Rabu, 23 September 2015

reza konflik sosial dan perebutan sumberdaya tugas 3

Muhamad Fahreza

11150510000054

KPI 1 B

 

Konflik Sosial dan Perebutan Sumber Daya

 

1.      Definisi Konflik Sosial Dalam Perspektif Sosiologi

 

Istilah "konflik" secara etimologi berasal dari Bahasa latin "con" yang berarti bersama dan"fligere" yang berarti benturan atau tabrakan. Konflik merupakan gejala sosial yang hadir dalam kehidupan sosial, sehingga konflik bersifat inheren, artinya konflik akan senantiasa ada dalam ruang dan waktu, dimana saja dan kapan saja. Konflik dan integrasi sosial merupakan gejala yang selalu mengisi setiap kehidupan sosial. Hal-hal yang mendorong timbulnya konflik dan integrase adalah adanya persamaan dan perbedaan kepentingan sosial. Dari setiap konflik ada beberapa diantaranya yang dapat diselesaikan dan ada yang tidak dapat diselesaikan sehingga menimbulkan paksaan bahkan kekerasan.

 

·         Macam-macam Konflik

Ø  Konflik pribadi

Ø  Konflik golongan

Ø  Konflik gender

Ø  Konflik antar umat beragama

 

2.      Perebutan Sumber Daya

 

Sumber daya adalah nilai potensi yang dimiliki oleh unsur tertentu dalam kehidupan. Sumber daya yang dikuasai setiap orang bahkan berfungsi merealisasikan tujuan individual maupun kolektif. Modal sosial ini memungkinkan

Dihasilkannya kemakmuran individu, seperti ketika orang sedang membantu salah seorang temannya dalam mendapatkan pekerjaan. Modal ini juga memungkinkan orang untuk menghasilkan kekayaan kolektif yang memberi keuntungan kepada sebuah kelompok yang memiliki kepentingan bersama. Apakah mereka turut berpartisipasi dalam menghasilkan kekayaan tersebut secara personal atau tidak. Sebagai mana jaringan keanggotaan sebuah asosiasi memungkinkan mereka untuk memperoleh gedung atau tempatsecara lebih mudah dalam rangka mengembangkan aktivitas mereka.

 

 

3.      Contoh Konflik Sosial dan Perebutan Sumber Daya dalam Kehidupan Sehari-hari

 

·         Contoh konflik sosial :

Konflik yang terjadi pada Palestina dan  Israel hingga menimbulkan kekerasan bahkan jutaan korban jiwa.

 

·         Contoh Perebutan Sumber daya

Konflik Chile dan Argentina dalam perebutan 3 jalur besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini