Rabu, 28 November 2012

Kelompok sosial dan kehidupan masyarakat_yasir arafat_jurnalistik 1b_laporan ke3

Kelompok sosial dan Masyarakat (Majlis ta'lim al-khoiriyah)
Peneliti : Yasir arafat (1112051100049) jurnalistik 1 B
 
       I.            Latar Belakang
Penelitian yang saya kerjakan ini menyangkut tentang berdirinya majlis ta'lim al-khoiriyah dan kegiata-kegiatan apa saja yang ada di dalam nya   , yang menjadikan saya ingin meneliti majlis ta'lim sebagai bahan penelitian, karena tema ini sangat berpengaruh dalam lingkungan masyarakat terutama lingkungan masyarakat saya sendiri. Majlis ta'lim yang ada di lingkungan lingkungan masyarakat merupakan majlis ta;lim yang sudah lama berdiri bahkan pendirinyapun sudah meninggal dunia yaitu Bpk Kh.Muntah bin Kh. Ghozali beliau adalah orang yang pertama kali merencanakan pembangunan majlis ta'lim ini pada saat itu dalam pemikiran beliau dia ingin membangun sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak / masyarakat sekitar terutama sekitar ruham beliau.
Secara Umumnya, tema ini dipilih untuk bahan penelitian, karena menurut saya penelitian ini sangat menarik apalagi di zaman sekarang modern seperti sekarang ini sudah tidak banyak lagi majlis ta'lim untuk kaum bapak-bapak dan kaum ibu-ibu banyak yang sekarang mengabaikannya pada ini adalah wadah untuk kita dan para tetangga sekitar yntuk mempererat tali silaturahmi terutara bagi umat mislim yang sangat dianjurkan oleh allah swt. 
Dan dari  tema ini bisa memberitahu kita terutama diri saya sendiri sebagai seseorang yang tinggal lingkungan masyarakat yang kental akan ajaran islam yang baik dan benar bahwa menjalin silaturahmi antar kaum muslimin itu sangatlah penting karna sangat dianjurakn dalam ajran islam yang sebenarnya disini kita juga dapat banyak pelajaran-pelajaran agama dari para Ustadz / guru yang sudah berpengalaman dan mengerti akan ajaran islam.
 
 
 
 
 
    II.            Pertanyaan Pokok Penelitian
1.      Mengapa majlis ta'lim ini dinamakan al-khoiriyah dan kapan didirikannya  ?
Alasannya, yaitu karena pendiri majlis ta'lim ini yaitu Kh. Muntaha bin Kh. Ghozali ingin semua masyarakat sekitar kampung beliau menjadi orang yang faham akan agama islam yang benar dan selalu menuju ke jalan kebaikan sesuai namanya al-khoiriyah yang kalau di artikan agarmenuju dalam kebaikan allah. Menurut sumber yang saya teliti majlis ta'lim ini sudah berdiri pada tahun 1960 an.
 
2. Apa dampak bagi masyarakat sekitar setelah berdirinya majlis ta'lim ini ?
            Jawabnya beliau adalah allhamdullilah dampaknya sudah banyak dirasakan masyarakat sekitar yaitu masyarakat dapat mengerti dan dapat mengamalkan ajaran-ajaran islam yang sebenarnya dalam kehidupan sehari-hari sesuai dengan perintah allah dan ajaran nabi muhammad s.a.w .
 
 
 III.            Metode Penelitian
Metode yang digunakanya itu adalah metode kualitatif,  yang menggunakan instrument indep yaitu wawancara langsung dengan narasumber. Alasannya, bahwa penelitian dengan metode ini hanya memerlukan waktu yang singkat, efektif dan dengan metode ini dapat menghasilkan pernyataan/jawaban yang lebih akurat dan dapat menimbulkan kepercayaan antara narasumber dan peneliti.
 
Lokasi Penelitian         : MAJLIS TA'LIM ALKHOIRIYAH
                                          Kaliabang bungur, kel. Pejuang kac. Medan satria kota bekasi
Waktu                         : Senin, 26 November  2012 ( pukul 15.30 s/d  18.30 WIB).
 
 
 
 
 
 
IV.            Gambaran Subjek/  Objek Penelitian
Gamabaran subjeknya yaitu seperti Bpk. Ust. H. achmad fauzi .Hs beliau adalah anak pertama dari pendiri majlis ta'lim ini beliau adalah seorang Ustadz dan kepala sekolah madrasah ibtidaiyah beliau merupakan pemuka agama di kampung tersebut beliau adalah penerus dari ayah nya yang seorang guru besar   
Subjek lainnnya seperti adalah kegiatan-kegiatan yang ada dalam majlis tersebut seperti pengajian malam senin yang dilakukan oleh para bapak-bapak dan senin siangnya itu di isi oleh pengajian ibu-ibu.
 
   V.            Analisis
Pendidikan yang baik adalah pendidikan yang menyertakan nilai-nilai etika dan spiritual, bukan hanya mengedepankan kemajuan pemikiran tanpa nilai budi pekerti. Peran seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan guna membangun pendidikan yang menyeluruh, jika hanya pemerintah saja yang berperan maka cita-cita pencapaian tujuan pendidikan akan sulit dicapai.
Di suatu lingkungan masyarakat yang penuh dengan pemikirannya masing – masing tempat itu adalah perumahan yang damai namun sepi akan silaturahmi akan sesama membuat seorang yang terpandang di lingkungan tersebut mulai mencetuskan ide untuk membuat sebuah taman pendidikan agama yang sebenarnya  untuk membantuk para masyarakat di lingkungan sekitar untuk mengerti akan ajaran islam yang sebenarnya yaitu yang sesuai dengan perintah allah swt   
 
 
IV.     Daftar Pustaka
 
            Ustadz. H. Ahmad fauzi HS. ( ketua/Guru besar majlis ta'lim al-khoiriyah )
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini