Rabu, 23 September 2015

Muhammad badrut tamam-jurnalistik 1/B-konflik sosial dan perebutan sumber daya-tugas2

Nama: muhammad badrut tamam
Kelas : jurnalistik 1/B
NIM : 11150510000232

Konflik sosial dan perebutan sumbe daya


1.     Definisi Konflik Sosial
            Manusia adalah makhluk konflik (homo conflictus) yaitu makhluk yang terlibat dalam perbedaan, pertentangaan dan persaingan baik sukarela maupun terpaksa.francis mengutarakan unsur persinggungan dan pergerakan sebagai aspek tindakan sosialnya.Sehingga secara sederhana konflik adalah pertentangan yang ditandai oleh pergerakan dari beberapa pihak sehingga terjadi persinggungan.
            "konflik berarti persepsi mengenai perbedaan kepentingan (perceived divergence of interest), atau suatu kepercayaan bahwa aspirasi pihak-pihak yang berkonfik tidak dicapai secara simultan (Pruit & Rubin, 2004:10). Jika memahami konflik pada dimensi ini, maka unsur-unsur yang ada didalam konflik adalah persepsi, aspirasi dan aktor yang terlibat didalamnya.
            Konflik bisa muncul dalam skala yang berbeda seperti:
a)      Konflik antar perorangan (interpoersonal conflict)
b)      Konflik antar kelompok (intergroup confilct)
c)      Konflik antar kelompok dengan negara (vertical conflict)
d)     Konflik antarnegara (interstate conflict)

2.      Definisi sumber daya
     Dalam perspektif sosiologi sumber daya diartikan sebagai materi unsur yang mempunyai potensi, dalam artian sumber daya merupakan sesuatu yang harus dijaga dan dilestarikan dengan baik oleh makhluk sosial itu sendiri. Sehingga dengan adanya hubungan yang baik itulah akan terjadi keseimbangan dalam kehidupan di muka bumi ini.
     Dalam ilmu pengetahuan alam sendiri sumber daya ada yang bisa diperbaharui contohnya seperti angin, udara, air, cahaya matahari, awan, api, dan lain sebagainya yang mungkin tak akan habis kita pakai, berbeda lagi dengan sumber daya yang tidak dapat diperbaharui, contohnya seperti batu bara, minyak bumi, bahan galian (emas, perak, perunggu, berlian , batu akik), semua sumber daya yang tidak dapat diperbaharui tentu akan habis jika kita memakainya terus menerus.
Maka dari itu timbulah hubungan antara sumber daya dengan ilmu sosiologi. Bahwa, dengan adanya perawatan sumber daya yang baik oleh makhluk sosial maka akan terjadi kehidupan yang sejahtera tanpa mengganggu sumber daya yang telah ada.
 
3.      Contoh Konflik Sosial dan Perebutan Sumberdaya dalam Kehidupan Sehari-hari

     *) Disuatu Fakultas di Universitas Negeri ada dua Organisasi kemahasiswaan yang saling mendominasi, dan dalam pencarian kader baru yang unggul, sehingga terjadi pergesekan antar kedua Organisasi tersebut yang menimbulkan dinamika dan konflik politik baik didalam maupun diluar kampus. (contoh Konflik antar kelompok terhadap sumberdaya manusia).
    *) Terjadi sengketa antara Indonesia dan Malaysia atas klaim Malaysia terhadap kekayaDefinisi Konflik Sosial dalam perspektif  sosiologi
 

B.   Sumber daya dalam  perspektif  sosiologi
   Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga nonfisik (intangible). Sumber daya ada yang  dapat berubah, baik menjadi semakin besar maupun hilang, dan ada pula sumber daya yang kekal (selalu tetap). Selain itu, dikenal pula istilah sumber daya yang dapat diperbaharui dan atau sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui. sebagai contoh sumberdaya yang dapat di perbaharui diantaranya tumbuhan dan hewan. Dalam hal ini sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui seperti minyak bumi dan gas, batudara, dan jenis tambang lain yang masuk ke dalam sjenis sumberdaya alam. Sumber daya terbagi atas dua jenis :
a.       Sumber daya alam
b.      Sumber daya manusia
 
C.   Contoh Konflik Sosial dan sumber daya dalam kehidupan sehari-hari
1.     contoh konflik sosial
·         Konflik gender
·         Konflik rasial dan antar suku
·         Konflik antar umat agama
·         Konflik antar golongan
·         Konflik kepentingan
·         Konflik antar pribadi
·         Konfik antar kelas sosialsosial
·         Konflik antar negara/bangsa
 
2.      Contoh perebutan sumber daya:
·         Perebutan wilayah Negara Irak oleh Amerika karena memiliki sumber daya minyak yang banyak.
·         Perebutan Kepulauan Senkaku antara Cina dan Jepang karena kepulauan itu melimpahnya sumber daya minyak dan gas alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini