Selasa, 09 Oktober 2012

TOR_resa purnama_tugas ke 5

                Nama    : Resa Purnama
                NIM       : 1110054000039
                Jurusan : Pengembangan Masyarakat Islam
                                                                                TOR (Term Of Refrence)
I.                    Latar Belakang  
Kata Demografi berasal dari bahasa Yunani yang berarti 'Demos' adalah rakyat atau penduduk dan 'Grafein' adalah menulis. Jadi Demografi adalah tulisan atau karangan mengenai penduduk. Istilah ini pertama kali dipakai untuk pertama kalinya oleh Achille Guilard dalam karangannya yang berjudul 'Elements de Statistique Humaine on Demographic Compares' pada tahun 1885.
      Demografi mempelajari struktur dan proses penduduk di suatu wilayah. Stuktur penduduk meliputi jumlah, persebaran dan komposisi penduduk. Stuktur ini berubah-ubah yang disebabkan oleh proses demografi yaitu kelahiran, kematian dan migarsi. Ketiga faktor ini disebut dengan komponen pertumbuhan penduduk. Selain ketiga faktor tersebut struktur penduduk ditentukan juga oleh faktor yang lain misal perkawinan, perceraian. Perubahan stuktur yaitu perubahan dalam jumlah maupun komposisi akan memberikan pengaruh sosial, ekonomi dan politis terhadap penduduk yang tinggal disuatu wilayah. Namun, dalam ukuran dasar demografi pada hal ini saya hanya akan melakukan pendataan penduduk yang migrasi di Desa Garut.

 
II.                  Tujuan
Tujuan dari pendataan penduduk migrasi ini adalah untuk mengetahui berapa banyak warga penduduk desa setempat yang datang ketempat tersebut, dan apa alasan mereka pindah ketempat tersebut, dan semua itu akan berpengaruh  pada berapa jumlah penduduk yang ada pada tempat tersebut.  Bagaimana, perekonomiannya, dan lading apa saja yang mereka kerjakan untuk mendapatkan penghasilan.
III.                Hari/tanggal dan waktu
Jum'at /16 November 2012
Transportasi
Jakarta – Garut  pulang pergi  Rp. 85.000
IV.                Metode
Cara pelaksanaan yang akan dilakukan dilapangan adalah
1.       Melaukukan survey terlebih dahulu, melihat kondisi lapangannya
2.       Melakukan pendekatan terhadap warga setempat
3.       Mempersiapkan pertanyaan-peretanyaan apa saja yang akan dipertanyakan dilapangan
V.                  Keterangan
Didalam melakukan pendataan penduduk yang migrasi ini saya harapkan dapat mendapatkan data penduduk yang benar . dan alasan mengapa pindah, agar tahu apakah ada ketimpangan dalam pemerintahan kecil setempat. Dan juga dapat membantu mengubah masyarakat bagaimana yang seharusnya dan bisa memeberdayakn apa saja yang belum dapat diberdayakan dengan baik.
Demikianlah, TOR yang dapat saya buat semoga dapat membantu kelancaran pendataan penduduk migrasi yang akan saya buat.
                                                                                                                       
     Terimakasih
Wassalam  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini