Senin, 19 Mei 2014

Ridwan Efendi_Tugas7_TOR dan Hasil Penelitian Tema ke-3

Tema : Pembangunan Perumahan membuat Lahan Pertanian dan Perkebunan Berkurang
1.      Latar Belakang
Maraknya pembangunan yang dilakukan di daerah pedesaan khususnya desa bedahan, kec.sawangan, kota depok. Baik pembangunan perumahan, perkantoran, ruko-ruko, dan pembangunan yang lainnya. Akibatnya masyarakat desa kehilangan lahan pertanian dan perkebunan yang merupakan sumber penghasilan masyarakat desa ini.
Sehingga julukan kota pertanian yang selama ini melekat pada Kota Depok, kini hanya isapan jempol semata. Pasalnya, banyak lahan pertanian dan perkebunan yang ada seperti menghilang tergerus oleh banyaknya pembangunan perumahan. Akibatnya sentra pertanian berupa buah-buahan, sayur mayur, hingga beras pun harus diimpor dari berbagai wilayah di Indonesia.
2.      Pertanyaan Penelitian
a.       Apa sebab dan akibat dari maraknya pembangunan perumahan di desa?
b.      Bagaimana kondisi saat ini setelah banyaknya pembangunan perumahan?
3.      Metode Penelitian
Metode yang digunakan ialah metode Kualitatif. Karena datanya berdasarkan cara kerja dan cenderung menggunakan analisis dan tidak menggunakan uji statistik atau menghitung.
Pengamatan tentang individu, suatu kelompok masyarakat ataupun lembaga-lembaga. Yang digunakan dalam metode ini ialah wawancara, pertanyaan-pertanyaan, dan keterlibatan juga peneliti dalam kehidupan sehari-hari dengan apa yang diamati.
4.      Teori
Menurut Max Weber sebuah tindakan manusia dapat berubah makna menjadi sebuah bentuk tindakan yang bermakna social, manakala tindakan itu ditujukan pada orang lain. Tindakan yang bermakna sosial itu dalam bahasa yang lebih khusus oleh Max Weber disebutnya sebagai tindakan sosial. Tindakan ini terjadi dibawah pengaruh keadaan emosional seseorang. Sama seperti tindakan tradisional, tindakan afektif juga memiliki sifat naluriah, tidak sadar atau tidak dapat dimengerti dan hanya dapat dijelaskan oleh psikologi dan psikoanalisa. Tindakan afektif ditandai dengan fakta bahwa tindakan tersebut tidak membawa tujuan untuk berakhir, tetapi sebagai tujuan itu sendiri dan murni untuk kepentingan dirinya sendiri. Tindakan ini juga bersifat irrasional.
5.      Area Riset
Penelitian dilakukan di daerah Kelurahan Bedahan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok. Penelitian ini didapatkan setelah mengamati beberapa tempat dan juga mewawancarai beberapa masyarakat sekitar.
Hasil Penelitian
Pertanyaan Lapangan Penelitian :
a.       Apa penyebab dari maraknya pembangunan perumahan?
b.      Apa saja akibat dari maraknya pembangunan terhadap warga desa?
c.       Bagaimana kondisi ekonomi yang ada sekarang dalam kehidupan sehari-hari?
d.      Apa upaya yang bisa dilakukan oleh warga dalam menangani kondisi saat ini?
Jawaban Penelitian Lapangan :
Penyebab dari maraknya pembangunan yang banyak terjadi dibeberapa tahun belakangan di daerah ini lantaran geliatnya pembangunan yang digalakan oleh Pemerintah Kota Depok, baik pembangunan perumahan, perkantoran, pusat belanja, ruko-ruko, dan pembangunan yang lainnya. Akibatnya banyak warga yang kehilangan lahan pertanian dan perkebunan yang merupakan sumber penghasilan mata pencaharian warga di sini. Bahkan, pertanian berupa buah-buahan, sayur mayur, hingga yang lainnya sudah sangat sedikit lantaran lahannya yang semakin berkurang.
Kondisi ekonomi yang ada pun terpengaruh, seperti pendapatan para warga yang memanfaaatkan lahan pertanian dan perkebunan mengalami berkurangnya penghasilan untuk kehidupannya bersama keluarganya. Upaya yang dapat dilakukan oleh kebanyakan warga sekarang adalah dengan cara memanfaatkan lahan pertanian dan perkebunan yang ada dengan sebaik mungkin, serta dengan cara mengolahnya dengan baik agar lahan tersebut dapat terawat dan tidak sia-sia.
Narasumber :
1.      Nama         : Jamhur
Usia           : 52 tahun
Pekerjaan   : bertani dan beternak
2.      Nama         : Sandy
Usia           : 23 tahun
Pekerjaan   : Karyawan
 
Nama   : Ridwan Efendi
NIM    : 1113054100020
Kelas   : Kessos 2A

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini