keluarga yang yang tidak memiliki KK asli wilayah tersebut, itu disebabkan mereka berpindah-pindah tempat tinggal, dengan kata lain, mengontrak yang hanya sementara, dan dapat di katakan penduduk yang baru datang dari daerah.

Migran Masuk

                                 10

migran keluar

                                  -  

Total jumlah penduduk

                              404

Angka pengali (1000)

                           1.000


                                 25

Angka migrasi di RT 06 RW 010 termasuk dalam golongan tinggi yaitu sebanyak 25 orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini