Selasa, 12 November 2013

Amatullah aliyah KPI 1A_ tugas7sosiologi_Proposal penelitian

Nama   : Amatullah Aliyah
Kelas   : KPI IA
Nim     : 1113051000022
Proposal Studi Lapangan Sosiologi Agama
I.                   DASAR PEMIKIRAN
1.      Topik Satu
Sekolah merupakan suatu lembaga untuk mendidik  dan mengajar anak di bawah pengawasan guru. Belakangan ini banyak orang tua yang memutuskan anak-anaknya untuk bersekolah yang memiliki basic agama. Seperti Sekolah Dasar Islam Terpadu atau sama dengan Sekolah Dasar. Tujuannya agar anaknya juga diajarkan pengetahuan agama sekaligus. Seperti membaca Al-Qur'an, shalat berjama'ah dan lain sebagainya. Akan tetapi terkadang apa yang menjadi peraturan disekolah tersebut dan menjadi ketetapan untuk dipatuhi oleh anak-anak muridnya tersebut tidak menerap di dalam diri muridnya.   

Guru sebagai publik figur seharusnya memberikan contoh yang baik. Tetapi tidak sedikit seorang guru yang tidak mengawasi muridnya. Bahkan sekarang ini banyak guru yang memberikan suri tauladan yang kurang baik terhadap muridnya sehingga tidak sedikit dari muridnya tersebut yang meniru apa yang telah dilakukan oleh gurunya.
2.      Topik Dua
Mesjid merupakan tempat peribadatan bagi umat muslim, selain itu mesjid merupakan pusat kehidupan komunitas muslim karena didalamnya terdapat kegiatan keagamaan seperti ceramah, diskusi, belajar Al-Qur'an dan lain sebagainya. Akan tetapi belakangan ini banyak mesjid yang sudah tidak memiliki aktivitas keagamaan. Mesjid hanya di kunjungi oleh beberapa orang saja dalam waktu yang singkat bahkan mesjid kini beralih fungsi, seperti hanya sebagai tempat duduk-duduk saja. Terdapat beberapa faktor yang mungkin bisa menajadi  alasan mengapa mesjid beralih fungsi dan jarang dikunjungi jama'ah. Seperti pengelolaannya, lokasi mesjid dan lain sebagainya.
II.                PERMASALAHAN
1.      Bagaimana cara seorang guru dalam mendidik murid ?
2.      Mengapa ditemukan mesjid yang sepi dari jama'ah ?
3.      Mengapa mesjid di sekitar pusat perbelanjaan lebih ramai di kunjungi jama'ah ?
4.      Bagaimana efek shalat berjama'ah di sekolah islam ?
5.      Bagaimana cara memakmurkan mesjid ?
III.             METODELOGI
Lokasi yang akan di gunakan dalam penelitian pada beberapa tema yang telah dikemukakan adalah beberapa masjid dan sekolah agama.
Sedangkan, untuk menggali data dan informasi mengenai permasalahan pada tema yang akan di teliti, penyaji akan menggunakan metode kualitatif yaitu terjun langsung ke lapangan dengan observasi dan wawancara informasi dan penyaji akan menyajikannya dengan baik.
IV.             TEMA
1.      Efektifitas Shalat Berjama'ah di Sekolah Islam
2.      Metode Guru dalam Membentuk Akhlaq Murid
3.      Aktivitas masyarakat Bekunjung ke Masjid
4.      Peran DKM dalam Memakmurkan Mesjid
5.      Kesadaran Masyarakat dalam Memakmurkan Mesjid
V.                KERANGKA TEORITIS
Tema-tema yang telah disajikan akan dikaji dengan menggunakan teori yang dikemukakan oleh Emile Durkheim mengenai fakta sosial. Yaitu mengkaji tentang perilaku, cara berfikir, dan tindakan baik fakta sosial yang berbentuk material ataupun non maerial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini