Rabu, 28 November 2012

Kelompok Sosial Dan kehidupan Masyrakat_AchmadFauzi_JNR1B_Laporan ke-3

Judul Penelitian : Persatuan Remaja Berkarya (PERSEMAYA) Larangan Utara
Peneliti :
Nama : Achmad Fauzi
Nim : 1112051100046
 
I.                   Latar Belakang :
Organisasi remaja merupakan wadah pembinaan generasi muda yang berada di Desa / Kelurahan dalam bidang Usaha Kesejahteraan Sosial. Sebagai wadah pembinaan tentu saja mempunyai beberapa program yang akan dilaksanakan yang melibatkan seluruh komponen dan potensi yang ada di Desa / Kelurahan yang bersangkutan.
Kerja keras semua pihak dalam memperkenalkan program Organisasi Remaja kepada seluruh lapisan masyarakat telah disambut dengan meningkatnya apresiasi masyarakat terhadap program Penerangan Jalan dan Sumber Daya Manusia khususnya organisasi remaja di lingkungan Kelurahan Larangan Utara, tangerang Selatan yang diberi nama Persatuan Remaja Berkarya (PERSEMAYA).
Secara keilmuan sudah teruji bahwa organisasi remaja memiliki peran penting dalam mempersiapkan generasi muda yang tangguh di masa depan. Selain itu berbagai penelitian juga telah membuktikan bahwa organisasi remaja mampu menghambat angka pengangguran di lingkungan masyarakat, serta membantu pemuda menyelesaikan usaha di jenjang yang lebih tinggi, sehingga secara tidak langsung memberi dampak terhadap peningkatan derajat kesejahteraan masyarakat. Menyadari bahwa organisasi remaja merupakan pondasi kokoh bagi pembentukan sumber daya manusia yang handal, kreatif, inovatif, serta kompetitif di masa yang akan datang, maka dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Tahun 2010– 2014 digariskan bahwa arah kebijakan organisasi remaja PERSEMAYA adalah meningkatkan perluasan usaha pemuda dalam rangka membina, menumbuhkan dan mengembangkan seluruh potensi pemuda secara optimal agar memiliki kesiapan untuk memasuki jenjang yang lebih maju
 
Sumber daya manusia untuk menghadapi tantangan kedepan harus ditentukan sejak dini melalui berbagai aspek, terutama Pendidikan Keterampilan yang merupakan modal utama untuk menciptakan generasi unggul yang berkualitas dan bermartabat dalam kehidupannya.
Disadari pula bahwa penanganan Persemaya yang di dukung oleh para pemuda yang terampil merupakan satu kesatuan yang saling mendukung dan melengkapi, maka layanan Persemaya tersebut harus dikembangkan, didukung dan difasilitasi secara seimbang.
Pemuda yang terampil adalah merupakan suatu modal untuk masa depan yang tentunya harus kita cetak secara positif, dimana masa pertumbuhannya sangat kritis dan vital. Segala aspek perkembangan kecerdasan, baik yang abstrak maupun yang konkrit, sikap dan perilaku seperti kemampuan berbahasa, kemampuan logika, daya ingat, emosional serta kemandirian dan moral untuk bisa berkembang pesat apabila mereka mendapatkan stimulasi dari lingkungan dan pelajaran yang maksimal. Dengan demikian, melihat aspek – aspek di atas tentunya harus dimulai dari sejak usia dini
II.                 PERTANYAAN PENELITIAN
I.                    PERTANYAAN POKOK
1.      Bagaimana Persemaya berdiri?
2.      Apa tujuan berdirinya Persemaya?
 
II.                  METODE PENELITIAN
                                    Metode yang digunakan : Kualitatif. Yaitu metode sosiologi yang prosesnya mengambil data secara langsung, dimana peneliti sebagai instrument. Metode ini dilakukan dengan dasar mencari data-data yang kuat lalu dilakukan wawancara terhadap narasumber.
Wawancara ini dilakukan pada :
Lokasi : kelurahan Larangan Utara, kecamatan Larangan Tangerang Selatan
Waktu : 26 November 2012, 17.00 WIB
                        IV         GAMBARAN SUBJEK DAN OBJEK PENELITIAN
Adi Kuncoro, beliau adalaha sebagai ketua Persemaya, beliau sudah menjabat selama 3 tahun. Persemaya itu sendiri berdiri sejak 2001, sekarang beliau di percaya sebagai pemimpin yang tegas dan berhasil mengajak generasi muda tetap menjaga solidaritas dan mengajak pemuda-pemuda larangan utara untuk melakukan hal-hal yang positif dan bersifat membangun.
                        V          ANALISIS
- Persemaya berdiri karena remaja-remaja ingin bergerak melalui organisasi yang bersifat positif dan membangun.
-tujuan Persemaya adalah mempersiapkan generasi muda yang tangguh dimasa depan, baik dalam hal organisasi masyarakat maupun organisasi di dalam jenjang pendidikan.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
DAFTAR PUSTAKA :
www.google.com
www.wikipedia.com                                                      
Narasumber : sdr. Adi Kuncoro (pemimpin Persemaya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini