Rabu, 28 November 2012

Ahmad Faathir-Jurnalistik 1B-Tugas Lapangan ke3-kelompok sosial

PERANAN KOMUNITAS DESAIN GRAFIS TERHADAP MASYARAKAT
Ahmad Faathir (1112051100032)
Jurnalistik 1 B
 

I.                   Latar  Belakang
 
Proses komunikasi yang terjadi di masyarakat sudah berkembang menjadi semakin kompleks. Tidak hanya melibatkan komunikasi personal saja. Namun juga melibatkan media untuk menyampaikan komunikasi ke khalayak banyak. Karena khalayak dalam satu masyarakat beragam, maka komunikasi pun mengambil bentuk yang beragam pula. Bentuk komunikasi disesuaikan dengan khalayak yang akan dituju. Di sinilah desain grafis mengambil peran. Ia mengemas komunikasi menjadi menarik, mudah dipahami dan agar tujuan komunikasi dapat tercapai.
Perkembangan desain grafis ikut didorong oleh perkembangan media massa dan teknologi. Ia berkembang seiring dengan perkembangan media massa dan teknologi. Karena itu, dapat dikatakan desain grafis telah menjadi bidang yang cukup menjanjikan.
Kesadaran akan pentingnya penerapan desain grafis menjadi wajib untuk dimiliki seluruh masyarakat industri sampai ke lapisan pengusaha industri kecil dan menengah. Kesadaran, pemahaman, dan wawasan desain grafis yang luas mengenai lanskap dan arah perkembangan industri tersebut di negeri sendiri, tentunya akan menumbuhkan ekosistem industri desain yang positif dan berkesinambungan. Dengan harapan, produk desain kalangan masyarakat dapat berjaya di tatanan lokal bahkan menembus pasar internasional.
 
 
 
 
 
II.                Pertanyaan Pokok
 
1.                              Bagaimana  perkembangan desain grafis di dalam kalangan masyarakat ?
Dunia desain grafis sangatlah berkembang secara pesat seiring berkembangnya dunia teknologi dan kreativitas para masyarakat. Dari berbagai elemen kalangan masyarakat pun dapat berkecimpung dalam dunia desain tersebut, media nya pun berbagai. Perkembangannya terlihat dari seringnya muncul acara-acara yang membicarakan desain grafis di kalangan masyarakat dan biasanya diadakan secara gratis agar dunia desain dapat di perkenalkan dan di ketahui oleh masyarakat. Teknik-teknik baru dalam mendesain pun bermunculan seiringnya berkembangnya waktu, WPAP Pop Art adalah salah satu teknik desain yang sekarang sedang tenar yang mengambil hati masyarakat, teknik desain asli Indonesia ini mempunyai ciri penuh warna dalam membuat potret wajah dengan bentuk-bentuk geometris. WPAP Pop art hanyalah salahsatu wadah menyalurkan kreatifitas dalam teknik desain yang berkembang saat ini yang di gemari para masyarakat. Dan kita pun membahas tentang itu di komunitas ini.
 
2.              Bagaimana antusias masyarakat  komunitas terhadap desain grafis ini?
Antusias masyarakat terhadap komunitas desain grafis cukup baik, namun dalam meningkatkan komunitas ini para masyarakat masih kurang kemauan. Kendala yang di dapat adalah media promosikan dalam mempromosikan komunitas ini. Padahal dalam komunitas ini sering di adakannya kegiatan "Pandora boom" setiap bulan, kegiatan tersebut adalah dengan menyebarkan pamphlet dan stiker ke masyarakat serta berfoto dengan pamlet kami untuk sekedar mengenalkan komunitas ini. Namun jika dilihat di berbagai media sosial, karya-karya masyarakat sering di perlihatkan untuk mempromosikannya.
 
 
 
III.             Metode Penelitian
 
Metode yang saya gunakan dalam penelitian kali ini adalah metode kualitatif, agar mendapatkan informasi melalui wawancara yang lebih mendalam kepada narasumber dan mendapatkan hasil yang lebih intensif.
Waktu        : Minggu , 25 November 2012, pukul 10.00-12.00
Tempat      : Perumahan Taman Kedaung Ciputat, Jalan Mawar Blok. D7 No.7
                  Ciputat, Tangerang Selatan.
 
 
IV.             Gambaran Subjek / Objek Penelitian
 
Achmad furqon, Seorang lelaki muda berumur 20 tahun yang berprofesikan sebagai mahasiswa di Universitas Islam Negeri Jakarta (UIN) di ciputat, Jakarta selatan, yang sedang menempuh jejang pendidikannya sarjana strata 1 di fakultas ilmu dakwah dan komunikasi. Lahir pada tanggal 12 April 1992. Seorang yang hobi desain terutama dalam media kaos dan sedang meggeluti sebagai anggota di komunitas ini.
Pandorasquad adalah komunitas desain grafis yang berdiri sejak tahun 2010, yang di prakarsai oleh beberapa anak muda yang bertemu di jejaring sosial. Dalam komunitas ini biasanya membicarakan tentang desain, ilustrasi, trend desain, dan fotografi. Komunitas ini sering mengikuti berbagai macam event-event, yaitu Urban fest tahun 2011, Nirmana award, Phsyco fair, UIN Fashion fair, dll. Biasa berkumpul di café cangkir setiap hari kamis pukul 4 sore dengan kostum kuning-hitamnya.
 
 
 
 
 
 
 
 
V.                Analisis
 
Peranan desain grafis di kalangan masyarakat sangatlah penting, karena dengan media ini para masyarakat bias menunjukan dirinya dengan karya masing-masing. Kesadaran akan pentingnya penerapan desain grafis sudah cukup dimiliki seluruh masyarakat industri sampai ke lapisan pengusaha industri kecil dan menengah. Kesadaran, pemahaman, dan wawasan desain grafis yang luas mengenai lanskap dan arah perkembangan industri tersebut di negeri sendiri, tentunya akan menumbuhkan ekosistem industri desain yang positif dan berkesinambungan. Perkembangan desain grafis ikut didorong oleh perkembangan media massa dan teknologi. Ia berkembang seiring dengan perkembangan media massa dan teknologi. Karena itu, dapat dikatakan desain grafis telah menjadi bidang yang cukup menjanjikan.
 
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini