Rabu, 23 September 2015

Sulistyowati jurnal A _tugas (2) _ Konflik Sosial dan Perebutan Sumber Daya

Nama               : Sulistyowati

NIM                 : 11150510000126

Jurusan                        : Jurnalistik A

 

Konflik Sosial dan Perebutan Sumber Daya

A.Konflik Sosial

            Konflik berasal dari kata kerja latin configere yang berarti saling memukul. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tidak berdaya. Istilah konflik menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti percekcokan, perselisihan, pertentangan.

Definisi konflik sosial dalam pustaka sosiologi adalah sebagai berikut :

  1. Konflik sosial adalah perselisihan mengenai nilai-nilai atau tuntutan-tuntutan berkenaan        dengan status, kuasa, dan sumber-sumber kekayaan yang persediaannya terbatas. Pihak-pihak yang sedang berselisih tidak hanya bermaksud untuk memperoleh sumber-sumber yang diinginkan, tetapi juga memojokkan, merugikan atau menghancurkan lawan mereka. (Lewis A. Coser)

  2. . Konflik sosial adalah suatu proses sosial dimana orang perorangan atau kelompok manusia berusaha untuk memenuhi apa yang menjadi tujuannya dengan jalan menentang pihak lain disertai dengan ancaman dan/atau kekerasan. (Leopold von Wiese)

  3.  Konflik sosial adalah konfrontasi kekuasaan/kekuatan sosial. (R.J. Rummel)

  4.  Konflik sosial adalah kondisi yang terjadi ketika dua pihak atau lebih menganggap ada perbedaan 'posisi' yang tidak selaras, tidak cukup sumber, dan/atau tindakan salah satu pihak menghalangi, mencampuri atau dalam beberapa hal membuat tujuan pihak lain kurang berhasil. (Duane Ruth-Heffelbower).

Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih(atau juga kelompok) yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tak berdaya.

Pengertian Konflik menurut Ahli :

  • Soerjono Soekanto : Suatu proses sosial individu atau kelompok yang berusaha memenuhi tujuannya dengan jalan menentang pihak lawan yang disertai dengan ancaman dan /atau kekerasan.

  • Gillin and Gillin : konflik adalah bagian dari sebuah proses sosial yang terjadi karena adanya perbedaan-perbedaan fisik, emosi , kebudayaan dan perilaku. 

     

    Robbin, Myers, dan Stoner memberikan pandangannya mengenai konflik dalam tiga perspektif.

  1. Pandangan Tradisional
  •   Konflik merupakan sesuatu yang negative merugikan dan harus dihindari
  •   Konflik terjadi karena adanya disfungsi komunikasi

2.      Pandangan hubungan manusia (pandangan modern)

  •  Sesuatu yang tidak dapat dihindari karena adanya perbedaan pandangan

3.      Pandangan Interaksionis (pandangan modern)

  •  Konflik harus didorong untuk selalu muncul
  •  Konflik perlu dipertahankan sehingga akan ada dinamika

 

Contoh dalam sehari-hari bisa kita liat dari pergaulan remaja masa kini yang banyak melakukan tawuran antar sekolah, atau perang di POSO,,

 

 

B.Sumber Daya

           

 Sumber daya adalah suatu nilai potensi yang dimiliki oleh suatu materi atau unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya tidak selalu bersifat fisik, tetapi juga non-fisik (intangible). Sumber daya ada yang dapat berubah, baik menjadi semakin besar maupun hilang, dan ada pula sumber daya yang kekal (selalu tetap). Selain itu, dikenal pula istilah sumber daya yang dapat diperbaharui dan atau sumberdaya yang tidak dapat diperbaharui.

Sumber daya yang dapat diperbaharui bisa kita contohkan dengan alam. Yang tergolong di dalamnya tidak hanya komponen biotik, seperti hewan, tumbuhan, dan mikroorganisme, tetapi juga komponen abiotik, seperti minyak bumi, gas alam, berbagai jenis logam, air, dan tanah.

 

Contoh dari perebutan sumber daya adalah  perebutan pulau Kalimantan oleh negara Malaysia ,contoh lainnya adalah pengambilan alih sumber daya alam batu bara yang berada di Papua,yang hasilnya tak sebanding dengan apa yang telah diambil oleh negara lain.

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini