Selasa, 09 Oktober 2012

TINDAKAN SOSIAL DAN RASIONALITAS MAX WEBER (muhammad aidillah putra KPI 1 E )

                                       Nama                             : Muhammad Aidillah Putra
                           Kelas                               : KPI 1 E
                           NIM                                 : 1112051000137
MAX WEBER
    Tindakan sosial
         Menurut weber sosiologi mula-mula adlah ilmu pengetahuan tentang tindakan sosial. Ia menolak determinisme seperti yang di khotbahkan oleh marx dan durkheim yang mengurung manusoa dalam sebuah jaring paksaan sosial yang tidak di sadari. Webar menganggap bahwa paksaan dan determinisme itu bersifat relatif. Yang ada bukanlah hukum yang absolut melainkan tendensi-tendensi yang selalu memungkinkan terjadi sebuah kebetulan dan pada keputusan individual. Ia yakin bahwa masyarakat adalah produk dari tindakan individu-individu yang berbuat dalam kerangka fungsi nilai,motif dan kalkulasi rasional. Jadi menjelaskan tentang sosial berarti harus menyadari cara manusia mengorientasikan tindakannya.langkah ini disebut dengan sosiologi ''komprohensif''. Yang kita maksudkan dengan sosiologi,ucap weber,adalah ilmu pengetahuan yang berusaha memahami dengan cara melakukan interpretasi atas aktivitas sosioal.
   Rasional
      Menurut sang penulis Economie et societe ini ''rasionalisasi kehidupan sosial'' menjadi ciri paling signifikan masyarakat modern. Apa yang di maksud ''rasionalisasi'' dalam hal ini? Weber menjelaskan tiga tipe besar aktivitas manusia yaitu :
       -tindakan tradisonal yang terkait dengan adat-istiadat. Aktivitas sehari-hari seperti makan dengan menggunakan garpu atau cara memberi salam kepada teman merupakan tindakan tradisional;
      -tindakan afektif yang di gerakkan oleh nafsu. Para rentenir dan penjudi bertindak pada level ini;
       -tindakan rasional yang merupakan alat (instrumen),ditujukan ke arah nilai atau tujuan yang bermanfaat dan berimplikasi pada kesesuaian antara tujuan dengan cara.strategi (militer atau ekonomi)termasuk dalam kategori ini.
        Menurut Weber tindakan rasional menjadi ciri masyarakat modern: yaitu mewujudkan dirinya sebagai pengusaha kapitalis,ilmuan,konsumen atau pegawai yang bekerja /bertindak sesuai dengan logika tersebut.
         Sebenarnya kita bisa saja menunjukan bahwa ketiga tindakan jenis itu saling berkelindan menjadi satu aktivitas serupa seperti halnya aktivitas konsumen.biasanya konsumen memilih produk yang disesuaikan dengan penghasilannya (tindakan sosial). Namun ia bisa saja didorong memilih karena kebiasaan konsumsinya (tindakan rasional).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini