Senin, 01 Oktober 2012

Tugas ke 4 Teori Kritik Nama:Apik sopan Katanya(1112051000162)

TEORI KRITIS( CRITICAL THEORY )
            Teori kritis adalah sebuah produk sekelompok neo-Marxis Jerman yang tidak puas dengan keadaan teori Marxian. Teori kritis resmi didirikan di Frankfurt  Jerman 23 Februari 1923. Ada berbagai teori kritis, yaitu :
1.      Kritik Terhadap Marxian
Teori kritis mengkritik Marxian penganut determinisme ekonomi yang mekanis. Seharusnya tidak saja memusatkan perhatian pada bidang ekonomi tapi juga kepada aspek kehidupan sosial yang lain, misalnya dalam bidang cultural. Selain itu teori kritis juga mengkritik masyarakat bekas Uni Soviet yang pura-pura dibangun berdasarkan teori Marxian.
2.      Kritik Terhadap Positivisme
Aliran positivisme beranggapan bahwa ilmu fisika sebagai standar kepastian dan ketetapan untuk semua ilmu dan metode ilmiah dapat diterapkan pada seluruh bidang studi. Penganut positivisme percaya bahwa pengetahuan bersifat netral. Mereka merasa bahwa mereka dapat mencegah masuknya nilai-nilai kemanusiaan dalam pemikiran mereka. Teori kritis mengkritik bahwa positivism menyebabkan actor dan ilmuwan menjadi pasif, dan positivism berwatak konservatif.
3.      Kritik Terhadap Sosiologi
Sosiologi diserang karena keilmiahannya. Aliran kritis berpandangan  bahwa sosiologi telah melepaskan kewajibannya untuk membantu masyarakat yang ditindas masyarakat lain, padahal seharusnya sosiologi menciptakan sebuah perubahan sosial.
4.      Kritik terhadap Masyarakat Modern
Aliran kritis mengkritik masyarakat modern dominasi dalam masyarakat modern telah bergeser dari bidang ekonomi kebidang cultural. Mereka menganggap cultural ditindas oleh individu dalam masyarakat. Meskipun masyarakat modern terlihat rasional tapi menurut teori kritis masyarakat modern penuh dengan ketidakrasionalan. Hal ini didasarkan pada dunia rasional telah merusak individu, kebutuhan dan kemampuan masyarakat modern. Misalnya perdamaian dipertahankan melalui peperangan terus menerus atau meski sarana-sarana yang sudah cukup, rakyat tetap miskin, tertindas, tereksploitasi dan tidak mampu memenuhi hidup mereka sendiri. Hal lain yang dikritik adalah tekhnologi. Teori kritis melihat tekhnologi diciptakan untuk menindas individualitas.
      1.           5 Kritik terhadap Kultural/ Kebudayaan
Aliran kritis juga tertarik pada apa yang disebut " industry pengetahuan", yang berhubungan dengan produksi pengetahuan misalnya universitas atau lembaga. Universitas atau lembaga dinilai hanya tertarik untuk menyebarkan pengaruh kepada masyarakat luas. Hal lain yang dikritik adalah mengenai televisi. Televise dianggap yang mengontrol suatu kebudaayann, karena mempengaruhi masyarakat luas atau bisa juga menyebarluaskan kepalsuan secara missal melaui media dan digunakan sebagai alat untuk memanupulasi individu untuk mengikutu apa saja yang ada dalam masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini