Rabu, 23 September 2015

maulidya muslimah / jurnalistik 1a / tugas 2

Nama: Maulidya Muslimah

Nim: 11150510000052


KONFLIK SOSIAL DAN PEREBUTAN SUMBER DAYA

 

1.      Definisi konflik sosial

Konflik berasal dari kata configare (latin) yang berarti memukul. Secara sosiologi konflik adalah suatu proses sosial antara dua orang atau lebih yang saling berusaha menyingkirkan satu sama lain. Menurut soerjono soekanto memberikan pengertian konflik berdasarkan tujuan adalah pertentangan untuk berusaha memenuhi tujuan dengan cara menentang pihak lawan. Menurut lewis A coser, konflik adalah perjuangan nilai atau tuntutan atas status dan konflik adalah bagian dari masyarakat yang akan selalu ada, sehingga apa bila ada masyarakat akan ada konflik.

            Pengertian konflik di bagi menjadi 3, yaitu:

1.      Konflik sebagai pertentangan dalam perebutan sosial.

2.      Konflik sebagai sebuah antagonism

3.      Konflik sebagai oposisi sosial

Konflik di yakini merupakan suatu fakta utama dalam masyarakat konflik lebih banyak di pahami sebagai keadaan tidak berfungsinya, komponen-komponen masyarakat sebagaimana mestinya atau gejala penyakit dalam masyarakat yang terintegrasi secara tidak sempurna.

Konflik memiliki fungsi-fungsi positif. Salah satunya adalah mengurangi ketegangan dalam masyarakat, juga mencegah agar ketegangan tersebut tidak terus bertambah dan menimbulkan kekerasan yang memungkin terjadinya perubahan-perubahan. Konflik memang tidak merubah system social itu sendiri namun konflik menciptakan perubahan-perubahan di dalam system, dan kosekuensinya system itu bias lebih efektif.

 

2.      Definisi sumber daya

 

sumber daya alam adalah semua bahan yang ditemukan manusia dalam alam yang dapat digunakan untuk kepentingan hidupnya. Bagi manusia, hakikat sumber daya alam sangat penting baik sumber daya alam yang berupa benda hidup (hayati) maupun yang berupa benda mati (non hayati). Kedua macam sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Suatu negara yang banyak sumber daya alamnya maka negara tersebut akan menjadi negara yang kaya.

 

Pemanfaatan sumber daya alam ditentukan berdasarkan kegunaan sumber daya alam tersebut bagi manusia. Oleh karena itu, nilai suatu sumber daya alam juga ditentukan oleh nilai kemanfaatannya bagi manusia. Misalnya lahan pertanian yang subur dapat dijadikan daerah pertanian yang potensial.

 

Manusia (penduduk) suatu negara merupakan sumber daya bagi Negara tersebut karena manusia dapat memberikan manfaat bagi negaranya, seperti tenaga kerja, kemajuan ilmu pengetahuan, dan teknologi yang dapat meningkatkan ekonomi Negara

 

3.      Contoh dalam kehidupan sehari-hari

 

Konflik sosial:

 

1.      konflik antar suku

2.      tawuran pelajar

 

Perebutan sumber daya :

 

1.      konflik Laut Tiongkok Selatan

2.      perebutan wilayah

 

 

Sumber:

Bactiar Wardi, 2006. Sosologi klasik, bandung: PT Remaja rosdakarya

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini