Rabu, 23 September 2015

konflik sosial dan sumber daya alam nama Dio Ihkamuddin JNR 1b tugas 2

Nama : Dio Ihkamuddin
Jurusan : Jurnalistik 1B
NIM : 11150150000204
Definisi konflik
Konflik adalah suatu proses sosial yang berlangsung dengan melibatkan orang-orang atau kelompok-kelompok yang saling menangtang dengan anacaman kekerasan dalam bentuj ekstrem.
Menurut max weber: konflik unsur dasar kehidupan manusia pertentangan tidak dapat dilenyapkan dari kehidupan budaya manusia, manusia memang dapat mengubah sarannya,objeknya, arah dasarnya penduduknya akan tetapi manusia tidak dapat membuang konflik itu sendiri.
Konflik tidak hanya untuk mempertahankan hidup dan mengkokohkan eksisitensi hidup tapi konflik bisa membangun segala hal.banyak yang menyebabkan terjadinya konflik karena adanya perbedaan pendirian dan keyakinan yang dimana akan menimbulakan suatu konflik dan akan menimbulkan pembentrokan yang akan saling membinasakan lawan dan tidak hanya itu saja tapi bisa dilakukan dengan simbolik, yang dimana untuk melenyapkan pikiran-pikiran yang tak di setuiji.Kecuali perbadaan pendirian, tapi hal yang bisa konflik semakin luas adanya budaya yang dimana bisa mencakup kelompok besar dan akan terjadinya konflik dan beberapa terjadinya konflik.
Teori Konflik dalam Perspektif Sosiologis
Kehidupan merupakan siklus yang panjang, didalamnya ada manusia berperan sebagai aktor utamanya. Manusia hidup dalam waktu ke waktu, seiring berjalannya siklus kehidupan yang terus berputar, selalu ada perkembangan, membawa perubahan dan menciptakan sejarah akan dirinya. Manusia adalah mahluk yang memiliki rasa kepuasan yang tak terbatas, kebutuhan yang tak ada habisnya, rakus dan saling ketergantungan. Oleh karena itulah kehidupan manusia senantiasa penuh dengan keinginan, harapan dan pertimbangan. Keinginan untuk memenuhi kepuasannya, harapan yang selalu ingin kehidupannya baik dan mempertimbangkan segala sesuatu secara rasional ataupun tidak. Namun, ketika keinginan tidak bisa tercapai, harapan tak sesuai dengan kenyataan dan pertimbangan sangat sulit untuk memilih apa yang akan dipilih maka akan terciptalah konflik, baik itu konflik dalam dirinya sendiri maupun orang lain, menjadikan kehidupan tak selalu berjalan mulus.
Konflik menjadi bagian dalam kehidupan manusia. Manusia tidak akan pernah terlepas dari konflik, karena manusia hidup bermasyarakat dan dalam bermasyarakat itu sendiri terdapat struktur yang mengatur sedemikian rupa sehingga terbentuklah suatu tatanan masyarakat yang kompleks. Selain itu, interaksi sosial yang terjadi dalam bermasyarakat juga menjadi pemicu terjadinya konflik. Interaksi didalamnya juga diatur oleh struktur sosial yang mengatur perilaku dan mempengaruhi personal seseorang atau bahkan membentuknya. Kesimpulannnya, interaksi sosial yang diatur oleh struktur sosial akan menimbulkan konflik dan akan membentuk personalitas manusia.
Contoh konflik sosial: ketika tidak adanya rasa empati dalam melakukan hal yang positif dalam membangun lalu lintas yang nyaman tapi warga yang protes tak mau di beri arahan akhirnya terjadilah konflik.
Contoh konkrit: tawuran,perang, perkalahian,terjadinya perang dunia dan lain-lain.
Sumber daya alam dalam perspektif sosiologi
Sumber daya alam menurut Sosiologi lingkungan (environment sociology) didefenisikan sebagai cabang sosiologi yang memusatkan kajiannya pada adanya keterkaitan antara lingkungan dan perilaku sosial manusia. Menurut Dunlop dan Catton, sebagaimana dikutip Rachmad, sosiologi.ut perspektif sosiologi
Pengertian dan Contoh Sumber Daya Alam yang Dapat/Tidak Dapat Diperbaharui-Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis jika dugunakan karena selalu berdaur dan terbarukan. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas karena penggunaannya lebih cepat daripada proses pembentukkannya dan apabila digunakan secara terus-menerus akan habis.
 
Contoh Sumber Daya Alam ( SDA ) yang dapat diperbaharui:
  1. Tumbuhan ( karet/lateks, terpentin, kapas, biosolar, biodiesel, spiritus, alkohol, dsb )
  2. Hewan ( biogas, wol, serat sutra, dsb )
  3. Angin/udara
  4. Tanah
  5. Air
  6. Cahaya matahari
  7. Mutiara
  8. Minyak gondorukem
  9. Kertas
Contoh Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui:
  1. Emas dan perak
  2. Alumunium
  3. Tembaga
  4. Besi
  5. Nikel
  6. Perunggu
  7. Gypsum
  8. Belerang
Semua manusia pasti akan terjadi konflik dalam segala hal dan manusia pun butuh namanya sumber daya alam yang mana keduanya sama-sama tak bisa lepas dari kehidupan sosial.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini