Selasa, 09 Oktober 2012

Proposal Penelitian Kemacetan Transportasi dan Kurang Baiknya Infrastruktur di Ciputat

Nama : Budhi Baihakki (1111054000010)

Mata Kuliah : Sosiologi Perkotaan

Tugas : Proposal Penelitian

Pengembangan Masyarakat Islam 3

Proposal Penelitian Kemacetan Transportasi dan Kurang Baiknya Infrastruktur di Ciputat

LATARBELAKANG MASALAH

Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta dan Bangkok. Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Seringkali aktifitas terhambat karena kemacetan yang seringkali terjadi di kota-kota besar. Sehingga pertumbuhan ekonomi di suatu negarapun dapat terhambat. Macet pun dapat menjadi akibat dari kecelakaan dan konflik antar pengendara yang terjebak dalam kemacetan lalu lintas. Kadang pengendara yang tidak sabar akan mudah tersulut emosinya dan akan terjadi konflik bahkan saling senggol ataupun jatuh di jalan saat kemacetan. Hal ini terjadi terutama pada pengguna sepeda motor.

Menurut penelitian terdahulu tentang kemacetan, menjelaskan bahwa Kemacetan lalu lintas telah menjadi masalah yang kronis di wilayah DKI Jakarta. Nyaris setiap hari masyarakat yang menggunakan moda transportasi darat (kecuali kereta api) di Jakarta dipusingkan oleh kemacetan yang seperti tiada habisnya. Berbagai usaha pemerintah daerah DKI Jakarta untuk mengatasi kemacetan pun telah dilakukan akan tetapi belum membuahkan hasil. Bahkan kini kemacetan di Jakarta justru bertambah parah. Jika sebelumnya kemacetan hanya terjadi di saat pagi hari (jam berangkat kantor) dan sore hari (jam pulang kantor), kini kemacetan nyaris terjadi sepanjang hari di banyak titik di jalan-jalan di Jakarta.

Kemacetan adalah kondisi dimana terjadi penumpukan kendaraan di jalan. Penumpukan tersebut disebabkan karena banyaknya kendaraan tidak mampu diimbangi oleh sarana dan prasana lalu lintas yang memadai. Akibatnya, arus kendaraan menjadi tersendat dan kecepatan berkendara pun menurun. Rata-rata kecepatan berkendara di Jakarta saat ini berada di kisaran 15 km/jam, yang menurut standar internasional angka ini tergolong sebagai macet. Angka ini di bawah angka kecepatan berkendara di kota di dunia, seperti misalnya Tokyo. Data ini menunjukkan bahwa kondisi kemacetan di Jakarta cukup parah. Kemacetan ini disebabkan karena melonjaknya jumlah kendaraan bermotor yang ada di Jakarta. Tingginya tingkat pertumbuhan kendaraan bermotor di Jakarta ini tidak diimbangi oleh meningkatnya sarana dan prasarana lalu lintas yang memadai. Pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor di DKI Jakarta diperkirakan berada di kisaran 5-10% per tahun dengan motor sebagai porsi terbesar penyumbangnya. Berbanding kontras dengan pertumbuhan jumlah kendaraan bermotor, pertumbuhan panjang jalan bahkan kurang dari 1% per tahunnya. Akibatnya, kendaraan bermotor semakin menumpuk di jalanan Jakarta dan kemacetan pun tidak terhindari.

Kemacetan pada akhirnya menimbulkan banyak sekali kerugian terhadap masyarakat dan negara. Kerugian yang paling nyata adalah pemborosan bahan bakar. Pakar Transportasi, Danang Parikesit, menyatakan, menurut survei, masyarakat Jakarta akan menghabiskan 6-8% PDB untuk biaya transportasi. Padahal idealnya menurut standar internasional adalah 4% dari PDB. Pemborosan ini membuat uang seharusnya digunakan/dialokasikan masyarakat untuk penggunaan lain harus dikeluarkan untuk biaya transportasi. Kondisi ini jelas merugikan masyarakat. Selain itu, kemacetan juga menciptakan dampak yang lainnya, yaitu kerusakan lingkungan akibat polusi udara yang dikeluarkan oleh kendaraan bermotor.

Fungsi penelitian ini dalam mata kuliah Sosiologi perkotaan adalah, agar kita dapat meneliti persoalan-persoalan mengenai kemacetan dan infrastruktur yg msh kurang dari suatu kota, dan dapat menemukan pemecahan masalah tentang bagaimana cara kita untuk berpartisipasi dalam rangka mengurangi kemacetan tersebut dengan berbagai cara yang paling kecil hingga yang besar.

BATASAN MASALAH

            Karena keterbatasan dalam hal waktu, kemampuan peneliti, dan kesempatan dalam penelitian. Maka penelitian ini hanya akan membahas tentang Kemacetan Transportasi dan Kurang Baiknya Infrastruktur di Ciputat.

RUMUSAN MASALAH

1.      Apa yang menyebabkan kemacetan di Ciputat?

2.      Apa saja dampak dari kemacetan di Ciputat?

3.      Bagaimana cara untuk mengurangi kemacetan di Ciputat?

TUJUAN PENELITIAN

1.      Ingin mengetahui penyebab kemacetan di Ciputat.

2.      Untuk meneliti dampak yang ditimbulkan dari peristiwa kemacetan setiap harinya di Ciputat.

3.      Untuk meneliti cara mengurangi kemacetan yang setiap harinya terjadi di Ciputat.

METODOLOGI PENELITIAN

Lokasi penelitian adalah di Jalan Insinyur Haji Juanda, depan Ciputat Mega Mall. Karena di setiap harinya lokasi ini menjadi salah satu pusat kemacetan di Ciputat. Penelitian akan dilakukan setiap pagi hari saat jam sibuk warga berangkat beraktifitas kerja atau sekolah, dan sore hari saat semua aktifitas kerja dan kegiatan sekolah telah selesai.

Tekhnik pengambilan data akan dilakukan secara:

1.      Observasi langsung.

2.      Wawancara .

3.      Dokumentasi penelitian.

LANDASAN TEORI

Pengertian Kemacetan Lalulintas

Kemacetan adalah situasi atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan. Kemacetan banyak terjadi di kota-kota besar, terutamanya yang tidak mempunyai transportasi publik yang baik atau memadai ataupun juga tidak seimbangnya kebutuhan jalan dengan kepadatan penduduk, misalnya Jakarta dan Bangkok. Kemacetan lalu lintas menjadi permasalahan sehari-hari di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan dan kota-kota besar lainnya di Indonesia.

Penyebab kemacetan

Kemacetan dapat terjadi karena beberapa alasan:

·         Arus yang melewati jalan telah melampaui kapasitas jalan.

·         Terjadi kecelakaan terjadi gangguan kelancaran karena masyarakat yang menonton kejadian kecelakaan atau karena kendaran yang terlibat kecelakaan belum disingkirkan dari jalur lalu lintas.

·         Terjadi banjir sehingga kendaraan memperlambat kendaraan.

·         Ada perbaikan jalan.

·         Bagian jalan tertentu yang longsor.

·         Kemacetan lalu lintas yang disebabkan kepanikan seperti kalau terjadi isyarat sirene tsunami.

·         Karena adanya pemakai jalan yang tidak tahu aturan lalu lintas, Seperti: berjalan lambat di lajur kanan dan sebagainya.

·         Adanya parkir liar dari sebuah kegiatan.

·         Pasar tumpah yang secara tidak langsung memakan badan jalan sehingga pada akhirnya membuat sebuah antrian terhadap sejumlah kendaraan yang akan melewati area tersebut.

·         Pengaturan lampu lalu lintas yang bersifat kaku yang tidak mengikuti tinggi rendahnya arus lalu lintas

Dampak negatif kemacetan

·         Kemacetan lalu lintas memberikan dampak negatif yang besar yang antara lain disebabkan:

·         Kerugian waktu, karena kecepatan perjalanan yang rendah

·         Pemborosan energi, karena pada kecepatan rendah konsumsi bahan bakar lebih rendah,

·         Keausan kendaraan lebih tinggi, karena waktu yang lebih lama untuk jarak yang pendek, radiator tidak berfungsi dengan baik dan penggunaan rem yang lebih tinggi,

·         Meningkatkan polusi udara karena pada kecepatan rendah konsumsi energi lebih tinggi, dan mesin tidak beroperasi pada kondisi yang optimal,

·         Meningkatkan stress pengguna jalan,

·         Mengganggu kelancaran kendaraan darurat seperti ambulans, pemadam kebakaran dalam menjalankan tugasnya

Pemecahan permasalahan kemacetan

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk memecahkan permasalahan kemacetan lalu lintas yang harus dirumuskan dalam suatu rencana yang komprehensif yang biasanya meliputi langkah-langkah sebagai berikut:

Peningkatan kapasitas

Salah satu langkah yang penting dalam memecahkan kemacetan adalah dengan meningkatkan kapasitas jalan/parasarana seperti:

  1. Memperlebar jalan, menambah lajur lalu lintas sepanjang hal itu memungkinkan,
  2. Merubah sirkulasi lalu lintas menjadi jalan satu arah,
  3. Mengurangi konflik dipersimpangan melalui pembatasan arus tertentu, biasanya yang paling dominan membatasi arus belok kanan.
  4. Meningkatkan kapasitas persimpangan melalui lampu lalu lintas, persimpangan tidak sebidang/flyover,
  5. Mengembangkan inteligent transport sistem.

Keberpihakan kepada angkutan umum

Untuk meningkatkan daya dukung jaringan jalan dengan adalah mengoptimalkan kepada angkutan yang efisien dalam penggunaan ruang jalan antara lain:

  1. Pengembangan jaringan pelayanan angkutan umum
  2. Pengembangan lajur atau jalur khusus bus ataupun jalan khusus bus yang di Jakarta dikenal sebagai Busway,
  3. Pengembangan kereta api kota, yang dikenal sebagai metro di Perancis, Subway di Amerika, MRT di Singapura
  4. Subsidi langsung seperti yang diterapkan pada angkutan kota di Transjakarta, Batam ataupun Jogjakarta maupun tidak langsung melalui keringanan pajak kendaraan bermotor, bea masuk kepada angkutan umum,

Pembatasan kendaraan pribadi

Langkah ini biasanya tidak populer tetapi bila kemacetan semakin parah harus dilakukan manajemen lalu lintas yang lebih ekstrem sebagai berikut:

  1. Pembatasan penggunaan kendaraan pribadi menuju suatu kawasan tertentu seperti yang direncanakan akan diterapkan di Jakarta melalui Electronic Road Pricing (ERP). ERP berhasil dengan sangat sukses di Singapura, London, Stokholm. Bentuk lain dengan penerapan kebijakan parkir yang dapat dilakukan dengan penerapan tarip parkir yang tinggi di kawasan yang akan dibatasi lalu lintasnya, ataupun pembatasan penyediaan ruang parkir dikawasan yang akan dibatasi lalu lintasnya,
  2. Pembatasan pemilikan kendaraan pribadi melalui peningkatan biaya pemilikan kendaraan, pajak bahan bakar, pajak kendaraan bermotor, bea masuk yang tinggi.
  3. Pembatasan lalu lintas tertentu memasuki kawasan atau jalan tertentu, seperti diterapkan di Jakarta yang dikenal sebagai kawasan 3 in 1 atau contoh lain pembatasan sepeda motor masuk jalan tol, pembatasan mobil pribadi masuk jalur busway.

PENUTUPAN

Jadi kemacetan adalah atau keadaan tersendatnya atau bahkan terhentinya lalu lintas yang disebabkan oleh banyaknya jumlah kendaraan melebihi kapasitas jalan.macet juga salah satu masalah yang paling menjengkelkan bagi warga di daerah kota-kota besar. Selain membuang waktu dan menghambat, kemacetan juga banyak membuang energi yang sebenarnya harus kita irit, contohnya Bahan Bakar Minyak yang semakin lama tentunya akan semakin menipis. Macet bisa kita cegah dengan berbagai cara yang bisa dibilang sangat efektif. Tetapi kurangnya kesadaran manusia untuk bisa hidup dengan lebih efektif dan efisien malah mengakibatkan kota sebagai suatu tempat yang mewah. Dimana di dalamnya terdapat masyarakat yang konsumtif dengan berbagai kendaraan bermotor yang semakin lama semakin memadati perkotaan jika tidak di batasi. Apalagi di masa ini orang tidak harus membeli kendaraan bermotor dengan cara tunai. Tetapi bisa dengan cara dicicil, sehingga lama kelamaan kendaraan semakin padat dan Kota besar semakin macet.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini