Rabu, 23 September 2015

Eka nurbaeti ardila_Jrn 1/B_Definisi Konflik sosial dan Sumber Daya dalam perspektif sosiologi, beserta Contoh dalam kehidupan sehari-hari_Tugas2

SOSIOLOGI-Definisi konflik sosial dan sumber daya dalam perspektif sosiologi,beserta contoh dalam kehidupan sehari-hari.

Definisi

Konflik sosial dalam perspektif sosiologi adalah yang memandang masyarakat sebagai satu sistem sosial yang terdiri dari bagian-bagian  atau komponen-komponen yang mempunyai kepentingan yang berbeda-beda dimana komponen yang satu berusaha untuk menaklukan komponen yang lain nya agar memenuhi kepentingan nya atau memperolehkepentingan sebesar-besar nya.

Dalam kajian konflik sosial ini banyak para sosiologi yang berpendapat seperti ;

Teori Karlmarx  berpendapat bahwa konflik sosial adalah pertentangan antara segmen- segmen masyarakat untuk memperebut kan aset-aset yang bernilai.Menurut karlmarxda beberapa jenis konflik yang ada yaitu:

v  Konflik antara individu

v  Konflik antara kelompok

v  Konflik antara bangsa

Teori Ralf Dahrendorf  atau Dialektif yaitu masyarakat mempunyai dua wajah,yakni konflik dan konsesus.Menurut nya semua orang tidak mungkin mengalami konflik jika sebelumnya tidak ada konsensus.

Teori George  Simmel berpendapat konflik menjadi bagian dari interaksi sisosial ,maka konflik menciptakan batasan-batasan antara kelompok dengan memperkuat kesadaran internal yang membuat kelompok tersebut terbedakan dan terpisah dari kelompok lain.

Konflik dapat memperkuat solidaritas kelompok yang agak longgar.Dalam masyarakat yang terancam disintegrasi,konflik dengan masyarakat lain bisa menjadi kekuatan yang mempersatukan.

Sumber Daya definisi nya dalam perspektif sosiologi adalah suatu nilai potensi yang demiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan.Sumber daya tidak selalu bersifat fisik,tetapi juga non-fisik (intangible).Sumber daya ada yang dapat berubah,baik menjadi semakin besar maupun hilang,dan ada pula sumber daya yang kekal (selalu tetap).Selain itu,dikenal pula istilah sumber daya yang dapat pulih atau terbarukan  (renewable resources) dan sumber daya tak terbarukan (non-renewable resources).Sumber daya yang termasuk dapat pulih tanaman dan hewan (sumber daya hayati).

Contoh konflik sosial

Dalam contoh konflik sosial dapat kita ambil pada konflik-konflik yang terjadi diberbagai negara,seperti:

§  Konflik Timur Tengah seperti  dinegara Israel dan Palestina yang terjadi dalam kurung waktu yang lama merupakan contoh konflik sosial yang tidak terkontrol,sehingga timbul kekerasan.

§  Konflik agama Katolik-Protestan di negara Irlandia memberikan contoh konflik yang bersejarah lain nya.

§  Dan banyak konfli yang terjadi karena adanya perbedaan ras danetnis.Ini termasuk konflik Bosnia – Kroasia(lihat kosovo),konflik di Rwanda,dan konflik dikazakhstan.

 

Contoh perebutan sumber daya

Pada contoh perebutan sumber daya ini dapat kita ambi dari sumber daya alam.Dua negara dalam waktu yang bersamaan  mengekuarkan ancaman penyerangan terhadap negara kaya minyak yaitu Iran,dua negara tersebut adalah negara Inggris dan Israel sebagai mana telah diberitakan pada media masa.

Kasus Irak dan libya juga termasuk contoh nyata dalam perebutan sumber daya alam,pengguna Isu Senjata Pemusnah Massal,Isu HAM dan Isu Demokratisasi sebagai alasan keterlibatan negara-negara besar dan sekutunya dalam peperangan.Irak adalah negara pertama yang dijadikan proyek penguasaan sumber daya alam berupa ladang minyak dengan berlindung dibalik isu penghancuran senjata pemusnah massal dan penghancuran rezim anti demokrasi.Dalam kasus irak seolah tujuan penguasaan ladang minyak "diabaikan" dan "ditutupi"dengan tujuan penghancuran senjata pemusnah massal dan kemudian penggulingan rezim tiran dan otoriter yang digembar-gemborkan melalui jaringan media massa yang juga dikuasai negara –negara penyerang untuk pencitraan yang muncul dan dominan agar dunia menyatakan memang ada"keuntungan"bagi rakyat Irak berupa jatuhnya rezim tiran dan otoriter.

Keterlibatan negara-negara besar di Libya juga kurang lebih sama namun dengan "cara" yang lebih halus dan mulia yaitu membantu (bukan menyerang secara langsung).

Dari kedua kasus keterlibatan negara-negara besar di Irak dan Libya yang tidak dimunculkandalam arus besar yang diberita kan pada media massa dunia yang dimiliki oleh negara-negara tersebut adalah penguasaan secara nyata atas ladang Irak dan Libya.

 

 

 

 

Sumber Referensi :

Raho,Bernard.Desember 2007.Teori Sosiologi Modern.Cetakan pertama. Jakarta: prestasi pustaka,publisher.

Susan,Novri.2009.Konflik Sosial dan Isu-Isu konflik kontemporer.Jakarta: Kencana.

[internet]http//:Kompasiana.com/masdjianto/indonesia-waspadalah-perebutan-sumber-daya-alam.

[internet]http//:id.m.wikipedia.org/wiki/konflik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini