Senin, 19 Mei 2014

M Nurman N _ Tugas 8 _KURANGNYA PENDIDIKAN MORAL TERHADAP ANGKA KRIMINALITAS ANAK

TUGAS STUDI LAPANGAN

PENGANTAR SOSIOLOGI

"KURANGNYA PENDIDIKAN MORAL TERHADAP ANGKA KRIMINALITAS ANAK"

TOR 3

 

·         Latar Belakang

-          Mengapa penting untuk diteliti

"Karena kurangnya pendidikan moral terhadap angka kriminalitas anak ini sangat marak di khalayak. Hal ini juga bisa menghambat ataupun membawa dampak negatif bagi lingkungan sekitar. Contohnya adalah ketika anak tidak mengetahui pelajaran-pelajaran moral, maka dengan mudahnya generasi penerus bangsa ini akan dipengaruhi atau disusupi oleh tangan-tangan yang tidak bertanggungjawab. Hal ini tentu sangat berpengaruh terhadap kegiatan rutin dari masyarakat sekitar. Hal ini pula yang membuat pentingnya permasalahan ini untuk diteliti apa penyebab serta solusinya"

-          Asumsi

"Banyak kriminalitas yang terjadi kepada anak-anak dan penyebabnya adalah kurangnya pendidikan moral"

  • Teori yang digunakan

Teori yang digunakan pada observasi ini adalah teori dari Emile Durkheim, karena subjek yang diteliti adalah kelompok anak-anak yang dipakai adalah observasi, serta output yang dihasilkan adalah narasi atau sebuah penjelasan dari penemuan-penemuan observasi yang telah dilakukan.

·         Metode yang digunakan

 

Kualitatif (Bagaimana)

Metode yang digunakan dalam observasi ini adalah metode kualitatif atau lebih menitikberatkan kepada bagaimana hal itu bisa terjadi sekaligus bagaimana cara mengatasinya. Agar observasi ini berguna untuk mengungkap apa penyebab permasalahan ini terjadi dan memberi kejelasan cara mengatasinya, sehingga menjadi satu kesatuan hasil observasi yang baik dan bermanfaat bagi khalayak umum.

 

·         Pertanyaan

-          Penelitian

1.      Seberapa penting pendidikan moral untuk anak-anak?

2.      Siapa yang berperan penting  dalam penanaman moral pada anak?

 

#Jawab :

1.      Sangat penting karena moral anak harus perlu diarahkan dan dibina sejak dini, karena dengan begitu anak akan mempunyai bekal untuk menghadapi kehidupannya kelak nanti. Serta juga bisa memilih mana yang baik dan mana yang buruk. Sehingga anak tidak mudah dipengaruhi oleh orang yang tidak bertanggugjawab.

2.      Tentunya adalah orangtua karena lingkungan terdekatlah yang akan pertama dicontoh oleh anak, atau sebagai ajang pembelajaran bagi anak untuk dapat menjalani keseharianya. Serta orang-orang yang ada di lingkungan sekitar anak yang ikut berperan penting dalam bersama-sama untuk memberikan pendidikan moral kepada anak.

 

-          Lapangan

1.      Apa faktor penghambat dalam memberi pendidikan moral pada anak?

2.      Kapan pendidikan moral anak itu mulai diajarkan?

3.      Apa yang menjadi penyebab banyaknya anak yang masih tetap merasa kurang dalam mendapatkan pendidikan moral?

 

#Jawab :

1.      Faktor penghambatnya adalah karena kemauan anak yang sering berubah-ubah dalam menerima pendidikan moral pada kegiatan sehari-hari. Banyaknya orangtua yang lalai akan kewajiban dalam mendidik anak-anaknya.

2.      Sejak anak masih di usia dini.

3.      Adalah karena kelalaian bersama dalam menjaga dan melindungi serta mengajarkan anak pendidikan moral sejak usia dini.

 

 

·         Kesimpulan

Ø  Dari hasil observasi diatas bisa kita simpulkan, bahwa Faktor penyebab terjadinya tingginya angka kriminalitas anak adalah karena kurangnya pendidikan moral. Dengan berbagai faktor penghambat yang menjadi nilai negatif dalam upaya untuk mencapai kesadaran moral anak sejak dini, yang bertujuan agar mengurangi atau menghilangkan kriminalitas yang terjadi pada anak-anak. Maka diperlukanya usaha dan komitmen bersama dalam menjaga terutama memberikan pendidikan moral kepada anak-anak generasi bangsa.

 

 

Profil Narasumber :

 

1.       

·         Nama               : Dewi Khadijah

·         Umur               : 39 Tahun      

·         Status              : Wirausahawan

 

2.       

·         Nama               : Esti Shofiyatun 

·         Umur               : 45 Tahun      

·         Status              : Ibu Rumah Tangga

 

3.       

·         Nama               : Muhammad Mustofa

·         Umur               : 35 Tahun      

·         Status              : Pegawai Swasta

 

 

 

NIM : 1113054100009

NAMA : MUHAMMAD NURMAN NOVIAN

JURUSAN : KESEJAHTERAAN SOSIAL

KELAS : II A

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini