Selasa, 12 November 2013

SITI NURAINI (DEMOGRAFI)

Nama   : Siti Nuraini (1111054000013)

Tugas   : Demografi (Analisis Piramida Penduduk)

 

ANALISIS PIRAMIDA PENDUDUK RT 002/004 CIPADU JAYA

  

 

Piramida penduduk adalah ilustrasi grafis yang menggambarkan distribusi  dari berbagai kelompok umur dalam populasi manusia di suatu wilayah. Piramida diatas menggambarkann banyaknya pria disebelah kanan dan perempuan sebelah kiri dengan dasar perbedaan jika perempuan menggunakan rumus (-) minus.

Pada piramida penduduk kali ini terdapat di wilayah Cipadu Jaya – Larangan, Kota Tangerang. Yang mana bentuk piramidanya menggambarkan konstuktif atau biasa disebut dengan laying-layang. Pada piramida ini menunjukkan angka kelahiran rendah dan kematian tinggi.

Piramida konstruktif memiliki cirri-ciri, diantaranya :

a.       Sebagian besar penduduk berada kelompok usia dewasa atau tua

b.      Jumlah usia penduduk sangat sedikit

c.       Tingkat kelahiran rendah dibandingkan tingkat kematian

d.      Pertumbuhan penduduk lambat

Dari jumlah penduduk total 329, sangat banyak sekali penduduk yang berusia berkisar 26-55 yang masih produktif kerja. Angka kematian yang tinggi karena dengan menggunakan rumus total 15/1000 orang meninggal dalam setahun. Pada dasarnya kematian ini karena faktor usia.

Ada beberapa imigran yang masuk dan keluar sehingga lingkungan ini juga termasuk wilayah ramai penduduk. Mereka diantaranya ada yang bekerja sebagai pegawai negeri dan ada pula yang swasta, namun kebanyakan pegawai swasta. Dari beberapa diantaranya ada yang memiliki usaha sendiri.

Metode yang digunakan dalam pengambilan data ini langsung dari ketua RT setempat dan melakukan wawancara dengan beberapa warga sekitar guna menambah informasi mengenai lingkungan tersebut.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini