Selasa, 12 November 2013

Nurhalimah_ Tugas demografi_ Analisis Piramida Penduduk

NAMA            : Nur Halimah (PMI 5)
ANALISIS  PIRAMIDA PENDUDUK
RT 002/ 001 Kp. Cicayur kec. Cisauk Kab.Tangerang
Dari  laporan lapangan kemarin mengenai sensus penduduk sudah dipaparkan dengan sitematis sesuai dengan format lapangan yang diberikan, maka untuk melengkapi  penyajian data-data perlu adanya analisis mengenai bentuk piramida yang sudah digambarkan sebelumnya.
Dari jumlah penduduk RT 002 kp. Cicayur menghasilkan bentuk piramida tipe konstruktif, dengan bentuk gambar seperti layang-layang, yang bagian bawah dan atasnya lebih menjorok ke dalam yang artinya wilayah tersebut mengalami penurunan pada tingkat kelahiran dan kematian yang sangat rendah. Kampung Cicayur adalah daerah perkampungan yang kini menjadi daerah transisi penduduk kampung lain yang mengalami penggusuran. Daerah yang letaknya lumayan strategis dan mudah dijangkau mulai dari akses jalan, transfortasi, kesehatan, dan pendidikan.
Dari jumlah penduduk keseluruhan mencapai 418 jiwa, yang rata-rata banyak berada pada usia produktif, adapun pada usia tidak lagi produktif yaitu pada umur 65 ke atas jumlahnya semakin sedikit, bersamaan dengan hal tersebut jumlah usia muda 0-4 tahun jumlahnya pun tidak begitu banyak. Dari data kelahiran pada tahun 2013 hanya 9 ibu melahirkan dari 418 jiwa, semua bayi lahir dalam keadaan hidup dan bayi serta ibunya pun sehat, namun sebelumnya pada tahun 2012 ada kasus kematian bayi pada usia 5 bulan, yang disebabkan oleh sakit panas. Dari jumah kelahiran yang tidak terlalu banyak disebabkan oleh kesadaran para ibu untuk menggunakan alat kontrasepsi, disamping itu tidak hanya kesadaran tetapi didukung pula oleh akses kesehatan seperti puskesmas, dan klinik bidan yang mudah dijangkau. Bertolak belakang dengan hal tersebut pada tahun 2013 ini jumlah ibu hamil mulai meningkat, walaupun tidak terlalu banyak tetapi rata-rata ibu hamil pada usia yang sangat muda, disebabkan pergaulan yang tidak terkontrol yang mengakibatkan wanita muda, bahkan usia sekolah hamil di luar nikah.
Angka kematian di RT 002 Kp. Cicayur ini sangat rendah, dikarenakan   usia tua yang tidak lagi produktif memang jumlahnya sedikit, dari tahun ketahun akan semakin berkurang. Dari jumlah kasus kematian pada tahun 2013 hanya 2 orang, yang disebabkan oleh penyakit kronis dan umur yang sudah lanjut.
Selain kelahiran dan kematian, yang dapat mempengaruhi bentuk piramida adalah tingkat migrasi yang tinggi di wilayah RT 002  tersebut. Di atas sudah disebutkan bahwa di kampung  cicayur ini kini menjadi daerah transisi penduduk kampung lain yang terkena gusuran. Karena masih banyak lahan kosong dan banyaknya warga yang mempunyai dan membangun kontrakan menambah angka migran masuk yang semakin meningkat. Sedangkan migran yang keluar tidak sebanyak yang masuk hal itupun disebabkan oleh pernikahan, istri ikut dengan suami atau sebaliknya, dan perceraian, baik cerai meninggal maupun cerai hidup, biasanya mereka akan pindah rumah.
Dari analisis bentuk piramida di atas menggambarkan bahwa angka kematian yang rendah  dan angka kelahiran yang yang tidak terlalu tinggi, hal tersebut akan mengakibatkan pada tahun tertentu akan mengalami krisis generasi penerus.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini