Senin, 19 Mei 2014

EDI FIRDIANSYAH_TUGAS 7_TOR DAN HASIL PENELITIAN KE 3

"KEHIDUPAN PERTERNAK AYAM POTONG UNTUK MENCUKUPI  KEHIDUPAN SEHARI - HARI"

 

A.    Pendahuluan

Ternak adalah hewan yang dengan sengaja di pelihara sebagai sumber pangan ,sumber bahan baku industeri , atau di pelihara untuk membantu pekerjaan manusia. Usaha usaha untuk memelihara atau pemeliharaan ternak di sebut sebagai perternakan (atau perikanan , untuk kelompok hewan tertentu ) dan usaha perternakan ini secara umum masuk kedalam bagian dari kegiatan pertanian.

Banyak masyarakat yang mempunyai keinginan berternak untuk menghidupi kehidupannya sehari hari , dan mudahnya berternak ayam yang mampu hampir sebagian masyarakat menternak ayam.

Oleh karna itu saya tertarik untuk meneliti sekelompok yang mempunyai perternakan ayam potong khususnya yang berada di daerah lingkungan cinangka sawangan depok.

 

B.     Teori

Penelitian ini menggunakan teori Emile Durkheim. Durkheim juga menekankan bahwa masyarakat lebih daripada sekedar jumlah dari seluruh bagiannya. Dengan metode teori mengamati kelompok masyarakat, dengan cara observasi dan menjelaskan secara narasi.

 

C.    Pertanyaan Penelitian

1.      Mengapa anda lebih memilih berternak ayam ?

2.      Apakah penghasilan anda dapat mencukupi kebutuhan sehari - hari?

 

D.    Metode Lapangan

Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif, karena penelitian ini dilakukan dengan wawancara mengajukan beberapa pertanyaan dan observasi. Metode kualitatif dipilih karena penelitian ini mengamati fenomena yang tengah terjadi di masyarakat yang tidak dapat diukur dengan angka atau ukuran matematis lainnya.

 

E.     Area Riset

Lokasi riset yang saya gunakan adalah Jl.masjid RT 03/09 Cinangka Sawangan-Depok .

 

 

Ø  Pertanyaan Lapangan

1.      Mengapa anda memilih untuk berternak ayam?

2.      Apasajah kesulitan dalam berternak?

3.      Adakah warga tetangga anda yang tidak suka dengan perternakan anda ?

4.      Berapa pendapatan bapa per bulan?

5.      Apakah dengan berternak ayam anda dapat menghidupi anak anak anda?

6.   Memiliki berapa kariyawan bapa saat ini ?

 

Ø  Jawaban Pertanyaan Lapangan

1.      Awalnya saya hanya mencoba memelihari beberapa ayam saja tetapi lama kelamaan saya tertarik dan memeliki niat yang kuat untuk menternak ayam dan akhirnya saya mempunyai perternakan ayam , dan menurut saya tidak sulit menternak ayam mangkanya saya mencoba untuk mengembangkan dan memajukan perternakan saya ini.

2.      Kesulitannya tidak terlalu banyak hanya kita harus rajin membersihkan kandang agar tidak menyebar penyakit 

3.      Yaa.. ada saja tetangga yang tidak suka dengan baunya pertenakan saya ini , dan pada takut terkena penyakit

4.      Pendapatan saya perbulan sekitar Rp 5.000.000 itu belum di potong untuk membeli makan ayam dan menggaji para kariyawan

5.      Alhamdulillah saya dapat mensekolahkan 2 anak saya dan bisa menghidupi keluarga saya sehari sehari.

6.      Alhamdulillah saya memiliki 5 kariyawan

 

Kesimpulan

               

                Jadi , bermula dari mencoba memelihara beberapa ayam saja , bapak nurdin tertarik untuk menternak ayam potong , dengan kerajinan dan bermodal niat untuk akhirnya pak nurdin mampu memiliki perternakan ayam , dengan hasil perternakan ayam tersebut bapak nurdin mampu menghidupi keluarganya dan kebutuhan sehari sehari.

 

Ø  Profil Narasumber

·         Nama                     : Nurdin

·         Usia                       : 53 tahun

·         Alamat                  : Jl masjid RT03/09 cinangka sawangan depok

·         Status                    : pengusaha perternakan ayam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini