Rabu, 28 November 2012

Kelompok Sosial Dan kehidupan Masyrakat_AnggaSatriaPerkasa_JNR1B_Laporan ke-3

 

Judul  Penilitian : Pusat Kesehatan Masyarakat (PUSKESMAS) Mandiri

Peneliti :

Angga Satria Perkasa

JURNALISTIK 1B

1112051100045

 

 

 

I.                   Latar  Belakang

 

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) adalah program kesehatan masyarakat yang di dirikan oleh pemerintah daerah untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Puskesmas merupakan pemerintah yang di peruntukkan untuk warga sekitar dimana puskesmas tersebut berdiri. Pusat Kesehatan Masyarakat biasanya di dirikian dibawah pengawasan langsung dari Kepala Desa. Tempat pelaksanaan pelayanan program. Konsep program kesehatan masyarakat ini berkaitan erat dengan keterpaduan dari masyarakat itu sendiri. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek dana dan lain sebagainya. Departemen Kesehatan (Depkes) sangat mendukung  akan di dirikannya program ini. Dukungan tersebut bias berupa materi maupun tenaga kerja yang di sediakan untuk di pekerjakan di Puskesmas. Puskesmas melayani semua umur baik dari balita hingga lansia (lanjut usia.

Pelayanan yang diberikan di puskesmas bersifat kompleks, dalam arti puskesmas hanya melayani masyarakat sekitar puskesmas itu berada. Hal ini dikarenakan penggunaan sistem kartu sehat masyarakat yang di berikab oleh petugas dari puskesmas yang bekerja sama dengan kepala Rukun Warga (RW) dan kepala Rukun Tetangga (RT). Penggunaan sistem kartu sehat ini bertujuan untuk memberikan kemudahan dan keuntungan bagi masyarakat karena di puskesmas tersebut masyarakat dapat memperolah pelayanan lengkap. Puskesmas dipandang sangat bermanfaat bagi masyarakat namun keberadaannya di masyarakat kurang berjalan dengan baik, oleh karena itu pemerintah mengadakan revitalisasi dengan mendirikan pusat pelayanan masyarakat lain seperti Posyandu. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam menunjang upaya mempertahankan dan meningkatkan status gizi serta kesehatan masyarakat.

 

 

 

II.                  PERTANYAAN POKOK PENELITIAN

PERTANYAAN POKOK :

1.      Siapakah yang mencetuskan untuk mendirikan program puskesmas ini?

2.      Apakah tujuan di dirikannya program ini?

 

 

III.              METODE PENELITIAN

 

Metode yang digunakan : Kualitatif. Yaitu metode sosiologi yang prosesnya mengambil data secara langsung, dimana peneliti sebagai instrument. Metode ini dilakukan dengan dasar mencari data-data yang kuat lalu dilakukan wawancara terhadap narasumber.

Wawancara ini dilakukan pada :

Lokasi : PUSKESMAS kedaung, sarua indah Ciputat Tangerang Selatan

Tanggal : 24 November 2012

Waktu : Pukul 17.00 WIB

 

 

IV.             GAMBARAN SUBYEK DAN OBYEK PENELITIAN

 

Bapak Mustafa, beliau adalah seorang ketua pleaksana program kesehatan, beliau sudah menjabat selama 2 tahun sebagai ketua pelaksana program kesehatan.

 

 

V.                ANALISIS

 

Pada awalnya yang mencetuskan untuk diadakan lalu di dirikannya program kesehatan masyarakat ini adalah bapak Susilo Widjaya yang menjabat sebagai kepala Pemerintah Daerah kedaung. Beliau melihat dari data statiskik masyarakat yang kurang akan pengetahuan dan pelayanan akan kesehatan. Adapun tujuan di dirikannya program kesehatan masyarakat ini adalah untuk melayani masyarakat di bidang kesehatan, baik itu dalam penyuluhan dan mengobati apabila ada masyarakat yang sakit. Dengan mendaftarkan diri ke puskesmas, masyarakat akan mendapatkan kartu sehat yang berfungsi disaat ada salah satu anggota keluarga sedang sakit. Dengan di adakannya program pemerintah ini masyarakat tidak perlu mengeluarkanbiaya yang besar karena biaya yang dikenakan oleh pihak puskesmas sangatlah minim dibandingkan denga biaya berobat ke dokter. Selain itu masyarakat akan mendapatkan pelayanan yang terbaik karena petugas puskesmas selalu menerapkan 3S yaitu senyum salam dan sapa kepada pasien yang akan berobat. Oleh karena nya masyarakat menjadi lebih nyaman untuk pergi ke puskesmas dibandingkan ke dokter.

 

 

 

 

 

 

NARA SUMBER :  Bapak Mustafa (Ketua Pelaksana Puskesmas Mandiri)

 

 

 

 

DAFTAR PUSTAKA

 www.google.co.id

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini